Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik

idokeren.com -  Bagaimana cara memilih oli sepeda motor terbaik, oli mesin terbaik sangat mendukung kehandalan kerja mesin sepeda motor oleh karena itu  memilih oli sepeda motor yang berkualitas sangat penting Jangan sembarangan menggunakan oli untuk sepeda motor anda apa lagi jika sampai menggunakan oli yang palsu, Pastinya akan berdampak terhadap mesin kali ini kita akan membahas tentang kode oli dan  bagaimana memilih oli untuk sepeda motor yang tepat dan bagus supaya mesin motor awet dan tahan lama.

Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik
Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik 

Sobat keren  kali ini kita membahas bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk sepeda motor kita, memilih cairan pelumas sepeda motor, ini juga termasuk penting untuk kendaraan kesayangan kita dimana jika kita salah memilih maka akan berdampak buruk terhadap performa kuda pacu kita (motor).

Baca Juga : Efek Menggunakan Oli Yang Terlalu Encer Ini Akibatnya

Pelumas ini mempunyai yang namanya kekentalan inilah yang penting, kita ketahui memang kita dapat menggunakan segala macam jenis oli dan merek yang ada di pasaran. Tidak ada yang melarang anda menggunakan oli motor termahal asal anda mempunyai uang anda  bisa mengganti dengan cairan pelumas yang mahal dan berkualitas tinggi

Tetapi pertanyaanya ?

Sudah tepat kah cairan pelumas yang kita gunakan ...

Biasanya oli mesin motor disesuaikan dengan kondisi iklim suatu tempat dimana anda tinggal karena ini berkaitan dengan kekentalan pelumas itu sendiri walaupun kita hidup di negara beriklim tropis mungkin itu tidak terlalu dapat dirasakan

dampaknya, andai anda tinggal di negara yang mempunyai banyak iklim dengan suhu dingin yang sangat tinggi atau tiggal di negara Yang mempunyai udara panas yang dapat membuat anda berkeringat dan gerah setiap saat ini pun berpengaruh terhadap kinerja mesin sepeda motor kita.

Memilih oli mesin untuk motor yang sesuai dengan karakterisik mesin dan juga disesuaikan dengan iklim. Pada oli yang akan kita Beli biasanya selalu tercantum SAE 10W – 40 , SAE 15W – 50 dan masih banyak kode yang digunakan lalu apa arti arti kode tersebut

Yang cocok untuk kita pilih sesuai dengan jenis mesin dan tipe kendaraan kita.

Kita dapat perhatikan pada kemasan Oli ada tulisan kode huruf dan angka, kode – kode tersebut merupakan “lisensi” dan keterangan yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli tersebut.

Lisensi kualitas oli secara internasional bermacam macam , tapi  umumnya sering dipakai sebagai standar oli di dunia adalah API dan JASO. Lalu apakah API dan JASO .

Baca Juga : Ganti Oli melebihi 4500 KM Nmax Rontok Tidak karuan

Penjelasan Kode API ( American Petroleum Institute )

API  adalah Sebuah lembaga / perusahaan  yang memang  memiliki kewenangan  untuk  memeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara eropa dan amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli

Kode API Service umumnya  menggunakan kode S ( bensin ) dan C ( solar ). dan  ada kode di belakangya  merupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. 

Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL (bensin) dan  CA, CB, CF, CH, CH4 (solar).

Semakin besar abjad yang mengikutinya, semakin bagus kualitas oli tersebut dan telah memenuhi syarat oli sebelumnya. 

Penjelasan JASO (Japanese Automotive Standar Association)

Sedangkan standar negeri berlambang matahari adalah JASO  merupakan  lembaga  yang memeriksa  dan menguji kualitas oli di negara jepang, Itu karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda. 

Sepeda  motor buatan jepang identik  menggunakan kopling basah, Sementara  kendaraan  eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli 

Sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API,  Sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO.

Cara Memilih Oli Yang Tepat :

1. Mengetahui iklim tempat tinggal. mengetahui jenis kopling apakah sepeda motor kita basah atau kering.

2. Usia kendaraan bermotor ini termasuk penting semakin tua usia kendaraan kita semakin besar clearence / celah antar komponen didalam mesin sepeda motor jadi membutuhkan perlindungan Exstra.

Biasanya di botol oli terpampang kode

SAE 20W-50  oli mengikuti  kekentalannya sesuai temperature yaitu 20W (winter) pada suhu dingin, 
dan pada temperatur tinggi kekentalannya akan berubah menjadi 50. 

Oli dengan kode 20W di depanya menunjukan bahwa oli tidak akan membeku walaupun suhu udara temperatur drop hingga -20 oC, dan saat suhu naik mencapai 100o C oli jenis ini masih mampu mempertahankan kekentalannya.

Ok kawan jadi jika kita memilih sesuaikan oli dengan iklim tempat kita tinggal dan usia pakai kendaraan Bermotor Kita, kendaraan kita menuntut oli yang mampu melindungi tiap celah sempit yang ada di dalam mesin dengan majunya teknologi dibutuhkan juga Performance oli yang bagus dan handal untuk mesin kita. ok kawan semoga informasi tadi bermanfaat buat yang membutuhkan nantikan artikel lainya hanya di www.idokeren.com

Post a Comment for "Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik "