Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Itu Standing Wave Dan Hydroplaning ( Aquaplaning ) Pada Ban ?

Ban memiliki fungsi sebagai salah satu komponen pada kendaraan yang menjamin kenyamanan bagi para penumpang didalam mobil. Menservice dan merawat ban dengan benar merupakan kunci utama untuk mendapat kenyamanan yang maksimal. Selain itu, para pengemudi juga harus teliti mengenali ban kendaraannya apakah masih layak atau jangan - jangan sudah rusak ( tidak layak pakai). Dimanan ban menyerupai ini akan menjadikan bahaya kecelakan dikala kenderaan dipaksakan menggunakan ban tersebut pada kecepatan tinggi. Diantarany resiko yang berakibat fatal yang diakibatkan oleh ban yang tidak dirawat dengan baik yaitu : 

1. Standing Wave


 Ban memiliki fungsi sebagai salah satu komponen pada kendaraan yang menjamin kenyamanan  Apa Itu Standing Wave Dan Hydroplaning ( Aquaplaning ) Pada Ban ?
Standing wave


Ketika kendaraan bergerak, ban terus menerus melentur sebab adanya pecahan gres yang menyentuh permukaan jalan. Selanjutnya, ketika pecahan ini meninggalkan permukaan jalan, tekanan udara di dalam ban dan elastisitas dari ban mencoba untuk mengembalikan tapak dan carcass ke posisi awalnya.  Pada pengendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, ban berotasi sangat cepat untuk memungkinkan cukupnya waktu untuk hal ini.

Proses ini, secara terus menerus berulang pada interval rendah, meningkatkan goyangan dalam tapak. Goyangan ini, yang disebut  standing waves, yang terus menerus menyebar di sekeliling ban.  Mayoritas energi tersimpan dalam standing waves berkembang menjadi panas, karena terjadi kenaikan temperatur yang tajam.  Dalam situasi tertentu, panas yang terbentuk ini sanggup merusak ban dalam hitungan menit dengan cara menceraikan  tapak dan carcass (blowout). Akibatnya ban akan pecah seketika dalam kecepatan tinggi. 



2. Hydroplaning ( Aquaplaning ) / ban melayang diatas air


 Ban memiliki fungsi sebagai salah satu komponen pada kendaraan yang menjamin kenyamanan  Apa Itu Standing Wave Dan Hydroplaning ( Aquaplaning ) Pada Ban ?
Hydroplaning

Kendaraan tergelincir pada jalan yang tergenang air jikalau kecepatan kendaraan terlalu tinggi untuk memungkinkan tapak sanggup memindahkan air dari permukaan jalan sehingga ban sanggup mencengkeram dengan erat.  Alasannya adalah, ketika kecepatan kendaraan meningkat, resistensi terhadap air juga meningkat, memaksa ban untuk "mengambang" di atas permukaan air.

PERHATIAN:
a. Jangan menggunakan ban yang telah aus tapaknya. Ketika ban aus, tapak mencapai titik dimana alur tapak tidak sanggup dengan cepat mengeringkan air di antara ban dan jalan untuk mencegah hydroplaning.

b. Menaikkan tekanan pemompaan. Tekanan pemompaan ban yang lebih tinggi akan melawan tekanan air yang berusaha menekan dirinya sendiri dari bawah tapak,  dan dengan begitu memperlambat serangan hydroplaning.


sumber bacaan : Toyota Team 21