Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Klasifikasi ( Jenis - Jenis ) Motor Bakar

Keseterdiaan energi yang ada didunia merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak membantu insan untuk membantu setiap aktifitasnya, baik itu untuk menunjang keperluan pribadi, perusahaan, orang banyak dan lain-lain. Energi yang ada dimanfaatkan sebagai sumber utama untuk menciptakan hidup insan lebih  nyaman, cepat dan tentuya menjamin keamanan dalam pemakiannya.

Tekhusus dibidang otomotif, energi yang tersedia didalam belum sepenuhnya sanggup dimanaatkan untuk menggerakkan sebuah kendaraan. Contoh energi alam yang belum sanggup dimanfaatkan untuk menggerakkan kendaraan yaitu angin, udara murni dan gas alam. Apakah ada energy alam yang sanggup menggerakkan kendaraan ? jawabannya ada, yaitu energy matahari dengan memanfaatknnya menjadi tengangan listrik melalui mediator panel-panel solar cell. 

Atas dasar tersebutlah, kendaraan - kendaraan membutuhkan sistem pelopor yang disebut sebagai mesin. Mesin yang digunakan pada setiap kendaraan merupakan mesin-mesin yang dirancang untuk sanggup memanfaatkan sumber daya alam menjadi gerak putar. Maka dibuatlah sebuah sketsa ( sitem ) pada mesin tersebut semoga sanggup berputar dengan derma materi bakar yang disebut motor bakar.

Motor bakar ialah motor ( mesin ) yang prosedur kerjanya berasal dari pembakaran yang terjadi diruang bakar untuk selanjutnya dirubah menjadi gerak putar. Gerak putar inilah yang menjadi cikal bakal untuk menggerakkan roda pada kendaraan. 

Adapun pembagian terstruktur mengenai ( jenis - jenis ) motor bakar yaitu menyerupai pada gambar dibawah ini :
Keseterdiaan energi yang ada didunia merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak mem Klasifikasi ( Jenis - Jenis ) Motor Bakar
Klasifikasi Motor Bakar
A. Motor Pembakaran Luar ( External Combution Enggine )
Motor pembakaran luar ialah motor yang melaksanakan langkah kerja membutuhkan derma dari jenis mesin yang lain. 

1. Mesin nuklir ( Reaktor )

Reaktor nuklir memproduksi dan mengendalikan pelepasan energi dari pemecah­an atom beberapa unsur menyerupai uranium dan plutonium. Dalam reaktor Pembang­kit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), energi dilepaskan dari reaksi fisi (pemecahan) ber­antai atom materi bakar dan panas yang dihasilkan digunakan untuk memproduksi uap.  Kaprikornus Fungsi reaktor nuklir ialah untuk menghasilkan uap yang sanggup memutarkan turbin pembangkit tenaga listrik. 

2. Mesin Uap

Mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft; sedangkan turbine uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis yang pribadi merupakan gerakan putaran dari as turbin. Adapun proses pembakaran materi bakar dilakukan diluar mesin uap dan turbin uap, yaitu didalam ketel uap (boiler). Didalam ketel uap (boiler) tenaga termis hasil pembakaran materi bakar digunakan untuk memanaskan air sehingga berkembang menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi, untuk selanjutnya uap dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan ke-mesin uap atau turbin uap untuk diubah menjadi tenaga mekanis.

3. Mesin Turbin Uap


Turbin uap ialah suatu pelopor mula yang mengubah energi potensial menjadi energi kinetik dan energi kinetik ini selanjutnya diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin pribadi atau dengan derma elemen lain, dihubungkan dengan prosedur yang digerakkan. Tergantung dari jenis prosedur yang digerakkan turbin uap sanggup digunakan pada banyak sekali bidang industri. 


B. Motor Pembakaran Dalam 
Motor pembakaran dalam ialah motor yang memang melaksanakan langkah kerja terjadi pada motor tesebut. Jenis motor inilah yang banyak digunakan pada jenis kendaraan, alasannya ialah bentuknya yang kecil serta tidak menjadikan bunyi yang besar yang mengganggu kenyaman.

1. Mesin Bensin

Motor ini dalam melaksanakan langkah kerja memerlukan proses 4 kali langkah yaitu langkah hisap, langkah kompres, langkah kerja dan langkah buang. Motor bensin hingga dikala ini masih menjadi sumber tenaga pada hampir semua jenis kendaraan - kendaraan sedan. 

2. Mesin  Diesel

Proses langkah kerja motor diesel sama menyerupai pada motor bensin, namun materi bakar yang digunakan yaitu solar. Selain  itu, pada motor diesel tidak membutuhkan pengapian sebagai pemantik untuk mengkremasi materi bakar, jadi tidak memakai busi. Ini alasannya ialah sifat materi bakar solar yang sanggup mengkremasi sendiri ( self ignition ).

3. Mesin gas turbin

Gas Turbin  ialah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari arus gas pembakaran. Dia mempunyai kompresor naik ke-atas dipasangkan dengan turbin turun ke-bawah, dan sebuah bilik pembakaran di-tengahnya. Energi ditambahkan di arus gas di pembakar, di mana udara dicampur dengan materi bakar dan dinyalakan. Pembakaran meningkatkan suhu, kecepatan dan volume dari fatwa gas. Kemudian diarahkan melalui sebuah penyebar (nozzle) melalui baling-baling turbin, memutar turbin dan mentenagai kompresor.


4. Mesin Roket 

Roket intinya ialah mesin untuk alat transportasi menyerupai mesin jet, diesel, dan lain-lain. Tapi, berbeda dengan mesin transportasi lain, roket bersifat 'anaerob'. Untuk melaksanakan pembakaran materi bakar ia membawa oksigen sendiri, sehingga simpel tak membutuhkan oksigen dari luar. Karenanya, roket sanggup digunakan sebagai mesin transportasi ke ruang angkasa yang tak beroksigen.

Post a Comment for "Klasifikasi ( Jenis - Jenis ) Motor Bakar"