Cara Kerja Mesin 2-tak dan 4-tak Lengkap Dengan Penjelasanya

idokeren.com - Cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak masih ingat artikel saya sebelumnya saya pernah menulis akan membahas tentang cara kerja sepeda motor 4 tak dan 2 tak atau kita kenal dengan mesin 4 langkah dan 2 langkah secara umum sangat mudah untuk membedakan jenis sepeda motor kita 4 tak atau 2 tak, cara yang paling mudah adalah dengan melihat dari pembuangan gas kendaraan atau kenalpot sepeda motor.


 jika motor 2 langkah akan mengeluarkan asap putih terus menerus bukan berarti rusak looh, berbeda dengan mesin 4 tak tidak akan mengeluarkan asap putih jika mesin 4 tak mengeluarkan asap putih itu berarti ada kerusakan di dalam mesin mari kita lihat ulasan saya tentang cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak.

kita  akan membahas satu persatu ya di mulai dari mesin 2 tak terlebih dahulu dan  penjelasan cara kerja mesin 2 tak secara rinci :


Cara Kerja Mesin 2 Tak


mesin 2 tak mempunyai sistem pelumasan yang berbeda dari mesin 4 tak dimana di mesin 2 tak oli mesin tidak akan sampai ke ruang torak penggerak karena ada seal yang membatasi oli untuk dapat mencapai crankshaft dan melumasinya oleh karena itu untuk pelumasan crankshaft tersebut mesin membutuhkan pelumas tambahan atau yang kita kenal oli samping sebagai pelumasnya.


Langkah Hisap dan Kerja 2 tak


proses kerja mesin 2 tak adalah dimana proses langkah hisap dan langkah kerja, dalam satu langkah dan proses kompresi dan buang juga menjadi satu langkah, jadi disini ada dua langkah kerja untuk  empat proses yang terjadi hehehe bingung yaa memahaminya kalo orang awam akan sedikit kesulitan melihat tulisan aku di atas tadi.

Begini saat bahan bakar di hisap oleh torak saat itu juga sedang terjadi langkah kerja atau proses bergeraknya piston dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah) itu adalah yang seharusnya dua proses yang berbeda  tetapi untuk proses kerja mesin 2 tak, dua proses menjadi satu dalam satu langkah kerja


Langkah Kompresi dan Buang 2 tak

Kemudian proses berikutnya adalah proses langkah kompresi dan langkah buang yang menjadi satu proses, proses ini berawal dari TMA ke TMB ini juga dua langkah proses yang menjadi satu oleh karena itu proses kerja mesin ini di sebut mesin 2 tak / dua langkah. Dikarenakan 4 proses langkah kerja menjadi 2 langkah kerja

Proses Cara Kerja Mesin 2 Tak

Source Image : http://tkrkapin.blogspot.com



Disini kita tidak membahas untung rugi mesin 4 tak dan 2 tak ya bisa gak selesai ini tulisan ampe beduk subuh ini ajah mata dah ngantuk waaaak waaaw.

Melihat lebih detail kedalam ruang pembakaran mesin 2 tak atau 2 langkah tetapi secara umum, adalah  dimana pada mesin ini
·   tidak adanya katup / valve (katup seperti payung) untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar  seperti mesin 4 tak.

·      Piston pada mesin 2 tak hanya mempunyai 2 ring yaitu ring kompresi dan ring pembilas lupa bahasa jawanya apa ? he3x

·   Bentuk piston hanya bisa di jelaskan dengan gambar di bawah ya ? di kepala piston dengan bentuknya yang unik berfungsi sebagai pendorong gas buang yang tidak terpakai.

komponen mesin 2 tak /piston 2 tak

 Tidak adanya rantai keteng sebagai penghubung crankshaft dengan nokenas karena memang tidak ada ya ixixiixix ini seriuus tapi ya jangan di anggap becanda hanya lucu ajah jelasinya.

Terus kenapa mesin 2 tak mengeluakan asap putih sudah di singgung di atas di dalam crankshaft ada seal yang menghalangi oli mesin masuk keruangan tersebut oleh karena itu di butuhkan oli samping sebagai pelumas ruang tersebut dan asap putih yang muncul terus menerus memang berasal dari oli samping yang bercampur bahan bakar  tadi ikut terbakar.

 cara kerja mesin 2 tak inilah yang menyebabkan asap putih itu muncul karena pembakaran yang dilakukan bercampur dengan oli samping. Pedih kan ya mata rasanya kalo di belakang motor ini untung jenis motor ini sekarang sudah mengalami kemajuan teknologi, sehingga asap putih yang keluar sangat minim bahkan hampir tidak kelihatan looh itu lah hebatnya kemajuan teknologi ya



kemudian sekarang kita akan membahas tentang cara kerja mesin 4 tak atau 4 langkah:


Cara Kerja Mesin 4 Tak


cara kerja motor 4 tak beserta gambarnya


mesin 4 tak adalah mesin dengan proses dimana langkah hisap, kompresi, kerja dan buang masing masing di kerjakan sendiri2 atau ful satu langkah kita memahaminya seeprti itu ajah yaa.

        Prose kerja mesin 4 tak adalah akan saya coba jabarkan dengan pemahaman saya yaa :

·        Langkah hisap adalah dimana piston bergerak dari TMA ke TMB proses ini juga terkait komponen klep in / valve in yang terbuka yang menyebabkan campuran bahan bakar dan udara terhisap kedalam ruang bakar kenapa bisa terbuka klep kerjanya di atur oleh noken as / camshaft comp, yang bergerak karena di hubungkan oleh rantai keteng / chain cam dengan crankshaft.

·        Langkah kompresi setelah langkah hisap berlangsung maka posisi piston berada di bawah maka piston akan melakukan lagi proses bergeraknya piston dari TMB ke TMA dan proses ini di namakan proses kompresi, saat proses ini kedua klep in dan ex akan sama sama tertutup. Dan bahan bakar akan di mampatkan sepadat mungkin di ruang bakar.

langkah compresi motor 4 tak


·        Langkah kerja adalah dimana di akhir langkah kompresi akan terjadi ledakan yang sangat dahsyat yang di picu oleh percikan api dari busi yang akan membuat ledakan mendorong piston dari TMA ke TMB proses ini lah yang dinamakan langkah kerja.

langkah tenaga / kerja motor 4 tak



·        Langkah yang terakhir adalah langkah buang dimana prose ini adalah membuang gas sisa pembakaran yang tidak terpakai keluar mesin yang akan digantikan dengan bahan campuran bahan bakar yang baru lagi di proses ini piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas disa hasil pembakaran.

langkah buang motor 4 tak


Inilah mengapa mesin ini disebut 4 tak atau 4 langkah karena setiap proses langkah berlangsung sempurna beda dengan 2 tak, Ini juga yang menjadi faktor kenapa kadang mesin 4 tak lebih irit pemakaian bahan bakar karena tiap proses kerja berlangsung sempurna tidak ada bahan bakar yang terbuang sia sia dan memang power mesin 4 tak menurut aku lebih besar dari mesin 2 tak.


Kesimpulan Perbedaan 2 Tak dan 4 Tak 

Kesimpulan 2 tak :
- Dalam 1 siklus pembakaran hanya membutuhkan 1 putaran mesin
- Menggunakan  membrane sebagai pengganti klep/valve
- Tidak menggunakan noken as/camshaft
- Memiliki kompresi primer dan sekunder
- Lebih responsif / akselerasi bagus 
- Menggunakan oli samping yang tercampur dengan bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft sekaligus pelumasan piston.

Kesimpulan 4 tak :
- Dalam 1 siklus pembakaran membutuhkan 2 putaran mesin
- Menggunakan klep/valve
- Menggunakan noken as/camshaft
- Hanya memiliki kompresi primer
- Kurang responsif / akselerasi kurang dari pada mesin 2 tak 
- Menggunakan oli dan tidak tercampur oleh bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft

Ok kawaan kita sampai juga di akhir penghujung tulisan ini, walaupun memang di sadari tulisan ini jauh dari kata sempurna tapi semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan mohon maaf jika banyak salah dan kata karena dilangit yang tinggi masih ada langit dan di bawah bumi masih ada lapisan bumi salam WWW.IDOKEREN.COM  nantikan artikel berikutnya ya . dan jika ada pertanyaan silahkan comment  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel