Widget HTML Atas

Suara Mesin Motor Bunyi Nging Atau Berdengung, Bunyi Apakah Itu ?

idokeren.com - Halo sobat keren lamo tak jumpo kali ini pembahasan kita adalah tentang mesin motor bunyi nging, Pernah mendengar kan mesin motor berdengung suaranya seperti nguk nguk  saat di nyalakan baik saat di gas maupun saat gas kita lepas  sebenarnya itu suara apa ya ? dan apakah berbahaya untuk sepeda motor kita mari kita sama-sama bahas tentang hal tersebut di bawah ini.

Sobat keren yang berkecimpung didunia otomotif pastinya sedikit mengerti suara dengung yang timbul di sepeda motor. Tetapi bagaimana dengan orang awam yang pastinya merasa khawatir tak jarang costumer menanyakan suara dengungan yang muncul di motor mereka ?

Suara berdengung ini biasanya di dengar oleh pemilik kendraan bebek dan sport kenapa bisa begitu karena idokeren tidak mengataka matic hal ini dapat terjdai juga pada motor matic tetapi jarang dan bahkan tidak terjadi jika bunyi pun biasanya lebih banyak berasal dari CVT motor matik.

Bunyi berdengung biasanya terjadi pada motor bebek atau sport dan bunyi ini bisa dari banyak hal oleh karena itu kita akan merunut pembahasanya.

Mesin Motor Bunyi Nging

Tenaga sepeda motor  di salurkan dari komponen penggerak kruk as yang di alirkan ke bak kopling, Nah dari sinilah kecurigaan kita dimulai di bagian bak kopling itu terdapat banyak komponen gear yang berfungsi menyalurkan tenaga dari kruk as ke roda belakang .

Didalam bak kopling ada namanya gigi primer dan gigi sekunder. kita akan mencontohkan pada motor bebek ya sob agar mudah di pahami.

letak gir sekunder dan gir primary

Gigi primary adalah gigi dimana jika kalian membongkar bak kopling maka kalian akan melihat gigi primary  ini yang terhubung dengan poros engkol, urutanya begini sob dari poros engkol menyalurkan putaran ke kampas kopling ganda dimana cara kerja kampas ganda akan membuka atau mekar saat putaran tinggi dan jika kampas ganda mekar akan membawa pula gigi primary  atau gigi kampas ganda berputar.

Dari putaran gigi primary  ini akan disalurkan ke gigi sekunder atau gigi roda gila, ini gear besar jika di motor bebek ada di balik karet kopling, Putaran gigi sekunder ini kemudian akan di salurkan ke bagian transmisi dengan terlebih dahulu di proses oleh kampas dan plat koling sebagai pemutus dan penyambung putaran ke gear transimi, Biar lebih jelas silahkan baca link di bawah

Baca Juga : Fungsi Kopling ( Clutch ) Dan Cara Kerjanya

Nah banyak teman taman bengkel menyatakan bahwa bunyi dengung atau nging itu berasal dari kerja gigi primay dan sekunder yang saling bekerja berkaitan, Kenapa bisa bunyi dikarenakan bunyi ini berasal dari kedua gigi tersebut, dapat di ambil kesimpulan karena saling terus bergesekan tidak dapat di pungkiri bahwa komponen mesin yang saling bergesekan akan dapat mengalami keausan yang hakiki dan itu menimbulkan sebuah hubungan yang renggang dan menimbulkan bunyi akibat kerenggangan yang di timbulkan .

Jikah hal ini terjadia cara mengatasinya biasanya di ganti gear primary dan sekundernya tetapi harganya yang mahal membuat banyak orang membiarkanya saja karena yang rusak bukan systemnya tetapi komponen dari gigi tersebut selaian mahal sob komponen ini juga jarang dipasaran termasuk barang yang tidak umum. ya paling tidak harus cari copotan atau indent di bengkel resmi 1 bulan bahkan lebih, itupun jika sparepartnya masih di produksi oleh pabrikan

Jika sudah tidak di produksi maka alternatifnay cari copotan, Dan sobat harus hari hati ya saat cari barang copotan kenapa bisa begitu karena kita tidak tau apakah baran gitu memang didapat dari jual beli yang sah atau tidak apakah barang copotan itu dari kejahatan begal motor yagn selama ini terjadi tidak ada yang tau kebenaranya JADI SARAN IDOKEREN BELILAH BARANG LEGAL SOB. ini untuk menghindari maraknya begal yang terjadi akhir-akhir ini.


Karena itu banyak orang jika  mesin motor atau kendaraan jika sudah 5 tahun lebih,  pasti pemilik  lebih memilih untuk menjualnya apalagi jika kendaraanya memang kendaraan yang capai atau istilahnya kendaraan yang di pergunakan sangat maksimal oleh pemiliknya untuk mobilitas usaha dll.

Membuat biaya perbaikan akan membengkak dan membuang waktu, dan anda mungkin akan mengerti setelah membaca pembahasan idokeren dibwah ini

Baca Juga : Mobil Bekas Taksi KM Rendah Apa Iya, Untung - Rugi Beli Mobil Taksi

Nah sobat keren kurang lebih seperti itu lah jika membaca artikel di link diatas anda akan paham untung rugi merawat kendaraan.

Nah di bawah ini kita akan membahas jenis motor matik yang berbunyi juga

Motor Matic Keluarkan Suara Dengung Dari CVT ?

Berbeda dengan motor bebek atau sport jika motor matic yang berdengung maka sobat keren harus berhati hati harus segera memeriksa bagian gir rasio motor matic 

Ciri-Cirinya saat sobat kendarai mungkin suara akan terdengar  dari bagian belakang di bawah spakbor dekat roda belakang yang harus sobat lakukan adalah memeriksa apakah oli gardan belakang tidak tercampur air.

Motor Matic Keluarkan Suara Dengung Dari CVT

Apakah oli gardan tidak terjadi kebocoran atau berkurang hal ini penting karena sesuia kerjanya yang sangat berat  jika olinya masuk air atau berkurang maka kinerja gir rasio motor matik akan saling bergesakan tanpa oli maka akan terdengar suara dengung

Baca Juga : Fungsi Oli Gardan / Oli Transmisi Pada Motor Matik
Jika sudah terjadi hal demikian maka sobat keren harus mengganti gear rasio motor matik 1 set harganya mungkin sekitar 700 - 1 jutaan ya sob mahal memang dan itu pun harus di ganti dengan semua bearing pendukung di gir rasio matik apa mau dikata jika oli sudah menjadi bubur maka kerusakan pasti terjadi ( auto mewek deeh sob ). 

Nah sobat keren mimin kira cukup segitu dulu ya pembahasan  kali ini semoga lain kali mimin akan lebih update infonya jadi jika motor sobat keren berdengung atau bunyi  tidak perlu khawatir ok sob.
Dan menjelang idul fitri 1441 H kurang satu hari lagi sob tetap di rumah saja karena kita tidak ingin pandemic ini berlangsung lama dan juga idokeren tak lupa mengucapkan mohon maaf lahir dan batin dukung terus blog ini berkarya terimakasih - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini