Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Reset ECU / ECM TP dan Seting Altitude Motor Honda Manual

idokeren.com - Selamat datang salam otomotif untuk para pengguna welovehonda baiklah Kali ini  saya akan membahas tentang reset ECU atau sering saya dengar juga namanya ECM ( Electronic control Modul) , Apa itu ECU ( Electronic Control Unit ) adalah sebuah control elektronik yang mengatur sistem pada elektronik sepeda motor honda , Jika motor - motor terdahulu hanya menggunakan CDI untuk pengapianya.

Pada motor  jaman now semua kontrol dari pengapaian, kelistrikan dll telah di atur oleh yang namanya ECU / ECM, Bahkan ECU / ECM  sendiri dapat menyimpan pesan kerusakan yang terjadi pada sepeda motor kita, Sehingga jika terjadi kerusakan pada motor yang menggunakan teknologi injeksi maka akan lebih mudah di temukan penyelesaian masalahnya dengan adanya sensor MIL ( Malfunction Indicator Lamp )

Reset ECU / ECM  TP  dan Seting Altitude Motor Honda Manual


Dijaman sekarang jika sepeda motor mengalami kerusakan akan ada notification pada lampu MIL yang berada pada dashboard panel sepeda motor, Semua merek sepeda motor baik Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki sudah menggunakan metode MIL, Kode kerusakan pada setiap merek motor berbeda contohnya seperti link di bawah ini saya mengulas dan menjelaskan kode kerusakan pada sepeda motor yamaha

Baca Juga : Cara Mengetahui Kerusakan Yamaha Nmax Berdasarkan Kode Di Speedometer

Kode kerusakan pada setiap merek motor berbeda, jika MIL pada sepeda motor berkedip dengan jumlah kedipan tertentu, Maka tandanya motor anda sedang mengalami kerusakan pada suatu komponen,  jika kita sudah mengetahui jenis kerusakan apa yang terjadi pada sepeda motor kita dengan di tunjukan kode MIL tertentu di panel dashboard motor

Anggaplah kita sudah memperbaiki kemudian bagaimanakah cara untuk menghapus pesan kesalahan yang tersimpan pada ECU / ECM sepeda motor, hal yang harus dilakukan adalah mereset ECU / ECM atau kita kenal dengan menghapus data yang tersimpan didalam ECU / ECM. Pada beberapa merek tertentu seperti yamaha untuk menghapus atau mereset ECU / ECM tidak bisa menggunakan cara manual sedangkan pada sepeda motor merek honda masih bisa menggunakan cara manual untuk menghapus memori kesalahan ECM  yang tersimpan.

Baca Juga : Vario 150 Sering Mentok Polisi Tidur ini Solusinya... 100% work

Alat Reset Ecu Motor Honda 
Cara reset sepeda motor honda  adalah dengan menggunakan alat, Ada alat otomatis dan alat manual jika menggunakan alat otomatis kita tinggal colok ke DLC dan alat akan menampilkan pilihan menu. Kemudian kita tinggal menghapus menghapus dari layar monitor sensor yang bermasalah yang di tampilkan  TOOL tersebut, Setelah di clear pesan kesalahan yang di simpan  oleh ECM / ECU maka sepeda motor anda tidak akan menampilkan pesan kesalahan lagi yang di tunjukan oleh MIL. dan motor dapat  hidup dengan normal kembali.

Dulu toolnya di keluarkan oleh starnic dan harganya di pertama kali muncul harganya 3,3  jutaan kurang lebih  Selain itu, tools ini dulu sangat penting karena tanpa alat resetting  .

Cara Reset ECU / ECM  Pada Motor Honda

Dimotor honda reset manual bisa menggunakan alat manual atau membuat alatnya sendiri menggunakan kawat. Selain itu sobat keren juga harus tau dimana letak posisi DLC pada motor honda socket DLC pada tipe motor baru biasanya dekat aki motor sedang untuk motor honda lama misal beat biasanya posisinya ada di bawah jok.

Saya ingin sharing bagaimana cara reset ECM motor honda yang bermasalah dengan sangat mudah

Reset ECU / ECM

1. Kunci kontak posisi OF

2. Buka tutup DLC jika dilihat dari bentuknya pastikan posisi tonjolan setelah dlc di buka tonjolnya berada diatas

3. Pasang kabel jumper pilih socket sebelah kiri semua dimana tonjolanya berada diatas perhatikan DLC gambar di bawah ini tetapi jika sobat keren mempunyai alat tools reset manual malah lebih gampang dan sobat jumper manual ini sudah banyak yang jual DLC ditokopedia pun banyak harganya sekitaran 25.000 - 35.000 rupiah

Socket jumper DLC

Tetapi jika belum sempat menggunakan kabel pun jadi yang penting fungsinya sama seperti DLC ko ( :V ).,
Kalo saya sendiri menggunakan clip kertas hehehe simpel mudah murah.

Pasang jumper ECU / ECM  pada dlc Seperti gambar di bawah ini ya sobat otomotif keren


posisi jumper ecm pada DLC


4.  Putar Kontak Ke ON tunggu 1-3 detik kemudian cabut jumper, setelah di cabut hitung lagi 1-3 detik kemudian pasang kembali.

5. Sobat keren disini tanda berhasil ada dua kemungkinan yaitu :




A . Jika diawal memang lampu MIL bermasalah maka setelah direset maka akan ada kedipan di lampu mil dan itu menandakan bahwa penghapusan pesan kesalahan di memori berhasil dilakukan .

B. Reset berhasil tetapi tidak ada kedipan di lampu MIL dikarenakan memang di awal tidak ada pesan kesalahan yang di tunjukan oleh lampu mil di panel spedometer

6. Putar kunci Kontak motor ke posisi OFF


Nah Mudah kan sobat keren hal yang. dengan 6 langkah diatas ECM motor sobat sudah di reset dan memori kerusakan  sduah di clear.

Seting Altitude Motor Honda 

Kemudian hal yang harus kita lakukan lagi adalah seting altitude, seting altitude ini berguna untuk menyesuiakan suhu lokasi dimana motor kita berada  misal anda tinggal di daerah dataran tinggi atau pegunungan maka seting altitude nya harus menyesuikan dengan ketinggian tempat anda berada

Efek jika kita tidak setiing altitude adalah jika anda biasanya tinggal di daerah dataran rendah tiba tiba anda ke dataran lebih tinggi,  maka akan seperti merasakan motot matik anda tidak bertenaga dan mungkin TOP Speed yang didapat motor honda sobat keren mungkin hanya mentok di 60 KM/Jam

Oleh karena itu seting mode altitude ini sangatlah penting sobat keren begitu.

Seting altitude ini ada 4 mode :

  • Mode 1 dikisaran range 0 - 2000 m dpl atau biasanya bukan untuk dataran tinggi 
  • Mode 2 dikisaran 2000 - 2500 m dpl 
  • Mode 3 dikisaran 2500 - 3500 m dpl 
  • Mode 4 dikisaran range diatas 3500 m dpl


Caranya bagaimana  ok kita lanjutkan kelangkah seting altitude :


1. Konci kontak Keadaan OF

2. Jumper masih dalam keadaan terpasang. Jumper DLC seperti kita akan mereset ECM / ECU seperti langkah yang di jelaskan diatas ya sobat

3. Tarik gas sampai mentok TAHAN jangan dilepaskan

Seting altitude motor honda


4. Nyalakan kunci Kontak Posisi ON

5. Lihat lampu MIL tunggu hingga berkedip setelah berkedip lepaskan gas sekali

6. Lihat lampu mil akan berkedip pendek sekali terus menerus itu tandanya mode satu telah berhasil

7. putar kunci kontak ke posisi OF


seting altitude mode 1, 2, 3, 4
Sumber pic : Kum3n.com


Bagai mana seting Mode 2, 3, dan 4. kita hanya  melakukan urutan pada langkah 3.  ketika lampu mil berkedip maka kita garus memutar gas 2 ( dua )  kali dengan cepat, itu  berarti mode 2 sedangkan jika ingin mode 3 x kali , dan mode 4 kali putar gas.

dan jika seting mode dua berhasil maka lampu mil di langkah  no 5 akan berkedip sesuai jumlah mode yang di inginkan jika mode 2 dua kali berkedip dan seterusnya ya sobat keren.

Tetapi saran untuk semua sobat keren lebih baik seting altitude pada mode satu saja, Tetapi jika hanya ingin mencobanya silahkan saja agar pengetahuan kita bertambah.

Baca Juga  : Motor Kehabisan Oli Mesin di jalan begini solusinya...

Reset TP ( Throtle Position ) 

Untuk reset sensor yang satu ini pastikan pesan kesalahan di  ECM Sudah di hapus agar bisa melakukan reset TP atau bisa baca langkah 

1. langkah  kunci kontak pada posisi OFF

2. Hubungkan DLC dengan Jumper Kawat / Kabel seperti pada saat reset ECM  untuk reset in ada dua yang di jumper socket DLC  dan juga Socket EOT .

3. lepaskan socket EOT dari mesin  pada bagian sebelah kiri silinder biasanya bagian bawah bentuknya seperti busi


Socket EOT Honda


4. Pasangkan kawat kecil / kawat pada kedua sisi socket EOT


Jumper Socket EOT


5. Putar  kunci kontak ON kemudian lepaskan kawat jumper pada socket EOT dan lihat apabila lampu MIL pada instrument berkedip cepat berarti reset berhasil

Nah sobat keren itulah artikel idokeren  kali ini  yaitu reset motor honda dengan cara manual sayang nya cara cara ini hanya bisa dilakukan pada motor honda, andai saja motor yamaha dan suzuki  serta kawasaki bisa kita reset ECM manual tentunya ini akan sangat membantu kita sebagai sesama mekanik dalam mencari rezeki.

Baca Juga : Cara Service CVT Vario 125 FI 

Tetapi sobat keren semua sekarang ini tools2 reset ECM motor injeksi sudah banyak beredar dan harganya juga cukup terjangkau kita memang harus mengikuti perkembangan teknologi dan jaman, agar bisa terus eksis di  dunia otomotif sayang idokeren blm punya youtube nanti lah jika blog ini sudah banyak di kenal orang mungkin akan ada video-videonya maklum masih sibuk kerja di dunia nyata.

Baca Juga :Memeriksa Keolengan Pada Roda Depan Sepeda Motor

idokeren ini sebenarnya blog dengan niche otomotif tetapi kadang gatel jka lihat informasi yang bermanfaat berseliweran di internet  jadi ingin membuatnya juga heheh. Asal bermanfaat dan berguna pasti akan kita bahas, di akhir kalimat idokeren mengucapkan welovehonda dan terimakasih atas waktu sobat keren semua yang telah datang dan membaca di blog idokeren.com terimakasih.