Widget HTML Atas

Cvt Beat Bunyi Nging / Berdengung Cek Disini

idokeren.com - Sobat keren Setelah sebelumnya kita membahas bunyi nging juga di bagian kopling pada motor bebek dan sport sekarang kita membahas lagi suara dari  cvt beat bunyi nging apakah penyebabnya dan  bagaimanakah solusinya ? , yang jelas nantikan terus artikel disini ya sob artikel insya allah bermanfaat karena di buat berdasar pengalaman dan info dari teman teman sedunia ( :V ).

Mesin Cvt Beat Bunyi Nging / Berdengung Cek Disini
Sumber pic : otomotifnet.com

Motor matik memang mempunyai rasa tersendiri untuk seorang rider dimana rasa bosan mengganti gigi dan rindu akan hentakan halus dan tenaga yang powerful membuat siapapun yang mengendarai motor matik akan terpincut sampai mati ( lebay ).

Banyak penyebab ya sob bunyi berdengung itu jadi sobat harus baca artikel ini runtut agar tidak salah memahami bunyi apakah gerangan yang ada pada motor beat fi sobat keren.

Di bagian CVT motor beat banyak yang bisa menimbulkan bunyi berdengung diantaranya adalah van-belt yang mulai menipis atau dari gear rasio / gear gardan jadi harus di bedakan. Bagi orang awam hal ini sulit untuk diketahui bahkan mekanik yang jam kerjanya masih midle pun akan kesulitan mendeteksi masalah ini.

Dan idokeren sendiri juga bukan mastah jadi bisa saja kerusakan pada motor sobat keren bukan hal yang disebutkan di blog ini, di blog ini mungkin sobat keren akan mendapat reference yang bisa menimbulkan kesimpulan untuk mengambil keputusan  yang dibuat , namanya juga motor yeekan mekanik pengalaman pasti paham.

Gak semudah itu mendapatkan pemecahan masalah jika anda tidak membongkar dan memeriksanya dengan indera anda secara langsung.

Dan yang kita bahas disini suara dengung bukan suara ckckck atau criit criit criit  pada tarikan awal jika suara cckckck pada tarikan awal dan bunyi hilang   setelah kecepatan tinggi itu di akibatkan oleh klaher cover cvt sobat bisa baca link di bawah untuk solusinya

Baca Juga : 3 Cara Mudah Melepas Bearing / Klaher Cover CVT Beat Simple Banget

Bunyi Nging karena V-Belt CVT Beat 

Bunyi yang di sebabkan v-belt cvt biasanya dikarenakan v-belt sudah tipis dan mau putus, ciri cirinya bunyi berdengung ini dirasakan dari bagian cvt dan tarikan terasa lemoot, Bedakan antara kampas rumah kopling tipis ya sob.

Bunyi Nging karena V-Belt CVT Beat

Dan bau sangit sangat terasa seperti karet terbakar jika hal ini sudah tercium lebih baik sobat cepat cepat periksa bagian cvt jangan sampai putus di jalan ya sob bisa berbahaya, Apalagi jika sobat baik ku ini  ojol yang biasa mondar mandir lebih baik periksakan dahulu jika sudah bau karet terbakar.

Jika sudah putus karet v-belt maka motor beat sobat keren tidak akan bisa bergerak walaupun puli tetap berputar.

Berkaitan dengan kerusakan motor maka banyak pula komponen yang saling terpaut oleh karena itu banyak yang bilang kalo abis dandan sepeda motor ada ajah yang merembet, Sebenarnya untuk menyikapi dan mengatasi hal ini mudah .

Setiap ada masalah langsung deh di periksakan kebengkel agar kerusakan dapat di prediksi. Yaa walau bagaimanapun namanya komponen mesin punya waktu dan pasti rusak pada waktunya. Bagi anda yang sering perawatan motor rutin biaya tidak akan langsung besar karena selalau di cicil saat perawatan berkala.

Berbeda jika sobat adalah orang yang selalu menunda-nunda perbaikan nah kerusakan kecil ini yang nantinya akan menjadi sangat besar dan menghabiskan banyak biaya.

Ko banyak kaitanya ya sob wkwkkwkwwk, jangan jadi mekanik jika gak mau pusing dengan namanya komponen mesin karena semuanya berkaitan oleh karena itu idokeren bilang sekali lagi hal yang ku tulis ini belum tentu masalah pada motor sobat. Tapi bisa di jadikan referensi

Setiap kerusakan pada mesin motor selalu berkaitan dengan komponen lainya oleh karena itu jika sobat keren seorang kuku hitam harus hati-hati dan teliti dalam memprediksi sebuah permasalahan

Baca Juga : Cara Service CVT Vario 125 Fi

Bunyi Nging Beat Karena Gardan Rusak

Kasus kita kali ini adalah suara nging yang bunyi  dari cvt beat saat deselerasi  atau saat perlambatan,  Suara kasar  yang sangat mengganggu banyak yang sadar akan hal ini banyak juga yang tidak menyadarinya, Jika pengguna kendaraan peka akan suaranya mungkin akan meminimalisir biaya perbaikan yang keluar.

Jika tidak pekak akan suara kasarnya maka siap siap saja keluar budget besar.

Suara dengung ini timbul dari gearbox di bagian belakang atau kita sebut gardan, Suara nging atau dengung yang timbul dikarenakan, Tercampurnya oli gardan dengan air dan pengguna kendaraan tidak menyadarinya sehingga didalam gear gardan belakang antar komponen transmisi saling bergesekan tanpa adanya pelumas.


Bunyi Nging Beat Karena Gardan Rusak


Lama kelamaan gear ratio didalam gardan belakang akan AUS / Habis dan menyebabkan kerengggangan antar transmision,.

Diperparah lagi bearing didalam transmisi goyang dan mulai oleng hal ini menyebabkan bunyi yang dengung yang sangat parah.

Jika sudah terjadi hal seperti ini solusinya adalah mengganti dengan melihat kondisi gardan. Jika hanya bearing nya saja yang oleng bisa mengganti bearing nya saja tetapi jika kondisinya sudah parah banget maka harus mengganti gear transmisi belakang satu set agar suara tidak muncul kembali

Hargaya sekitar Rp. 700.000 - 800.000 satu set tergantung tempat ya sob tapi agar lebih mudah bisa mencari yang kw atau copotan di pasar loak otomotif banyak biasanya.

Karena jika membeli baru pun kadang harus indent terlebih dahulu di bengkel resmi dan jangka waktunya di kasih spare 2 - 4 minggu baru datang barangya jika tidak ada stok di gudang mereka.

Baca Juga : Mewaspadai Suara Kasar Motor Sehabis Terkena Banjir


Nah sobat keren mimin keren rasa cukup segitu dulu infonya lain kali akan mimin bahas lagi ya dan semoga informasi di blog ini selalu bermanfaat dan jangan lupa ya sering sering agar blog ini terus eksis seperti blog otomotif lainya dan terimakasih bagi yang sudah mampir tanpa kehadiran sobat keren blog ini akan hampa dan malas updatenya salam - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini