Cara Membuang Angin Pada Caliper Rem / Master rem Depan Supra X 125

idokeren.com - Sobar keren artikel kali ini tentang membuang angin pada minyak rem depan atau membuang minyak master rem depan , membuang angin pada caliper depan dilakukan pada saat kita mengganti kampas depan rem depan  sepeda motor, tidak lah semudah yang di bayangkan karena ketika selang minyak rem kemasukan udara maka saat rem depan di tarik tuasnya maka akan seperti Blong.

Sebenarnya itu bukan blong hanya ada udara yang terjebak di dalam selang rem sehingga saat tuas rem di depan di tarik maka minyak yang seharunya mendorong piston rem depan tidak berfungsi dengan baik karena gelembung udara didalam selang sehingga tekanan minyak yang di dorong dari master rem depan tidak berfungsi.

Syarat rem depan dapat bekerja dengan baik adalah jika tidak ada udara yagn terjebak di master rem , selang rem , caliper rem / caliper babi sebutan umunya di bengkel ( :V ), hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan si pengendara.

Penyebab Rem Motor Blong 

Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan rem sepeda motor blong  salah satunya adalah

1. Rem mengalami kebocoran minyak rem 
Kebocoran minyak rem bisa terjadi karena sesuatu hal misal selang rem yang mulai pecah pecah karena insiden yang tanpa anda sadari.

2. Seal master rem yang sudah mulai rusak
Seal master mulai  rusak ini paling sering dialami  banyak orang karena komponen ini jarang rusak jadi kurang di perhatikan, biasanya kerusakan karena usia pakai, seal master rem rusak menurut idokeren sangat wajar karena kerusakan ini terjdai ketika usia pakai seal master rem lebih dari 2 tahun bahkan kadang bisa lebih sampai 5 tahunan 

Oleh karena itu sobat jika kendaraan anda sudah di pakai 2 - 5 tahunan  tidak ada salahnya jika memeriksa komponen yang namanya seal master rem ini. 

Komponen ini berada di master rem berbentuk piston yang akan di dorong oleh tuas rem tanda nya rusak adalah jika tuas rem di tekan akan blong, atau jika anada melihat ada kebocoran rem dari dekat tuas rem depan maka itu saatnya and mengganti seal master rem depan.

Harga komponen ini unutk yang original sekitar  60 - 120 ribu tergantung merek dan type motor ya sobat mahal ya memang mahal sobat keren harag atidak pernah bohong untuk sebuah kualitas sob. jika yang KW harganya gak sampai 4o ribu ko sob tetapi berdasarkan pengalama gak sampai 3 bulan sudah bermasalah lagi .

jadi semua tergantung soabt mau pake yang KW atau yang Original ssesuiakan dompet masing masing di bwah ini gambar selamsater rem depan ya sobat keren.

seal master rem depan honda bebek


3. Minyak rem yang berkurang
Nah kalo ini minyakrem berkurang bukan  karena bocor ya sobat keren tetapi karena kampas rem depan sudah habies yang menyebabkan minyak rem turun kebawah, sehingga pas di pompa oleh seal master rem minyak nya  kosong tidak ada di minyak cadangan di master rem.

Cara memeriksanya gampang sobat keren di master rem ada namanya tanki cadangan minyak rem depan  bisa di tengok jika kosong maka ada dua solusi .

Mengganti kampas rem karenan memang kamaps habis yang menyebabkan minyak turun atau menambah minyak dengan catatan kampas rem belum habis samapai kebesinya. 

membuang angin pada minyak rem / master rem depan


4. Ada udara terjebak di dalam selang minyak rem 
Udara terjebak biasanya karena faktor human eror atau mekaniknya masih kurang jam terbangya ( :V ) mekanik pemula setiap kali menguras minyak rem depan atau mengganti kampas rem depan kerap akan mengalami kesulitan untuk menyelesaiakan pekerjaan ini. 

Karena pas mengganti mereka biasanya langsung membuka dan membuang minyak rem ini adalah kesalahan fatal yang dilakukan belum pengalaman kali ya sobat keren.

Padahal pekerjaan ini gak sampai 5 menit sudah beres jika tidak terjadi kesalahan di bawah ini akan di jelaskan cara yang benar mengganti minyak rem / menguras minyak rem depan dengan benar.

Cara mengganti atau menguras minyak rem depan motor dengan benar

Tidak adanya tekanan yang mendorong piston yang  berada di dalam caliper rem depan ini terjadi ketika kita akan mengganti kampas depan atau mengganti minyak rem yang sudah lama tidak diganti.


ketika kita mengganti minyak rem kita harus membuka dua buah baut di master rem, di bagian atas agar dapat membuka penutup master rem dimana master rem selain sebagai pendorong minyak sekaligus tempat penampung minyak rem cadangan.

baut master rem yang  harus di buka



Setelah di buka jika kita ingin mengganti minyak rem maka kita harus mengeluarkan cairan minyak rem di caliper / rumah babi (ixix bahasa umum) disana ada baut 8 berbentuk seperti tonjolan, tidak usah dilepas semua hanya perlu di kendurkan bautnya agar bautnya dapat mengeluarkan cairan minyak rem.

baut caliper yang di kendurkan untuk menguras minyak rem


Hal penting di bawah ini harus di ingat selalu ya 

Sambil di keluarkan isi minyak rem baru pada master rem / tempat penampung minyak jangan sampai minyak telah keluar tetapi tempat penampung minyak rem kososng inilah sumber masalah dimana udara masuk kedalam selang minyak rem akan sulit dan butuh waktu jika hal itu terjadi.

Karena kita harus membuang udaranya dulu dengan cara memompa terus menerus rem depan agar minyak dapat mendorong udara keluar dari caliper di bawah ini lumayan memakan waktu lama jadi seandainya hal itu terjadi ada sedikit trik yaitu dengan.

Mengisi sampai full tanki penampung minyak rem sampai penuh jepit selang minyak rem dengan Tang agar saat handle rem di tarik ada terasa tekanan rada berat oh ya sebelumnya kencangkan dulu baut yang ada di caliper tempat membuang minyak rem tadi.

memang membutuhkan waktu yang tidak dapat di perkirakan tetapi jika rutin pasti minyak akan dapat terdorong keluar atau udara bisa keluar lewat atas dengan adanya gelembung kecil2x keluar di master rem bisa dilihat di atas tempat penampungan minyak rem 

Saat memompa usahakan jangan terlalu cepat tetapi perlahan dan dalam agar minyak dapat terdorong secara sempurna jika terlalu cepat akan membuang energi karena percuma apa lagi bulan puasa ini waaah bisa abies es buah banyak saat buka.

ok kita anggap udara telah keluar setelah anda keringatan ya hee

Langkah Berhasil membuang minyak rem dengan benar
Jika anda belum sampai membuang seluruh minyak rem malah mengikuti langkah yang benar dimana anda sambil menguras minyak rem sambil terus mengisi tanki cadangan minyak rem maka menguras atau mengganti kampas rem akan sangat cepat,  tidak memerlukan waktu lama.

Tutup kembali tutup master rem setelah di isi sampai batas yang bisa terlihat biasanya setalah itu jangan lupa kencangkan baut pembuangan minyak rem pada caliper.

ok kawan sobat keren  itulah cara membuang angin / udara yang terjepit pada selang minyak rem atau masterrem depan. semoga artikel diatas bermanfaat nantikan artikel lainya di idokeren.com  terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel