Widget HTML Atas

Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas Suaranya Bikin Gatel

idokeren.com -  Halo sobat keren jumpa lagi dengan mimin keren kali ini pembahasan kita terkait bunyi tek tek atau tik tik saat mesin panas, Saat kondisi langsam suaranya tidak terdengar tetapi saat motor sudah rada panas suaranya udah seperti orang hajatan pasang sound. Nah kira kira sobat keren mau tau gak penyebabnya dan itu suara apa saja, komponen apa saja yang terlibat didalamnya kita akan membahas konspirasi ini mendetail tanpa di curigaian siapapun.

Banyak faktor yang membuat suara mesin menjadi kasar setelah rada suhu mesin mulai memanas, Yang tadinya hati kita adem langsung berubah 90 derajat. gusar dan tidak nyaman pastinya apalagi dompet udah tanggal tua makin beringas ajah suaranya kalo lama lama kita dengerin.

Penyebab Mesin Bunyi Tek Tek 

Dari pada menduga duga terus meleset lebih baik simak penjabaran mimi keren disini ya sob, komponen mesin bekerja secara berkaitan oleh karena itu tidak ada komponen yang benar benar, maksudnya begini sob jika kita mengganti sparepart mesin maka pasti tidak hanay satu komponen yang kita ganti tapi harus ada part terkait yang juga ikut di ganti.


Bunyi Tek Tek Karena Bagian Klep


 Bunyi Tek Tek Karena Bagian Klep

bagian yang paling di curigaian mungkin adalah klep, klep selalu menjadi tersangka utama karena klep rentan bunyi jika setelan klepnya kendor oleh karena itu tidak ada salahnya memeriksa klep terlebih dahulu

Mungkin saja cuma karena klepnya kendur sehingga benturan antara klep dan rocker arm / pelatuk  jadi ada renggang banyak, Celah renggang ini lah yang menyebabkan bunyi menjadi terasa saat panas, Periksa juga apakah bos pen pelatuk mempunyai speling yang banyak

Juga kadang ujung klep harus di periksa bisa juga sudah coak sehingga walaupun sudah di setel rapat masih tetap renggang solusinya adalah menganti klep jika sudh seperti ini ya sob.

ini menjadi sesuatu yang harus kita waspadai, Teliti lebih baik dari pada kita melakukan kesalahan. 

Oh ya sob periksa juga apakah bearing atau klaher noken masih bagus atau tidak, Ada kasus dimana bearing noken as goyang dan ini membuat noken as tidak bisa berputar stabil dan menimbulkan bunyi.

Tetapi jika bearing noken as bermasalah mesin tidak perlu menunggu sampai suhu panas , Suara kasar pasti akan muncul dari awal mesin di hidupkan, Ini hanya saran untuk berjaga jaga soalnya tidak ada yang tau situasi di lapangan saat sobat bekerja, Hal sekecil apapun saat sobat lalai dan lengah akan menjadi petaka.

Gak mau kan saat mesin motor sudah naik malah harus suruh turun lagi jujur kondisi itu adalah hal yang paling membuat BT saat bongkar mesin sob.

Baca Juga : Mesin Motor Scorpio Berisik Ternyata Ini Penyakitnya

Bunyi Tek Tek Karena Bagian Rantai Kamprat Dan Tensioner

Kalo untuk ulasan ini idokeren udah pernah nulis artikelnya sob silahkan baca di link bawah ini ya lebih legnkap, Rantai keteng yang sudah mulai kendur dapat menyebabkan bunyi yang sama apalagi di rantai keteng atau rantai mesin itu ada namanya tensioner atau penegang rantai motor jika dua komponen in bermasalah suaranya kasar gak ketulungan dari hidup mesin sampai panas

Bagian tensioner rantai sentrik patut di periksa dari kerusakan,  Tetapi jika hanya tensioner saja yang bermasalah ini kadang suaranya hanya muncul saat suhu mesin mulai  panas ajah sob soalnya saat suhu dingin tensioner masih bisa bekerja normal menekan rantai keteng tetapi saaat panas suhu mesin mulai meradang per di dalam tensioner mulai oleng dan memuai lemah dan akhirnya ratntai tidak bisa di buat tegang oleh tensioner timbulah bunyi tek tek.

Nah kadang itulah yang menjadi masalah dilapangan saat betulin motor apa lagi newbie kaya aku mana bisa berpikir yang rusak yang mana ya jadilah ganti dua duanya cari aman dari pada pelanggan balik lagi dan kerjaan menjadi dua kali hadeuuuh ( :V ).

Lebih baik ganti langsung dua dua nya rantai keteng dan tensioner.

Oh iya sob kadang ada mekanik yang suka menambah ujung tensioner dengan mengelas agar lebih panjang, Solusi ini work mungkin bagi motor yang memang di modifikasi atau korekan tapi bagi motor standaran mending gak usah buang waktu

Walaupun mungkin hasilnya dapat di nikmati sementara percayalah rnatai keteng dan gear sprocket akan mengalami kerusakan lebih parah sob jadi dari pada nanti konsumenya datang marh marah lagi mendingan ganti baru dua duanya dari pada main akal akalan udah gak jaman sekarang sob. Kecuali mungkin karena sikon ya so.

Misal pelangganya suurh ngakalin dulu karena lagi gak punya uang ya itu boleh saja dan kita tidak akan kena tanggung jawab jika sewaktu waktu maslah muncul lagi. Tapi jika untuk langganan jangan sob lebih baik pedesin di awal dari pada dia nantinya menghilang dan tidak kembali.

Baca Juga : Supra 125 Bunyi Kasar kletek kletek Penyebabnya Dan Solusinya

Bunyi Tek Tek  Piston dan Pen Piston

Bunyi Tek Tek  Piston dan Pen Piston


Piston  dan pen piston dapat menimbulkan suara tek tek juga ya sob apalagi jika penpiston dan piston mulai mengalami keausan, Suara yagn di hasilkan jika pen piston dan piston mulai koclak vertikal suaranya halus tapi berisik suaranya mengikuti irama mesin tapi tidak di tengah mesin hanya da di cylinder mirip suara setang bunyi tapi bukan setang

Kadang aku bingung ada yang bilang juga ring piston dapat berbunyi, tapi logika mimin keren gak mungkin ring piston berbunyi soalnya kalo bunyi palingtan seperti motor 2 tak grangsang, Kalo sobat pernah tau seperti motor 2 tak kuran goli samping mesin grangsang gak karuan

Tapi kalo di 4 tak, Ring piston bunyi itu kaya apa ya serius nanya ???

Yang ada bukan bunyi kalo piston ma cylinder longgar udah pasti asap putih ngebul gak karu-karuan, Jadi sepertinya jika ada anggapan ring piston bunyi tek tek tek .... mimin akan berguru lagi turun gunung ( :V ).

Bunyi Tek Tek  Stang Seher / Kruk AS

Bunyi Tek Tek  Stang Seher / Kruk AS


Bunyi setang seher ini memnag berbunyi tek tek tek  tapi jika sudah parah bunyinya tok tok tok. Hanya pada awal indikasi saja bahwa bunyi tek tek biasanya masih awal indikasi , Kan biasanya di biarkan tuh sama orang yang punya kendaraan lama lama suara ngellotrok timbul deeh dah kaya mesin diesel bunyi, kalo setang yang kena.

Sebenarnya jika setang seher sepeda motor udah kena maka walaupun cuma indikasi tidak ada cara laian selain mengganti setang seher berikut dengan bearing kruk as satu set agar awet kembali.

Kadang kan orang malas bongkar atau nunggu rusaknya parah dulu biar sekalian di ganti biasanya kan sayang tuh dah turun mesin cuma ganti setang ajah  ( :V ). tapi sob ini tergantung orang ya sob

Sebenarnya itu salah jika kita membiarkan awal indikasi setang seher terkena harusnya cepat cepat di perbaiki agar tidak merembet karena vital jika setang seher sudah bunyi maka, jika bunyinnya sudah parah sekali kemungkinan merembet akan besar sekali.

Merembet ke piston , bearing kruk as, klep jika mentok sich jika tidak mentok tidak apa apa dll yang akhirnya biayanya membengkak gak karuan apalgi jika semua barang original pasti hargany alebih dari 2 juta untuk turun mesin ( red : harga orang umum ) kalo harga mekanik mah harga akal akalan wkwkwkwk.

Yang harus di waspadai kenapa bisa bunyi sebenarnya simpel untuk jeroan mesin motor kesalahanya hanya dua.

Pertama rusak karena sering di bongkar bongkar yang kedua rusak karena jarang ganti oli, lupa ganti oli, gak pernah ganti oli, anak disuruh ganti oli tapi olinya gak di ganti malah uangya di buat jajan dll

Baca Juga : Efek Telat Mengganti Oli Mesin Motor Mesin Rusak Parah

Intinya mah kalo sering ganti oli dan dan daleman mesin gak pernah di prek oprek serta pemakaiayan standar aki aki  mah isnya allah motor pasti aman yang berabe kan yang di sebutin diatas ya sob.

Sepertinya infonya segitu dulu ya sering main ke blog ini ya sob dan jangan pernah lelah mendukug blog ini karena blog ini tak pernah lelah memberikan informasi yang terbaik dan bermanfaat. - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini