Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Spul Motor Yang Rusak Dengan Multitester

idokeren.com - Sobat keren keren kali ini kita akan membahas tentang cara cek spul motor yang rusak dengan menggunakan multitester, Walaupun sepul jarang bermasalah tetapi jika kita tidak tau cara mendeteksi kerusakan pada sepul / alternator di sepeda motor akan membuat kepercayaan pelanggan berkurang, Apalagi jika kita sampai salah dan keliru memberikan saran atau solusi baik kepada pelanggan atau teman maka mereka tidak akan percaya lagi kepada anda.

Cara Cek Spul Motor Yang Rusak Dengan Multitester

Sobat Alternator / Sepul berfungsi menghasilkan arus listrik baik untuk penerangan, pengisian dan kelistrikan pada sepeda motor.

Hal yang mimin keren mau share adalah pengalaman dimana dulu jaman jadul bau kencur, Pada saat menganalisa kerusakan pada sepeda motor ternyata mimin keren keliru, Karena mungkin masih kurang ilmu dan juga kurang pengalaman.

Jadi begini sob motor pelanggan mimin keren suka mati mati dan jenis motornya adalah bebek, Tanpa memeriksa terlebih dahulu mimin keren langsung menyangka bahwa komponen yang rusak adalah CDI ternyata setelah membeli CDI baru motor tetap seperti itu.

Duh Kesalahan analisa seperti ini sangat fatal 

Kesalahan Dalam Analisa Spul / Alternator :

Pertama kesalahan dalam membeli part ini sama saja membuang uang untuk hal yang tidak perlu.

Kedua  harga spul motor yang mahal akan membuat kerugian untuk bengkel karena barang ini bukan barang yang fast moving atau cepat laku terjual yang ada malah menjadi stok mati di gudang.

Ketiga Trust / Kepercayaan pelanggan akan hilang ini sangat-sangat merugikan anda sebagai mekanik dan bengkel baik bengkel sendiri ataupun bengkel tempat anda bekerja.

Kemampuan analisa dalam perbaikan sepeda motor sangat penting dan ini biasanya berkaitan dengan kecerdasan seseorang semakin serdas orangnya maka analisanya akan semakin baik. Mimin keren tidak mengatakan atau menjelekan siapapun ya sob.

Ini hanya bercerita pengalaman agar tidak terjadi pada teman idokeren.com.

Untuk semua sobat keren di manapun berada jika mengalami hal seperti ini yang perlu kita lakukan adalah menganalisa dengan tepat ada baiknya kita membongkar dan memeriksa dari hal yang paling sederhana yaitu pertama adalah  bahan bakar  Apakah lancar atau tidak .

Memeriksa busi periksalah busi Apakah memang masih layak digunakan atau sudah tidak dapat digunakan kita dapat melihat percika api busi, pastikan pada api busi apakah masih bagus atau tidak.

Periksa coil berikut dengan cangklong, cangklong yang sudah tidak bagus juga akan akan dapat menyebabkan motor sering mati mati karena arus listrik tidak terhantar dengan benar dan juga jangan lupa Apakah coil nya juga bagus atau tidak.

Biasanya Mimin keran mencoba melihat coilnya masih bagus atau tidak dengan mendekatkan  kabel koil dengan bodi lalu kita starter beberapa kali agar dapat melihat api keluar dari kabel koil. Sampai Sini jika api tidak keluar

jangan langsung menduga koil rusak sebab masih ada yang harus sobat periksa lagi yaitu sepul atau alternator. Karena yang mimin keren contohkan adalah motor bebek dari merek honda tentunya pasti sudah pada hafal warna kabel dari sepul.

Sebelumnya mimin keren juga pernah membahas tentang Penjelasan socket pada CDI silahkan di baca ya sob di link bawah ini

Baca Juga : Penjelasan Pin Socket CDI Sepeda Motor Lawas, Honda, Yamaha, Suzuki , Kawasaki

Tegangan Output Spul Motor Grand

Sobat keren biasanya untuk memeriksa apakah sepul motor kita bermasalah atau tidak, Kita menggunakan Multitester / AVO, jika mengingat hal ini jadi ingat masa masa dimana masih menjadi mekanik resmi sepeda motor honda

Setiap mekanik akan menjalani pelatihan dan pengujian untuk mendapatkan sertifikat kelululusan jika tidak lulus maka harus mengulang periode berikutnya.

Cara Memeriksa Sepul Pengapian
Kita kembali cara mengukur sepul atur  tahanan pada skala X 10 Ω ohm dengan suhu sekitar 20 derajat celcius

Dengan seting pengukuran pada ohm/hambatan, Sambungkan kabel merah (+) dari AVO dengan

Kabel hitam / merah  dan kabel( - ) hitam dari AVO dengan kabel hijau / masa dari sepul tahanan standar adalah 500-600 . jika melewati batas kemungkinan rusak.

Kemudian cek lagi kabel warna  biru / kuning di sambungkan dengan warna merah dari AVO dan

Kabel hitam dari AVO tetap ke kabel hijau, Tahanan standar adalah 120-135.

Nah sob jika pas di ukur dengan Avo melebihi tahanan standar maka kemungkinan terjadi pada kerusakan .

Dan mimin keren mau menambahkan beberapa tahana ukuran sepul merek honda yang mungkin berguna di bawah ini :

Dengan catatan kabel hitam ( - ) selalu bertemu atau dihubungkan dengan masa atau ground ( kabel hijau )

dan kabel merah akan dihubungkan dengan yagn mimin tuliskan di bawah ini :

Tegangan Output Spul Motor Tiger

Kabel Hitam / Merah dihubungkan dengan AVO kabel merah ( + ) mempunyai tahanan standar 231 - 240 dan kabel Biru / Kuning mempunyai tahanan 339 - 350

Tegangan Output Spul Motor WIN

Kabel Hitam / Merah dihubungkan dengan AVO kabel merah ( + ) mempunyai tahanan standar 407 - 430 dan kabel Biru / Kuning mempunyai tahanan 122 - 122

Tegangan Output Spul Motor GLSeries

Kabel Hitam / Merah dihubungkan dengan AVO kabel merah ( + ) mempunyai tahanan standar 272 - 290 dan kabel Biru / Kuning mempunyai tahanan 498 - 520

Tegangan Output Spul Motor NSR

Kabel Hitam / Merah dihubungkan dengan AVO kabel merah ( + ) mempunyai tahanan standar 133 dan kabel Biru / Kuning mempunyai tahanan 240

Sayangnya cara ini terdapat kekurangan data ukur akan berubah sesuia  komponen dan alat ukur yang di gunakan mimin keren sendiri menggunakan AVO merek SANWA


AVO meter merek sanwa


Ciri Magnet Motor Lemah

Sob magnet motor yang lemah juga dapat mengganggu pengapian listrik yang di hasilkan juga kurang maksimal tetapi sepanjang karir di dunia otomotif belum pernah mengalami magnet motor lemah walaupun motor itu sudah tua dan magnet pada bocel bocel dan rusak (:V ).

Jika hal ini terjadi maka kayak nya motor itu sudah sepuh banget dan sudah mau pensiun hehehe 

Nah sob jika memang kasunya terjadi pada kalian seperti itu lebih baik ganti  magnetnya ya.

mimin keren jujur saja jarang menggunakan cara yang di tulis diatas karena biasanya kita akan menggunakan cara yang lebih pasti yaitu dengan langsung memasang sparepart sepul baru ke sepeda motor tersebut agar tidak salah dalam memprediksi  dan cara ini sangat ampuh.

Kekurangnya adalah mungkin saja bengkel sobat keren tidak ada sparepart untuk uji cobanya karena dulunya mimin di bengkel resmi stok selalu ready jadi menggunakan cara ini.

Nah sobat sekian dulu pengalaman yang mimin keren bagi semoga mimin keren selalu semangat update terimakasih sudah mampir di blog idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini