Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagian cvt brisik ? Cek 7 bagian ini.

Idokeren.com – hallo sobat semua apa kabar ? semoga sehat selalu ya aminn Kali ini mimin membahas bunyi pada cvt motor matic kesayangan sobat, Pernah gak sich kalian mengendarai motor matik dan suaranya berisik banget sampe mengira ini mesin motor apa mesin penghalus kelapa (:V), 

Nah jika pernah mengalami hal tersebut mungkin jawabanya ada di bawah sini baca terus ya sob,  mimin akan menjelaskan 7 part cvt yang sudah aus akan menyebabkan brisik. 

Mungkin saja setelah membaca artikel ini sobat keren akan lebih paham tentang kerusakan yang terjadi pada sepeda motor matik, Gunanya apa agar jika sudah tau kerusakan dapat meminimalisir pengeluaran cukup membeli part tertentu saja, Agar part yang  masih bisa di gunakan tidak mubazir hemat dikantong . 

Bagian cvt brisik ? Cek 7 bagian ini


Langsung aja ya sobat baca kalimat dibawah ini :

7 Bagian Penyebab CVT Berisik 

1. V-Belt

jika V-belt sudah aus atau retak maka menimbulkan suara berisik yang biasanya terdengar cukup keras di rumah CVT, suara nya seperti ada yang mengetok rumah cvt.

Penyebab V-belt sudah molor akibat aus dan mengakibatkan tutup CVT atau crankcase menjadi sering bergesekkan dengan V-belt.


2. Mangkok Kopling

Jika terdapat bunyi berdecit pada bagian CVT sobat saat motor di gas, penyebabnya terdapat pada clutch housing atau mangkok kopling. Hal tersebut karena kotor atau sudah aus atau sudah tipis , sehingga kampas bergesekan dengan mangkok kopling sehingga menyebabkan slip dan mengeluarkan suara tidak enak di dengar .

Baca Juga : Cvt Beat Bunyi Nging / Berdengung Cek Disini

3. Roller Motor Matik

Jika terdengar suara "toktoktok” saat motor di gas. Sumber suara tersebut dapat dipastikan dari roller yang sudah peyang atau juga sudah pecah .

Setelah dibongkar roller sudah aus atau peyang bentuk yang semula berbentuk bulat menjadi hancur. Roller yang sudah peyang membuat performa motor berkurang efek nya menyebabkan motor tidak mau berakselerasi dengan baik.

4. Slider (tutup rumah roller) Motor Matik 

slider yang sudah aus juga dapat menimbulkan suara berisik.

Jika rongga sudah semakin besar maka dapat menimbulkan suara "tok tok tok" yang akan semakin keras terdengar berasal dari komponen ini. Jika seperti ini dibiarkan lama atau tidak di ganti maka dapat menyebabkan getaran dan gerakan slider menjadi tidak stabil.


5. kampas kopling (Clutch Carrier)

Bunyi pada bagian CVT motor matic sobat juga dapat disebabkan oleh komponen kopling sentrifugal atau kampas kopling ganda yang sudah aus atau tipis. Hal tersebut dapat ditadai saat motor di gas tidak mau jalan dengan normal atau terasa motor tertahan atau tidak mau berjalan dengan normal . 


6. Pulley Sekunder

Kopling Sentrifugal Penyebab suara kasar di bagian CVT, juga dapat disebabkan oleh face set moveable driven yang sudah aus/oblak..

Karena komponen yang berfungsi sebagai mendorong pegas Per cvt agar V-belt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak rata dan perputaran berbenturan dengan pasangannya.

Biasa nya di sebabkan oleh ceweknya yang sudah aus dan oblak terkena part cowok. Selain menimbulkan bunyi, gejala lain yang diakibatkan oleh keausan komponen ini yaitu, saat motor mulai di gas rpm tinggi gas akan tertahan dahulu .

Baca Juga : Cara Service CVT Vario 125 Fi


7. Gir Box

laher yang pada gir box yang aus akan menyebabkan celah antar mata gigi renggang atau tidak presisi lagi dan menimbulkan suara kasar. Laher gir box yang oblak dapat membuat gigi rasio menjadi renggang.

laher gir box menjadi oblak dapat disebabkan karena usia pakai, jarang ganti atau cek oli atau membiarkan terjadi kebocoran pada ruang gir box sehingga pelumasan komponen menjadi kurang maksimal.


Nah itu sobat akibat cvt motor sobat brisik, sebaik nya sobat service rutin cvt sobat agar tidak terjadi keausan pada komponen, ganti oli gardan juga sangat penting sebaik nya 5000 km sekali, dan pelumasan dengan grease high temp juga sangat penting untuk melumasi komponen agar tidak terjadi keausan komponen dengan cepat.

Itu saja artikel yang mimin buat semoga ber mamfaat untuk sobat idokeren tetap safety riding ya sobat . - idokeren.com

Writer : Alfaan Khibran
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini