Info Terbaru

Cara Mengganti Bearing Depan Sepeda Motor Supra X125


Mengganti bearing depan  tidak terlalu sulit, disini kita hanya perlu beberapa kunci untuk mencopot roda depan seperti kunci ring 14 dan 17, Palu, alat pendorong bearing tidak perlu yang khusus hanya perlu rada panjang dan diameter-nya bisa masuk ke dalam diameter dalam bearing.
palu dan kunci

ok pertama kawan lepas Roda depan dengan mencopot baut 14 dan 17 tahan atau ganjal motor dengan sesuatu agar tidak jatuh setelah roda depan di ambil dengan kayu atau bangku taruh di bawah mesin agar menjadi tumpuan saat roda depan di ambil pastikan ganjalan penahan sepeda motor kokoh.

yang kedua setelah baut 14 dan 17 terlepas tarik as Roda Depan keluar disini kadang ada kendala ketika kampas depan menjepit kuat cakram sehingga roda depan tidak bisa di tarik keluar kita harus sedikit mencungkil kampas depan agar sedikit membuka baru kemudian roda depan bisa ditarik keluar.

setelah Roda depan terlepas maka kita baru bisa membuka bearing depan, dengan mengganjal roda depan pada salah satu sisi, agar salah satu sisi terangkat agar kita bisa mendorong keluar bearing dengan masukan alat pendorong bearing bisa berbentuk pipa yang muat dengan diameter dalam bearing depan dorong dengan menggunakan ketukan palu padaas pendorong bearing, usahakan as pendorong mengincar sudut tepian bearing.

agar bearing dapat mudah keluar setelah satu bearing terlepas maka dengan mudah bearing yang disisi lainya akan mudah di lepas. kesulitan pada tingkat ini adalah hanya ketika kedua bearing blm terlepas maka akan susah tetapi jika salah  satu bearing sudah terlepas maka kita akan dengan mudah melepasnya.

setelah kedua bearing terlepas maka pasang bearing baru di satu sisi, pastikan memasangya harus rata dan sejajar agar rumah bearing tidak cepat rusak.

ketuk bearing perlahan agar ketukan rata bisa menggunakan bearing lama yang telah rusak manfaatkan diameter luar bearing untuk di ketuk.

jika salah satu sisi bearing telah terpasang rapi di roda depan,  baru kita bisa memasang bearing yang satunya, oh ya jangan lupa ada as di tengah bearing sebagai poros as roda .

baru kemudian pasang bearing yang satunya sama dengan proses pemasangan bearing yang sebelumnya setelah terpasang bearing pada kedua sisi pasang seal dust/ atau karet penghalang debu pada rumah bearing / klaher.

pasang roda depan sesuai dengan urutan pembongkaran, agar mudah pastikan kampas rem depan sudah dalam posisi terbuka lebar agar mudah dalam pemasangan.

ok itu lah tips dan trik memasang bearing depan supra x 125 ( HONDA)  semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua amin.

nantikan artikel lainya di www.idokeren.blogspot.co.id



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel