Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Perawatan Mobil 10 Tahun ke Atas

Idokeren.com – hai sobat, pembahasan kita kali ini sedikit menarik. Apakah ada dari sobat yang masih memakai mobil dengan usia 10 tahun atau lebih?.

Saya rasa sangat sedikit yang dapat mencapai hal ini, karena jika mobil tidak mendapatkan perawatan yang baik, akan sangat sulit untuk mencapai usia 10 tahun keatas. Jadi kali ini kita akan membahas tips perawatan untuk mobil dengan usia 10 tahun ke atas.

Tips Perawatan Mobil 10 Tahun ke Atas

Bagi para sobat yang memiliki mobil, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah merawat mobil tersebut. 

Apalagi, jika kondisi mobil sobat telah berusia 10 tahun atau bahkan lebih. Yang mana, intensitas perawatan yang sobat lakukan tentunya lebih tinggi dari pada sebelumnya.

Hal ini dilakukan karena usia produktif sebuah mobil biasanya akan mulai menurun setelah melampaui 10 tahun atau 20 tahun dimulai dari waktu produksinya. 


Hal ini sudah menjadi hal yang wajar terjadi. Tetapi bukan berarti sobat mengabaikannya begitu saja. Setidaknya, sobat perlu melakukan perawatan guna membuat mobil tetap dalam keadaan prima.

Melakukan perawatan pada mobil yang telah melebihi usi 10 tahun, juga untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan pada mobil tersebut, mengingat usinya yang sudah tua.

Setelah mengetahui pentingnya melakukan perawatan pada mobil dengan usia tua, berikut beberapa tips yang dapat sobat lakukan untuk merawatnya.

Perawatan Mobil di Atas 10 Tahun

Di bawah ini adalah cara - cara konkrit untuk melakukan perawatan pada mobil tua yang telah berusia setidaknya diatas 10 tahun guna menjaganya agar tetap dalam keadaan prima.

Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tidak hanya mobil baru saja, mobil dengan usi 10 tahun keatas juga patut menggunakan suplai bahan bakar yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi moobil tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menjaga dan merawat kualitas, serta performa dari mesin mobil dengan usia tua supaya tetap bersih dan tidak mudah mengalami masalah kebocoran. Hal ini dapat terjadi mengingat unsur – unsur yang terdapat didalam bahan bakar yang berkualitas.

Jenis bahan bakar terbaik yang dapat sobat gunakan yaitu jenis Pertamax ataupun Pertamax Tubo.

Dengan melakukan langkah ini, akan membantu sistem pembakaran yang lebih sempurna sehingga mengakibatkan efisiensi bahan bakar dapat ditekan.

Selain hal tersebut, penggunaan BBM yang selalu penuh juga bermanfaat untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya pengeroposan pada permukaan dinding di dalam ruang bahan bakar mobil.


Menggunakan Oli Berkualitas

Langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan adalah dengan melakukan penggantian oli dengan rutin.

Untuk melakukan penggantian oli, sangat disarankan untuk melakukannya setiap kali menginjak 2.500km. hal ini dilakukan untuk menjaga supaya komponen mesin didalam mobil selalu terlumasi dengan sempurna dan juga untuk menjaga suhunya agar tetap dalam kondisi yang stabil.

Oli yang dapat sobat gunakan harus berkualitas dan juga harus sesuai dengan usia dari mobil sobat. Dimana, oli yang bagus untuk mobil dengan usia 10 tahun keatas memiliki kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W.

Cek Kondisi Sistem Kelistrikannya

Selain melakukan perawatan pada bagian mesin mobil. Mobil dengan usia tua juga perlu mendapatkan perawatan pada bagian sistem kelistrikan dengan intensitaf yang tinggi.

Hal ini pelu dilakukan sebab, pada umumnya sistem kelistrikan pada mobil yang sudah memiliki usia 10 tahun keatas sangat rentan mengalami banyak kendala masalah dan.

Beberapa masalah tersebut adalah aki tekor, kabel putus, dan banyak masalah kelistrikan lainnya.

Oleh sebab itu, sobat perlu untuk selalu memastikan komponen - komponenn yang termasuk dalam satu rangkaian kelistrikan dalam kondisi yang baik dan tanpa masalah.

Mengecek Kondisi Velg dan Ban Mobil

Kemudian, langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan dalam merawat mobil dengan usia 10 tahun yaitu selalu melakukan pengecekan pada kondisi vleg dan roda ban mobil.

Hal pertama yang harus sobat pastikan adalah memastikan bahwa tekanan angin didalam ban ideal. Dan juga, sobat sangat disarankan untuk menggunakan gas nitrogen untuk mengisi angin pada roda ban, hal ini dilakukan karena gas nitrogen memiliki efek positif.

Vleg mobil juga tidak luput dari pengecekan sobat. Terutama supaya vleg tidak sampai mengalami korosi atau karatan.

Jika sobat membiarkan vleg mobil mengalami karatan dan mendiamkannya, maka dappat dipastikan akan mengakibatkan vleg mobil sobat akan mengalami keropos.

Kondisi seperti ini sangat berbahaya jika sampai terjadi, apalagi jika tingkat korosi yang tejadi sangat parah. Jadi, tidak heran bila bagian vleg dan ban mobil merupakan bagian yang patut sobat perhatikan. Khususnya jika mobil sobat telah mencapai usia 10 tahun keatas.

Melakukan Tune Up Rutin

Hal pertama yaitu melakukan tune up dengan rutin. Hal ini dimaksudkan untuk merawat sekaligus menjaga kondisi dari mobil.

kondisi dari mesin mobil dengan usi tua dan masih sering digunakan sangat rentan terhadap segala jenis masalah dan kerusakan.

Dengan melakukan tune up tentu saja akan membuat mobil yang sudah memasuki usi diatas 10 tahun tetap dalam keadaan prima.

Tidak hanya samapai disitu, saat proses tune up biasanya si mekanik akan turut memeriksa komponen penting lainnya pada mobil.

Jika memang ditemukan komponen yang sudah rusak, maka dapat dipastikan akan dilakukan penggantian dengan komponen yang baru. 

Baca Juga : 5 Keuntungan Menarik Menggunakan Situs Jual Beli Mobil Bekas Mobil88

Mengecek Kondisi Air Radiator

Proses perawatan mobil mobil berusia 10 tahun atau lebih juga harus mendapat peawatan pada bagian radiator. Dimana, sobat perlu selalu memastikan bahwa kondisi air radiator selalu dalam keadaan penuh

Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya air yang ada didalam radiator selalu mampu menjaga kondisi suhu di dalam mesin, sehinggat hal ini akan membuat mobil tidak mudah mengalami overheat atau panas berlebih secara tiba – tiba.

Air yang digunakan sebagai air radiator sebaiknya tidak menggunakan air biasa karena kurang optimal. Jadi, sobat perlu menggunakan cairan khusus radiator supaya sistem pendinginannya dapat bekerja jauh lebih maksimal.

Pentingnya peran air radiator dalam menjaga kestabilan suhu dalam mobil supaya selalu dingin, menjadikannya salah satu hal yang harus kita lakukan guna merawat mobil yang sudah memasuki usi 10 tahun keatas.


Melakukan Service Rutin

Hal terakhir yang sangat – sangat wajib sobat lakukan adalah dengan melakukan service rutin.

Service rutin harus dilakukan karena pemeriksaan yang dilakukan secara menyeluruh, yang mana meliputi bagian mesin yang memang menjadi bagian yang sangat penting dan vital mengingat fungsinya yang begitu penting sebagai sumber tenaga mobil.

Sampai disini, saya harapkan semua sobat idokeren sudah mengetahui apa saja langkah – langkah yang perlu kita laakukan dalam merawat mobil dengan usia 10 tahun keatas.

Demikian pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. Sampai jumpa pada pembahasan menarik dan unik lain-nya seputar dunia otomotif di Idokeren..com. – idokeren.com 

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini