Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal lebih jauh Fungsi Kunci Socket

Idokeren.com – hai sobat semuanya, semoga dalam keadaan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kunci socket. Kunci  yang satu ini dikenal juga secara umum dengan nama kunci shock merupakan salah satu perkakas wajib untuk mobil.

Saya yakin sobat semua pasti tau bahwa mobil merupakan hasil dari penyatuan dari berbagai macam komponen. Untuk menggabungkan komponen menjadi utuh hingga jadi mobil, di butuhkan penghubung seperti mur dan bau. Nah, dengan menggunakan kunci socket kita dapat mengencangkan ataupun melonggarkan baut dan mur.

Mengenal lebih jauh Fungsi Kunci Socket

 

Selain dari pada itu, ada kalanya mobil membutuhkan perbaikan atau ada kerusakan pada salah satu komponen seperti ban. Oleh karena itu, mari simak penjelasan berikut tentang kunci socket.

Fungsi Kunci Socket

Pada dasarnya, kunci socket ini digunakan untuk melepaskan baut ataupun mur pada mesin mobil, tidak lupa juga ban mobil serta shock breaker. Biasanya baut atau mur yang memiliki enam sudut (heksagonal) dapat dioperasikan (melonggarkan / mengencangkan) menggunakan kunci socket. Namun dari pada itu, ada fungsi spesifik dari kunci roda ini saat digunakan pada mesin mobil.

1. Mengencangkan  Baut Atau Mur

Jika sobat memperhatikan mata kunci socket, bentuknya memang di desain khusus untuk mencengkram baut atau mur segi enam (heksagonal). Oleh sebab itu, kunci ini mencengkram baut atau mur lebih baik di banding dengan kunci lainnya yang sejenis.

Selain itu, tujuan dari desain khusus ujung kunci socket adalah untuk meminimalisir resiko kunci tergelincir. Jika tiba – tiba kunci tergelincir, maka hal ini dapat menyebabkan bagian kepala baut rusak. Hal inni tentu saja akan mengakibatkan baut lebih susah dilonggarkan maupun di kencangkan dikemudian hari.

2. Dapat Dikombinasikan Dengan Alat Lain

Fungsi lainnya dari pada kunci socket ini adalah dapat dikombinasikan dengan alatt lain. Yang mana dengan melakukan hal itu hasilnya akan lebih maksimal dan efektif. Alat yang biasanya dikombinasikan dengan kuncis socket ini adalah dengan extension bar, sliding bar, kunci T. Kombinasi dari kedua alat ini akan mempermudah pengguna dalam melonggarkan maupun mengencangkan baut atau mur.

3. Mempermudah Menjangkau Baut Yang Sulit Dicapai

Fungsi selanjutnya dari kunci socket ini adalah kemampuan untuk mempermudah pengguna dalam menjangkau baut atau mur yang susah untuk dicapai. Dengan ciri dari kunci socket yang ramping, panjang, dan kokoh tentu saja dapat melakukan hal tersebut.


Cara menggunakan kunci socket

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk menggunakan kunci socket dengan lebih efeketif adalah dengan kombinasi alat lain seperti extension bar maupun kunci rachet. Alat lainnya yang umum digunakan adalah kunci momen. Hal ini karena biasanya alat tersebut mempunyai dudukan khusus yang bisa digunakan untuk mencengkram kunci momen. Jika alatnya sudah lengkap, berikut langkah – langkah menggunakan kunci socket.

1. memasang kunci socket dengan alat tambahan tersebut

2. supaya lebih erat, putarlah sesuai arah jarum jam

3. jangan lupa untuk selalu menggunakan kunci socket dengan ukuran yang tepat

4. setelah itu, posisikan kunci socket lurus pada kepala baut dan mur. Pastikan kepala baut telah tertutup oleh kunci socket.

Dan juga, sobat perlu tahu bahwa momentum yang cukup besar dibutuhkan pada saat mengencangkan baut atau mur. sobat dapat menggunakan kunci shock berukuran 6pt normal. Kunci socket dengan ukuran seperti ini juga efektif bila digunakan dengan air impact wrench.

Baiklah sobat, cukup sampai disini pembahasan kita mengenai kunci socket. Sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini