Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Merubah Koil Standar Menjadi Racing Dengan Mudah

idokeren.com- halo sobat keren menggunakan coil racing agar pengapian menjadi lebih besar dan pembakaran didalam cylinder menjadi sempurna , Coil sendiri berfungsi memperbesar tegangan listrik menjadi berlipat ganda, Jika kita melihat di dalam koil ini juga terdapat 2 buah kumparan yagn disebut kumparan primer dan sekunder. dimana tegangan dari lilitan primer akan membangkitkan tegangan kumparan sekunder yang lebih besar dari tegangan kumparan primer.

Kita tidak membahas kelistrikanya tetapi mimin keren tertarik membagikan info bagaimana cara merubah tegangan koil standar mejadi coil racing dengan sangat mudah. Kebetulan mimin keren  sedang membuka fb dan disana ada youtuber dunia otomotif dengan chanelnya  siboen chanel. tutorial yang di berikan mas boen ini cukup menarik.

Terlihat di videonya ia hanya menggunakan kabel yang berisi kawat tunggal (tembaga), Dengan panjang tidak di jelaskan sih sob. tapi dilihat dari lilitan kabel dicoil sekitar 15 - 20 cm dari pangkal. Bagaimana cara membuatnya yuk kita ulas di bawah ini .

1. Bahan tentunya kawat tembaga yang di lepas dari kabelnya, Untuk kabelnya ini di bagian ujung karena akan di sambungkan ke masa/body di kupas sedikit, karena di kawat tersebut ada sebuah isolator jadi jika tidak di kupas masa tidak akan terhubung maksimal.

Sambungkan kawat tersebut ke baut masa, Bisa di sambungkan dekat koil bsia lihat gambar di bawah.

image : youtube siboen

Nah sob tempelkan saja sepeti itu ya mudah ko dengan catatan kupas dulu isolator pada kabel jangan sampe lupa.

2. lilitkan kawat tembaga tersebut ke kabel coil sepanjang 15 - 20 cm jika melihat hal ini mimin  keren jadi tertarik membahas hal ini kenapa lilitan bisa meniakan tegangan .

penasaran mimin semedi 2 hari 1 tahun eeeeh , Just kiding jika terkait elektronika sobat keren bisa melihat blog dari teknikelktronika.com disana memang masternya penjelasanya detail bagaimana mana tegangan  bisa berubah dari rendah ke besar dan dari besar kekecil inti yang mimin keren dapatkan adalah 

Di contohkan  disana jika 1 buah lilitan pada kumparan primer dan 10 lilitan pada kumparan sekunder akan megnhasilkan tegangan 10 X lipatnya . Wadawww bayangkan jika 10 lilitan primer dan 100 lilitan sekunder akan menghasilkan setrum wowww wkwkwkwk.

Baca Juga : Cara Kerja Sistem Pengapian Konvensional (menggunakan platina)

Back to topik guys jadi agar lebih jelas kalian  bisa lihat bagaimana kawat tembaga di lilit dikabel koil seperti gambsr di bawah ini

image:youtube siboen


Nah setelah di lilit jangan lupa di isolasi ya sob agar tidak menyetrum atau bocor, Kalian bisa melihat hasilnya sendiri ada perubahan atau tidak. Oleh karena itu agar kalaib percaya amati dulu sebelum di lilit dan sesudah dililit apakah ada perubahan atau tidak .

Apakah api membesar atau tetap sama di video yang mimin lihat di kang boen ini apiny amemang membesar sich ,  mungkin hasil akan berbeda di setiap motor ya sob tergantung kondisi koil juga jangan jangan koil kalian apinya mau di besarin karena koil sudah mau smaput ... nah kalo ini faxtor x hasil akan keluar sesuai dengan kondisi dari sikoil yup kan.

Berbicara tentang pengapian racing idokeren menjelaskan sedikit ya sob efek dari pengapian yang besar dan tidak di imbangi dengan setingan yang tepat tentunya akan membuat mesin 2x lipat panasnya. jadi idokeren harap kalian paham tujuan dan maksud memperbesar pengapian jika hanya untuk pemakaian sehari hari pengapaian standar saja sudah cukup.

Pengapian besar juga di dukung beberapa komponen seperti CDI dan  Sepul yang sehat ya sob.

 
Nah biar kalian lebih jelas kalian bisa melihat lebih jelas videonya di chanel youtube suhunya langsung si boen chanel . tetapi kalo mau lebih pasti neh ya saran mimin beli koil racing yang baru di jamin kalian pasti akan puas dengan hasil yang di dapat. ya sob penjelasan diatas hanya tips dan trik di dunia otomotif dan banyak lagi yang akan kita bahas di blog ini secara gambalang. Oleh karena itu stay tune on my blog idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini