Widget HTML Atas

Penjelasan perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

idokeren.com - Sobat keren kali ini kita akan membahas tentang perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 sebenarnya ada satu lagi yaitu ring oli tapi ring ini tidak akan tertukar karena bentuknya berbeda , Bagi seorang mekanik hal ini sangat penting diketahui susunan ring piston yang benar agar tidak terjadi hal fatal yang tidak di dinginkan saat memasang ring di piston sehabis overhaul, Dulu aku punya teman dia mengganggap bahwa tidak ada perbedaan antara dua buah ring sehingga ia memasangnya asal saja, dan taukah yang kalian ada efek yang terjadi jika setalah memasang ring piston tertukar antara ring kompresi  dan bilas yuk simak pembahasan idokeren.com di bawah ini.

Sobat keren yang baru belajar otomotif kadang bingung adakah perbedaan antara ring 1 dan ring 2 di piston. tentu jawabanya ada sob hal ini aku dapat ilmunya dari tempat pelatihan waktu dulu menjadi mekanik resmi sepeda motor honda.

Karena itu kadang aku kebanyakan membahas motor selalu sepeda motor honda karena basic yang aku punya memang dari honda mau baca ceritaku ini silahkan baca di link bawah

Baca Juga : Informasi Mekanik Motor Honda

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2

perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2


Mimin keren akan menjelaskan pertama yang perlu sobat ketahui adalah istilah dan fungsi yangharus diketahui, piston ring pada posisi  ujung disebut dengan ring 1 atau umunya dikenal dengan ring kompresi, Setelah ring kompresi ada ring 2 atau dikenal dengan nama ring bilas dan yang ketiga ada namanya ring oli yang bentuknya seperti cacing

Kenapa penting mimin keren membahas ini agar rekan rekan yang sedang belajar tidak salah pasang ring piston.  Ada perbedan fungsi dan bentuk yang sangat jelas antara ring kompresi dan ring dan setalah sobat keren membaca ulasan idokeren diabwah ini sobat keren tentunya akan dapat sebutkan macam macam ring pada piston dan dan jelaskan perbedaannya dengan mudah kepada junior sobat keren di bengkel.

 Ring Kompresi  / Ring 1

Dinamakan ring satu karena posisi ia berada paling atas, tapi ini hanya pendapat pribadi ya ( :V ) yang jelas dari fungsinya saja ring ini biasanya mempunyai permukan rata dan  menekan dinding silinder, karena ia berfungsi untuk menahan kompresi agar tidak bocor dan juga ring kompresi kenapa harus di pasang di paling atas karena dari bahan paling jelas selaian mencegah kebocoran ia harus sangat kuat menahan suhu yang sangat panas tentunya. 

di fisiknya juga ada tanda hurut T ( TOP ) jadi kita dapat mengetahui dengan mudah mengetahuinya agar tidak tertukar bisa lihat di gambar di bawah ini :

Tanda ring kompresi

Ring Bilas  / Ring 2

Posisi ring piston warna hitam  disebut Ring 2 atau ring bilas walaupun kerja mereka ring 1 & 2 sama, tetap ada perbedaan, ring bilas berfungsi untuk membersihkan minyak atau oli yang melapisi dinding silinder sehingga oli yang melapisi dinding silinder tidak terbakar atau lolos keruang bakar, bentuk ring bilas pun lebih menyudut lancip agar oli tidak lolos.

Sobat keren mimin keren  mau kasih tau juga jika kalian pernah melihat motor 4 tak berasap nah itu disebabkan karena olinya lolos dan dan ikut terbakar di ruang bakar dan timbulah asap putih dari knalpot lain kali aku akan bahas tentang hal ini lebih mendalam ya nantikan saja artikelny.

Ring Oli / Ring Cacing

Walaupun ini tidak termasuk didalam judul tapi tidak ada salahnya aku berbagi informasi ke sobat keren di dunia ini, Ring oli berfungsi untuk mengeluarkan oli dari piston, untuk melapisi dinding silinder, Agar piston yang bergerak turun naik saat proses kerja tidak membuat baret dinding silinder.

Disinilah pentingya ring bilas agar dapat mencegah oli tidak naik diruang bakar, Nah semua komponen itu berkaitan  

pemasangan ring oli dari sudut pertemuan putus kedua guide ring oli  ini harus berjarak ya sob sekitar 1 cm sehingga tidak simetris untuk mencegah oli luber terlalu banyak.

Akibat Pemasangan Ring Piston Terbalik 

Setalah kita membahas fungsi  dari ring piston 1 dan 2 serta ring oli maka kita juga harus mengetahui efek jika salah memasang ring oli 1 / ring kompresi di posisi no 2 maka jelaslah dari fungsinya saja berbeda. Oli tidak akan terbilas maksimal dan dapat menyebabkan oli naik keruang bakar. Mimin keren tekankan ya sob bahwa mungkin saja hal ini dapat bekerja dan bahkan tidak terjadi masalah saat pemasangan bongkar mesin dan motor dihidupkan normal saja 

Hal itu bisa terjadi bahkan mimin keren pun pernah melakukan hal tersebut maklum dulu masih amatir tetapi tentunya kinerja dari fungsi si ring tidak maksimal karena setiap ring telah di tentukan tujuan nya.

Berdasarkan prinsip mesin bahwa jika ada komponen yang tidak sesuai maka ia tidak akan bertahan lama, efek paling parah jika hal tersebut terjadi tenaga tidak maksimal karena terjadi kebocoran kompresi dan ledakan hasil pemampatan bahan bakar dan udara tidak maksimal dan kemungkinan lainya adalah muncul asap putih di dari knalpot karena oli tidak tidak terbilas maksimal.

Memasang ring oli pun tidak sembarangan sob ada kaidah atau aturan tertentu pertama tiap antar sudut pertemuan ring harus di atur jaraknya jadi tidak boleh selaras, dari sambungan ring piston 1 ke sambungan rin piston 2 harus berjarak 120 dearajat dan dari sambungan rin gpiston ke dua ke sambungan ring oli juga harus mempunyai derajat 120 derajat.

Jarak anatr ring piston 1 & 2


hal ini dimaksudkan agar tiap sambungan tidak berdekatan dan sejajar karena oli bisa lolos dengan mudah keruang bakar, Disinlah kesalahan para pemula yang sering tidak mengatur jarak antara sambungan ring piston 1, ring piston 2 dan ring oli. ini dalah cara pasang ring piston anti ngebul sob kalo di lakukan dengan baik dan benar.

Perbedaan Ring Piston 2 Tak Dan 4 Tak

Ringpiston berdasarkan jenis motor negbul dan tidak ngebul juga berbeda, mimin keren menggunakan istilah itu karena lebih gampang  diingat ya sob

Motor ngebul dari lahirnya atau disebut motor 2 tak hehe, udah dari brojol motor 2 tak ngebul dan itu bukan tandanya rusak ya sob silahkan baca link dibawah mengenai cara kerja dari motor

Baca Juga : Cara Kerja Mesin 2-tak dan 4-tak Lengkap Dengan Penjelasanya

Jika motor 2 tak hanya mempunyai 2 buah ring yaitu ring kompresi 1 dan ring kompresi 2, terdapat petunjuk pada ujung ring ada kode bacaan 1N/1T/1R. Tanda ini menunjukan bahwa ini adalah ring kompresi 1 pada posisi paling atas jika di lihat di pistony.

Ring motor 2 tak terlihat lebih tebal dan daya per ring piston lebih keras, Yang dimaksud daya per adalah gaya mendorong atau gaya mekar si piston terhadap dinding silinder ya sob.

Begitupun dengan ring kompresi 2 pada motor 2 tak, Kita dimudahkan untuk mengenali mana ring kompresi 2 dan mana ring kompresi 1. Jika ring kompresi 2 ada tanda juga 2N/2T/2R jadi sobat keren tidak akan salah kecuali lupa gak baca tanda-nya saat pemasangan di piston.

Perbedaanya apa antara ring 2 tak dan 4 tak ? 

Jika pada motor 4 tak oli di usahakan tidak masuk keruang bakar berbeda dengan motor 4 tak, Motor 2 tak menggunakan oli tambahan atau lebih dikenal dengan oli samping . Oli samping akan ikut terbakar di ruang bakar sekaligus oli samping mempunyai perananan melumasi kusk as, dinding silinder dan semua komponen di sistem bakar motor tak

Karena berbeda cara kerja, maka motor 2 tak  harus mengeluarkan asap putih saat motor di hidupkan jika tidak keluar asap putih maka sobat keren harus waspada dan memeriksa nya.

Cara Pasang Ring Piston 2 tak 


cara pasang ring piston 2 tak

Memasang ring piston motor 2 tak tidak sesulit memasang rin gpiston motor 4 tak, Pada motor 2 tak di ringnya ada coakan, dan di pistonya ada tempat pengepasan tanda coakan jadi sobta tinggal cari rumah untuk coakanya pada ring piston 1 atau ring piston 2, Karena ada tandanya maka ring piston tidak  akan bergeser atau berputar karena sudah pada tempatnya 

Jika pada motor 4 tak kita harus mengatur  jarak tiap ujung putus ring agar mempunyai jarak sekitar 120 derajat tiap ring maka di motor 2 tak tidak perlu sudah di sesuiakan karena coakan ring sudah ada tempatnya

Nah sob berhubung sudah jam 3 pagi mimin keren mau molor dulu ya sampai bertemu di artikel selanjutnya  terimakasih - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini