Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Motor Bunyi Cit Cit Saat Jalan Ini Penyebab Utamanya

Halo sobat keren motor bunyi cit cit saat jalan, jika hal ini terdengar oleh sobat keren semua maka ini artinya motor kalian membutuhkan pengecekan komponen ada beberapa hal yang menyebabkan motor berbunyi atau berdecit di jalan.

Motor Bunyi Cit Cit Saat Jalan Ini Penyebab Utamanya
 

Periksa komponen yang bergerak atau berputar

Yang kita harus lakukan untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pertama yang paling memungkinkan menimbulkan bunyi adalah komponen rem motor, bunyi ini bisa timbul dari suara gesekan cakram yang tidak rata dan juga karena banyaknya debu atau pasir di komponen tersebut.

Jika cakram sudah tidak rata jika memang masih memungkinkan untuk di bubut atau diratakan itu boleh saja tetapi jika sudah terlalu tipis cakramnya kami sarankan untuk mengganti saja karena ini berkaitan dengan Keamanan saat berkendara.

Kampas Rem Tipis

Periksa juga kondisi kampas rem apakah masih standar tebal atau memang sudah minta diganti tipis, jika sudah tipis demi keamanan di jalan lebih baik diganti saja harganya juga tidak terlalu mahal untuk kampas rata-rata rem cakram itu sekitar Rp45.000 sampai Rp80.000.

Kampas rem yang sudah mulai tipis ini juga bisa menjadi penyebab suara berdecit pada sepeda motor karena kampasnya sudah tipis kapas tadi tidak memegang rak pada rumah kampas sehingga hanya terjadi gesekan yang menimbulkan suara berdecit jika kampas kalian sudah habis ada baiknya diganti saja

Jika kedua-duanya masih terlihat baik maka kemungkinannya ada pada kotoran yang menempel ada baiknya dilakukan Servis pada komponen tersebut agar tidak menimbulkan bunyi cit-cit, ini caranya cukup mudah jika memang kalian mempunyai kompresor bertekanan ya tinggal dibuka kemudian disemprot saja sampai bersih dan juga jangan lupa debu-debunya digosok menggunakan sikat penggosok.

Cakram atau Kampas Rem Terkena Air

Cakram atau kampas rem yang terkena air nah ini sering menimbulkan bunyi cit-cit saat jalan karena apa Karena kotorannya atau ampas dari kampas rem itu, apa ya namanya menyatu kemudian menggesek saling bergesekan, sehingga motor akan berbunyi berdecit.

Pada kasus ini sebenarnya tidak perlu khawatir sih kalau misalkan motor kalian berbunyi sehabis dicuci. karena setelah kering motor Kalian juga akan normal kembali ini untuk kasus di mana sepeda motor berdecit saat habis dicuci.

pada kasus yagnlebih parah jika kampas kotor akan menyebakan kemacetan pada tromol belakang. Silakan baca disini Penyebab Rem Tromol Belakang Motor Mengunci Macet ini Solusinya

Periksa swing arm dan mounting shock belakang :

Jika swing arm kalian sudah berumur biasanya ini sudah mulai longgar dari tempatnya karena karat atau entah yang lainnya atau karetnya sudah jelek, jika digoyang-goyang armnya bergoyang itu menandakan Bos armnya minta diganti jadi sobat keren langsung saja diganti karena ini juga menyebabkan. Ketidaknyamanan saat berkendara.

Jika saat Kalian sedang berbelok maka akan terasa Limbung dan motor berasa belok ke kiri tapi bodynya ke kanan. Kemudian cek juga bos shockbreaker belakang karena jika bosnya sudah mulai rusak ini juga harus cepat-ce agar tidak membahayakan jika sedang berboncengan.

Banyak kasus yang sering saya lihat adalah shockbreaker belakang patah ini karena tekanannya terlalu berat sementara dudukannya sudah tidak kokoh atau Kuat atau bergoyang ke kanan ke kiri jadi ini sangat berbahaya.

Karena kedua komponen-kompone sebut ada yang habis ataupun juga sudah termakan usia ada baiknya agar lebih aman segera diganti dengan yang standar atau baru, keluar sedikit uang tidak masalah asal kendaraan sepeda motor yang kita gunakan dapat nyaman juga aman karena untuk aktivitas mobilitas kita sehari-hari.

Pembahasan kita mengenai motor bunyi cit cit saat jalan semoga setelah membaca artikel ini sobat keren bertambah ilmu pengetahuan dan tentunya tahu gejala-gejala yang yang akan terjadi jika kampas rem sudah mulai berdecit. Dan semoga dengan sharing ilmu ini kamu dapat memahami lagi mengenai kendaraan dan terima kasih sampai jumpa di artikel berikutnya


Baca Juga Artikel Terkait :

 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini

Post a Comment for "Motor Bunyi Cit Cit Saat Jalan Ini Penyebab Utamanya "