Info Terbaru

Ganti Oli melebihi 4500 KM Nmax Rontok Tidak karuan

Idokeren.Com - Sobat keren dimanapun anda berada menggganti oli merupakan hal yang sangat penting bagi kendaraan anda karena oli mempunyai efek yang sangat penting dan vital bagi kendaraan anda, jangan karena anda lupa mengganti Oli sepeda motor yang hanya 50 - 60 ribu tetapi karena anda lupa tidak mengganti oli sepeda motor anda bisa keluar uang sebesar Rp. 2 - 3  juta rupiah untuk perbaikan.

Berapa lamakah anda harus mengganti oli sepeda motor ?

Pabrikan sendiri telah menetapkan untuk oli sepeda motor yang di rekomendasikan atau oli standar bawaan pabrik dapat bertahan sampai 4000 - 5000 KM dengan catatan pemakaiayan yang dilakukan standar.

Dijagad maya beredar viral Sebuah Motor Nmax yang mengganti oli melebihi 4500 KM rontok tidak karuan. Loh ko bisa ya !!! . 

Ganti Oli melebihi 4500 KM Nmax Rontok Tidak karuan
Sumber Gambar : aripitstop.com


Jika kita lihat angka 4500 KM itu masih dibawah angka standar pabrikan. Sebelum kita pertanyakan Kualitas olinya maka kita juga harus mengevaluasi beberapa hal :

Bagaimanakah Gaya Berkendara Anda ?

Gaya berkendara seseoarang mempengaruhi keawetan komponen kendaraan anda. Itu sangat jelas dari pengalaman di bengkel selama 10 tahun seseorang yang sering datang kebengkel adalah seseorang yang selalu mengejar waktu dengan kecepatan tinggi alhasil dalam sebulan pasti selalu ada  part yang harus di ganti antara lain kampas rem, oli , dan service CVT dan lain lain. 

Sedangkan orang yang biasa biasa saja dapat datang kebengkel hanya 3 bulan sekali itupun kadang hanya sekedar ganti oli ya sobat keren. 

Bagaimanakah Situasi Lalu Lintas di Kota Anda  ?

Situasi  lalulintas di kota anda juga mempengaruhi kinerja motor dan komponen sparepart anda terutama oli, Jika trafik di kota nada sering macet anda pasti sering berkendara dengan Stop and Go sedikit sedikit berenti sedikit-sedikit jalan. 

Sobat keren yang harus di pahami disini jika pabrikan oli menetapkan standar oli dapat bertahan 4000 - 5000 KM maka itu adalah standar pemakaiayan dimana kita tahu untuk mengetahui sudah berapa KM kah sepeda motor kita berjalan dapat kita lihat di spedometer sepeda motor.

Dispedometer motor kita  hanya mencatat angka km saat kendaraan kita bergerak, tetapi saat anda memanaskan sepeda motor atau anda sedang kena macet  mesin anda terus bekerja tanpa henti ini tidak di catat di spedometer anda.

Hal inilah yang kadang di lupakan pengendara atau pun karena ketidaktahuan, hal ini yang sering membuat sepeda motor anda sering cepat turun mesin ya sobat karena oli yang seharunya hanya bertahan 4000 - 500- KM dipaksakan melebihi batasnya.

Bagaimanakah Kondisi Sepeda Motor anda ?

Kondisi sepeda motor yang baik juga berpengaruh terhadap keawetan kendaraan anda periksakan selalu jika anda merasa ada yang tidak beres dengan sepeda motor anda, kebocoran, rembes , atau terlalu panas dapat mengindikasikan bahwa motor anda dalam keadan kurang sehat, apalagi jika sampai ada oli yang menetes netes dari motor anda.

Oli yang menetes atau rembes sedikit kadang di biarkan karena dianggap sepele tetapi sobat keren harus tahu bahwa dampak dari itu dapat mengurangi volume oli di dalam mesin anda, Dimana jika oli berkurang berdampak pada pelumasan seluruh bagian dalam mesin kendaraan anda.

Oli berkurang juga dapat menimbulkan Overheating pada sepeda motor, Oli selain sebagai pelumas juga berfungsi mendinginkan mesin agar tidak terlalu panas jika sudah sering Overheating maka oli kan semakin cepat habis karena menguap dan volume olipun berkurang. 

Komponen jadi tidak terlumasi dengan benar dan ujung ujungya anda harus turun mesin.


Kualitas oli mempengaruhi keawetan komponen mesin 

Sobat keren memilih oli dengan benar ini sangat penting hal ini pernah di bahas idokeren.com bisa baca di link di bawah 


Sobat keren kita tahu oli menjadi komoditas yang sering di cari orang di banding sparepart lainya di motor oleh karena itu banyak oknum yang berniat buruk demi mendapatkan keuntungan tega membuat oli palsu. dimana oli palsu mempunyai kulitas yang sangat buruk.

Bahkan idokeren sendiri pernah mengalami dampak dari pengunaan oli palsu akibatnya dalam waktu sebulan sepeda motor mengalami yang namanya turun mesin di karenakan motor mengeluarka asap putih yang banyak dan sparepart yang diganti meliputi Piston, Ring Piston, Korter, Ganti rante keteng  dll.

Oli palsu sangat membahayakan  maka dari itu pastikan selalu bengkel kesayangan sobat keren menjual oli yang original  / asli dari pabrikan.

Nah sobat keren Karena oli menjadi bagian penting dari kendaraan anda jangan sampai anda melalaikan yang satu ini karena dampak yang di hasilkan sangat vital sekali baik untuk performance maupun komponen mesin.

Gantilah oli sesuai dengan jadwalnya atau idokeren kasih saran ganti oli lah pada 1500 - 2000 KM karena jika anda baca dengan telili tulisan diatas anda akan mengerti kenapa idokeren  menyarankan hal tersebut.

Ok sobat keren pecinta otomotif semoga informasi Ganti Oli melebihi 4500 KM Nmax Rontok Tidak karuan dapat bermanfaat bagi anda dan nantikan artikel lainya hanya di  Idokeren.Com terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel