Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Busi Motor Harus Diganti Agar Motor Tidak Sampai Mogok

Idokeren.com – hai para sahabat setia idokeren... jumpa lagi pada pembahasan seputar dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini, kita akan mebahas ciri – ciri dari busi yang mana harus segera di ganti untuk menghindari mogok mendadak.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, ada baik-nya kita ketahui terlebih dahulu apa itu busi? Dan apa kegunaan dari busi?.

Ciri Busi Motor Harus Diganti Agar Motor Tidak Sampai Mogok

Kata dari busi sebenarnya adalah Bougie, yang mana berasal dari bahasa belanda yang aslinya adalah bahasa perancis. Busi sendiri adalah suatu komponen kendaraan yang memiliki fungsi untuk memaksimal pengapian pada ruang mesin.

Fungsi detail dari busi adalah untuk mengubah tegangan arus listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api yang mana, nantinya akan membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang mesin kompresi yang kemudian menggerakan mesin.

Dilihat dari fungsinya, kegunaan dari busi sangatlah penting dalam proses menghidupkan mesin. Dan kita semua tau apa yang terjadi jika mesin tidak dapat hidup yaitu Mogok.

Tanda Busi yang Sudah Rusak

Baiklah, setelah mengenal apa itu busi beserta fungsinya, selanjutnya kita akan membahas apa saja ciri – ciri dari busi yang bermasalah dan harus segera kita ganti.

Baca Juga : Ciri Ciri Busi Yang akan mati atau tidak layak pakai

Mesin Kasar atau Mesin Mengalami Getaran

Mesin yang berfungsi dengan normal memiliki suara yang halus dan konstan saat stansioner. Jika suara mesin motor sobat seperti ini, dapat dipastikan busi sobat masih dalam kondisi yang bagus.

Tetapi jika mesin motor sobat terdengar sedikit kasar dan ada sedikit gerakan, besar kemungkinan busi sobat mengalami masalah dan perlu untuk diganti dengan yang baru.

Mesin Susah Hidup

Seperti yang kita bahas di atas, fungsi dari busi adalah membantu proses pembakaran pada ruang mesin.

Jika busi mengalami masalah atau kerusakan, busi tidak mampu untuk memberikan percikan api yang cukup di dalam ruang bakar. Hal ini dapat mengakibatkan mesin motor sangat susah untuk di nyalakan. 


Mesin Mengalami Delay di Tarikan Bawah

Hal ini kemungkinan besar dapat terjadi karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak sempurna.

karena tidak mampunya busi untuk menghasilkan percikan api mengakibatkan pembakaran pasokan udara dan bahan bakar tidak seimbang. Akibat dari hal ini akan membuat mesin terasa delay (jeda).

Jika mesin sobat terasa ada delay-nya, kemungkinan besar busi sobat mengalami masalah dan harus segera di ganti.

Akselerasi Motor Terasa Berat

Ciri ciri yang satu ini paling sering terjadi jika busi telat diganti, selain akselerassi terasa berat, motor juga cenderung lebih boros.

Untuk menghindari hal ini, sangat disarankan untuk memeriksa kondisi busi pada kelipatan 3.000 km secara rutin, dan jika sudah mencapai 6.000 km gantilah busi dengan yang baru.

Dalam jangka waktu yang lama, elektrode dari busi secara perlahan akan mengalami aus terbakar. Dan disepanjang permukaan kepala busi akan terjadi pengendepan arang atau kerak karbon.

Akibat dari hal ini akan mengakibatkan motor mengalami kendala – kendala seperti yang telah kita bahas di atas. 


Jadi, ada baiknya untuk membawa busi lain sebagai cadangan, terutama jika sobat ingin melakukan perjalanan yang jauh.

Sebagai tambahan, disarankan untuk membeli busi dari dealer terpercaya dan cermatlah dalam memilih-nya. Karena pada saat ini banyak sekali busi palsu yang beredar di pasaran.

Cukup sekian pembahasan kita mengenai ciri – ciri dari busi yang bermasalah, mohon maaf jika ada kesalahan pengertian maupun penulisan, saya harap artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya mengenai hal – hal unik dan seru tentang otomotif. – idokeren.com

Writer : Rahmat Riski H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini