Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Aki GTZ6V Dengan GTZ5S Simak Detailnya

idokeren.com - halo sobat semua berbicara tentang aki maka sudah terbayang in iadalah salah satu komponen paling penting dan utama di sebuah motor atau mobil, Bayangkan Di masa ini dimana tidak ada kick stater / engkol kaki untuk menghidupkan mesin dan motor sobat mati duuuuh.

Pembahasan kita kali ini tentang apa saja perbedaan antara aki GTZ6V dan GTZ5S. Banyak mungkin yang belum tau bahkan tidak paham sehingga hanya beli dan langsung saja menggunakan di sepeda motornya padahal banyak loh perbedaannya.

Jika sobat tertarik tentang artikel ini simak yuk penjelasanya di bawah ini.

Aki kering jenis GTZ6V dan GTZ5S sama sama menganut sistem maintenace free (MF), Saya pernah membahasnya tentang cara merawat aki kering agar awet silakan baca.

perbedaaan aki gtz5V dan gtz5s

Sedikit penglaman dengan aki saya lebih suka aki kering yang ketika baru kit abeli air akinya kita yang isi, menurut saya ini lebih awet.

Jujur saja aki jenis ini saya paki 6 bulan ngedrop, tetapi kenapa saya bilang bagus soalny akinya negdrop karena setelah saya perikas air akiny abis dan pas waktu itu saya tidak ada air isi ulang untuk aki hanya ada air aqua dan saya isi lah air itu dan saya cash sekitar 8 jam.


Esok paginya saya pasang kembali di motor sampai sekarang akinya masih kuat dan tahan lama (:<) cukup menggembirkan bukan aki sudah 2 tahun lebih masih kuat , oh ya aki yg sama beli merek gs tapi yang isi airnya pas baru mau kita gunakan akinya.


Lalu Apa Perbedaan Aki GTZ6V Dengan GTZS

1. Perbedaan pertama adalah mengenai harga tentunya harus sobat pahami harga GTZ6V di bandero dengan harga Rp.275.000 (tergantung sikon) dan GTZ5S di banderol Rp.234.00 ( Tergantung sikon)

2. walaupu ini tida kpenting tetapi warna GTZ6V berwarna ungu dan GTZ5S berwarna orange.

3. Perbedaan selanjutnya adlaah amper pada kedua type aki ini berbeda yaitu GTZ6V mempunyai amper ( 5 Amper ) dan GTZ5S mempunyai amper 3,5 amper.

jelas perbedaan ini sangat penting amper adalah besar arus yang mengalir dalam rangkaiyan kelistrikan jadi jika kita salah pasang aki kemungkinan berdampak pada aki itu sendiri yang biasanya menggunakan aki GTZ5S malah menggunakan aki GTZ6V maka kemungkinan akan cepat panas dan ini berbahaya. begitupun sebaliknya.


Oleh karean itu lebih baik menggunakan aki ayang sesuia dengan yang di rekomendasikan pabrikan motor tersebut.

4. Perbedaan fisik aki GTZ6V dan GTZ5S seperti di bawah ini

Inilah Spesifiaksi aki GTZ6V mempunyai Tegangan : 12V 5 amper, panjang X tinggi tinggi : 144 mm x 71 mm x 106 mm

Inilah Spesifiaksi aki GTZ5S mempunyai Tegangan : 12V 3,5 amper, panjang X tinggi tinggi : 144 mm x 71 mm x 106 mm

5. Jika sobat keren mau menganti tetapi merak yang di tuju tidak ada, Sobat bisa menggunakan aki subtitusi. Untuk GTZ6V adalah MTZ6S, YTZ6V, GTZ7S.  Untuk subtitusi GTZ5S adalah YTZ5S, TYZ4V, GTZ4V.

Nah itulah Pembahasan kita kali ini tentang perbedaan aki GTZ6V dan GTZ5S , Saran saja lebih baik mengunakan aki yang memang baru, sebab apa karena untuk komponen yang satu ini sangat vital dan harganya juga cukup menguras kantong jadi sayang kan jika samapi membeli aki yang hanay bertahan 3 - 6 bulan saja. semoga bermanfaat idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini