Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?

 Mesin yakni jantung pacu yang ada pada setiap kendaraan bermotor Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?
Overhoul Mesin Mobil ( sumber : Speedlab )

Mesin yakni jantung pacu yang ada pada setiap kendaraan bermotor. Oleh alasannya yakni itu, mesin harus dalam kondisi prima jikalau ingin kendaraanmu tampil prima dan beringas dijalanan. Perawatan bersiklus yakni modal utama semoga mesin dalam kondisi baik dan bertenaga.

Namun, jikalau kita abai dalam hal ini maka siap-siaplah kita akan mengeluarkan dana banyak alasannya yakni terjadi kerusakan yang fatal pada mesin kendaraan kita. Hal yang paling ditakutkan bagi pemilik kendaraan yakni kerusakan mesin yang berakibat harus di OVER HOUl nya mesin tersebut. Apa itu Over Houl dan apa dampaknya bagi kendaraan ?

OVER HOUL yakni istilah yang dipakai oleh para bengkel ataupun mekanik untuk proses pembongkaran mesin secara menyeluruh (dipreteli hingga habis) untuk mengecek komponen-komponen vital mesin dan membersihkannya dari kerak-kerak oli yang melekat ataupun menyumbat akses oli. Pemeriksaan ini dilakukan dengan sangat hati-hati semoga tidak merusak komponen tersebut dan juga memakai alat pengukuran yang presisi.

Yang menyedihkan lagi kalau harus melaksanakan OVER SIZE pada lubang silinder. Dimana pada kasus ini ukuran piston dengan lubang silinder sudah tidak lagi presisi. Maka solusinya lubang silinder harus dibesarkan dan membeli piston gres dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran standar.


 Mesin yakni jantung pacu yang ada pada setiap kendaraan bermotor Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?
Over Size Silinder Mesin Mobil

Maka tak heran kalau proses penegerjaan OVERHOUL membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu. Tentunya hal ini akan berakibat jelek bagi sang pemilik kendaraan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengeluarkan biaya yang banyak untuk ongkos pembongkaran dan pembelian komponen mesin yang rusak. Estimasi biaya  paling murah kisaran belasan juta.

2. Aktifitas yang terganggu alasannya yakni kendaraan beroda empat harus menginap dibengkel minimum 1 ahad lamanya. Seandainya ada sparpart yang harus indent maka waktu perbaikan dapat lebih usang lagi.

3. Nilai jual kembali akan semakin rendah alasannya yakni nilai ke originaliras mesin yang sudah pernah dibongkar.

So, semoga kendaraanmu tidak di OVER HOUL maka rajinlah melaksanakan perawatan bersiklus dan sering-seringlah melaksanakan pengecekan ringan pada mesin sebelum melaksanakan perjalanan.

Post a Comment for "Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?"