Perawatan Berkala Sepeda Motor Honda Vario 110

Cara Service Motor Honda Vario 110

Perawatan Berkala Sepeda Motor HodaVario 110, halo biker kali ini artikel kita adalah bagai mana sich service motor honda vario 110. Dimana motor ini sempat melegenda menjadi juara para matik dalam hal penjualan loo yaa maksudnya.



Perawatan Berkala Sepeda motor sekarang ini lumayan muahaaal ya baik di bengkel resmi atau bengkel umum hanya beda tipis sebenarnya susah gak sich service motor matik vario 110. 

Jawabanya adalah gak sesulit yang kita bayangkan dan gak semudah yang akan kita lakukan heehehehe....


Beneer itu, untuk artikel kali ini bagi yang ingin mempraktekan harus mempunyai skiil dasar bisa pegang obeng, tau apa itu kunci T 10, fuller atau penyetel gap celah klep / valve dan alat service lainya.


Disini kita pilih vario 110 karena masih menggunakan carburator.
dan tidak memerlukan reset.

Pertama :

buka jok dan lihat ada skrup yang mengikat jok dan buka juga baut 10 yang berada di tempat peyimpanan barangpada 

motor vario 110 ada 4 baut 10 yang harus dilepas dengan menggunakan kunci T 10

Ke-dua  :

di depan jok ada cover yang menutupi ada 3 skrup kasar yang harus di lepas di bagian depan setelah semua skrup di lepas copot dengan menarik kedepan covernya. angkat jok yang sudah dilepas bautnya 10 nya maka akan terlihat carburator.

Ke-tiga :

lepas baut obengan yang mengikat carburator dengan intake manifold ( karet berbentuk seperti belalai gajah hex3) di  

belakang carburator ada juga skrup obeng + yang mengikat carburator dengan rumah filter udara .

biar mudah copot rumah filter udara dengan melepas baut sepuluh yang mengikatnya. Tarik kearah belakang rumah filter udara hingga bisa terlepas dari carburator.


copot kabel gas yang mengikat carburator dengan kunci pas 10, kemudian lepas semua selang  vakum membran yang ada selang bensin.


Ke-empat:

lepas cuk otomatis dengan melepas baut obeng yang mengikatnya dengan carburator disini

!!! harus hati-hati karena cuk ini setelah di 


lepas ada komponen yang suka lepas jadi saat melepas harus di perhatikan jarum cuk otomatis dan per suka coopot .


lebih baik berhati hati kan ya gak.


ke-enam :

setalah carburator sudah bebas terlepas dari semua pengikat kita bisa memulai pembersihan dengan melepas tempat mangkok 

carburator yang menampung bensin, setelah di lepas gunakanlah pembersih carburator cleaner murah ko harganya sekitar Rp.30.000 


dan bisa  di pergunakan berkali kali.


dibanding harus service ke bengkel tiap kali service membayar di atas Rp.60.000


semprotkan cairan kesemua bagian yang kalian lihat kotor semprot saja karena cairan ini dapat merontokan kotoran. Hati jangan sampai semprotan nya terkena mata keep safety ok.


setelah sudah bersih taruh dulu sampai kering, saat pembersihan bisa menggunakan kuas dan bensin agar kotoran benar benar copot.


Ke-tujuh :

kita tinggalkan dulu carburator atau jika ingin di pasang terlebih dahulu juga tidak apa apa. ingat ya pemasangan itu kebalikan dari pelepasan yang terakhir di lepas harus pertama yang di pasang.

kita beralih ke bagian mesin atau kita lakukan penyetelan klep untuk yang ini tidak bisa sembarangan harus orang yang sudah 


mempunyai basic montir. tapi sekedar tau informasi dengan membaca artikel ini tidak merugikan juga looh.


buka baut 10 yang berada di depan cylinder 2 buah baut, untuk melepaskan penutup rumah klep  setelah terbuka kita dapat melihat ada 2 buah klep in dan ex yang in ada di atas dan ex ada di bawah .


putar untuk mencari top pada mesin, setelah didapat top dengan melihat gir pada noken as ada palang sejajar dengan rumah cylinder 


berarti itu sudah top ada bisa memeriksa pad bagian kipas sebelah kanan ada tanda t yagn sejajar dengan tanda yang sudah di siapkan di mesin berbentuk coakan. 


untuk melihat tanda top ini rada sulit karean harus membuka raditor segala ribet dan sulit pokonya..


setelah di dapat top lakuka penyetelan celah klep dengan fuller dengan ukuran celah in sekitar 13 (- + 2) dan celah ex 23 (- + 2 ) maksudnya biasanya bisa kita genapkan in 15 dan ex 25.


setelah selesai kita tutup kembali sampai rapat perhatikan karet pada penutup klep jangan sampai tergencet soalnya nanti bisa bocor kalo tidak rapat .


dan lakukan pemasangan kebalikan dari pembongkaran jadi yagn paling terakhir di bongkar harus di pasang terlebih dahulu kalo 


perlu saat melakukan pembongkaran foto semua komponen agar tidak lupa .


ok sobat biker itulah artikel kali ini semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan nantikan artikel berikutnya hanya di www.idokeren.blog.spot.co.id 

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel