Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kegunaan Kunci Roda, Perkakas Wajib Pada Mobil

Idokeren.com – hai sobat idokeren, saya ucapkan selamat datang di blog idokeren. Yang mana pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja kegunaan dari kunci roda, dan juga kenapa ini menjadi perkakas wajib di mobil.

Kegunaan Kunci Roda, Perkakas Wajib Pada Mobil

Hand tool yang merupakan bagian dari kunci atau wrench sangat banyak atau beragam sekali jenisnya. Biasanya hand tool yang memiliki penggunaan umum dapat berupa kunci pas dan kunci ring. Namun ada juga hand tool yang memiliki penggunaan khusus dan spesifik. Biasanya salah satu jenis dari kelompok ini adalah kunci roda.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja sih fungsi dari kunci roda ini, simak penjelasan berikut ini.

Fungsi spesifik kunci roda

Baiklah seperti yang telah di sebutkan di atas, kita akan memabahs apa saja fungsi dari kunci roda. Seperti yang telah di sebutkan di atas sebelumnya bahwa kunci roda memiliki penggunaan yang spesifik. Dari nama nya saja sudah dapat sobat semua tebak bahwa kunci roda biasanya hanya di gunakan pada roda kendaraan, seperti halnya mobil.

Pada umumnya, kegunaan dari kunci roda ini adalah untuk mengendurkan ataupun mengencangkan mur pada roda mobil. seperti yang sobat ketahui semua bahwa mur pada roda mobil berbentuk heksagonal. Yang mana ujung – ujung kunci roda telah didesain berbentuk hekasagonal juga.

Namun perlu sobat ketahui bahwa kunci roda tidak dapat digunakan untuk mengencangkan baut. Hal ini karena pada umumnya baut pada roda mobil tertanam permanen pada roda, sehingga bagian yang digerakan adalah bagian mur saja.

Fungsi kunci roda menurut jenisnya

Kunci roda sendiri memiliki banyak bentuk yang berbeda dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa dari jenis kunci roda yang umum digunakan.

1. Kunci roda model L

Salah satu jenis kunci roda adalah model L. Dari namanya saja, jelas bahwa kunci ini memiliki bentuk “L”. Jika dilihat secara sekilas, terlihat bahwa kunci model L ini memiliki kemiripan dengan kunci roda socket. Akan tetapi, kunci model L mempunyai handle yang menyatu dengan mata kunci, sedangkan kunci socket sendiri bagian antara handle dan mata kunci dapat di bongkar pasang.

2. Kunci roda model X

Jenis kunci berikutnya adalah kunci roda model X. Biasanya, jenis kunci roda model X ini merupaan tool kit darurat yang diberikan oleh pabrikan mobil. karena kunci ini berbentuk X, kunci model ini memiliki 4 mata kunci pada masing – masing ujungnya. Bentuk dari kunci inipun simetris, sehingga sudutnya seimbang pada saat digunakan. Dengan melakukan ini posisi dan resiko mur meleset akan dapat diminimalisir.

3. Kunci roda model Y

Selain berbentu X, kunci roda juga memiliki kunci yang berbentuk Y. Setiap lengan dari kunci ini memeiliki ukuran yang tidak sama satu sama lain. Dengan 3 mata kunci yang memiliki ukuran yang berbeda – beda, kunci ini dapat mengencangkan mur roda mobil yang memiliki ukuran yang berbeda – beda juga.

4. Kunci roda socket

Kunci yang terakhir adalah kunci roda socket. Kunci roda yang satu ini memiliki mata kunci yang lebih tebal. Bagian handle pun didesain dengan lebih kuat dan besar. Ukuran rata – rata dari kunci roda socket adalah ¾ inci s/d 1 inci. Kunci inipun dapat di kombinasikan dengan T sliding bar.

Baiklah semua, cukup sampai diisini pembahasan kita kali ini. sampai jumpa pada hal – hal menarik lainya seputar dunia otomotif. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini