Widget HTML Atas

Kendaraan Pedesaan Bukan Untuk Di Jalan Raya

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang digadang untuk membantu kegiatan perekonomian di pedesaan. Tetapi Kementerian Perhubungan meminta semoga AMMDes tidak dipakai di jalan raya, soalnya kendaraan tersebut lebih difokuskan kepada pengguna fungsi alat pertanian.

Kendaraan Pedesaan Bukan Untuk Di Jalan Raya


Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi ketika ditemui di kantor Go-Jek, Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kalau pun mungkin itu akan dipakai sebagai multi purpose untuk kepentingan petani, pada ketika kami rapat dengan Korlantas dan Kementerian Perindustrian boleh saja dengan catatan tidak di jalan raya, jadi hanya mungkin dari rumah ke lokasi pertanian," kata Budi.

"Jadi lebih difokuskan ke alatnya bukan transportasi, misal untuk mesin sedot air, penggiling padi, dan sebagainya, itu kan semua diboncengi dengan mesin kan," tutur Budi.

Menyoal kalau AMMDes diperuntukkan untuk kendaraan transportasi, Budi menyampaikan harus mengikuti hukum uji tipe yang dimiliki Kemenhub. Dalam artian tidak lagi mempunyai regulasi yang khusus.

"Sepanjang uji tipenya sanggup memenuhi standar yang kami buat, tidak perlu regulasi khusus," kata Budi. 

Lebih lanjut, kata Budi, AMMDes sendiri ada beberapa model yang harus diperbaiki namun hingga kini belum kembali ke Kementerian Perhubungan.

"Ammdes itu alat multifungsi yang kemarin juga dipamerkan di GIIAS, kiprah kita hanya menjalankan uji tipe, nah dalam uji tipe itu ada beberapa yang memang sudah kita lakukan dan memang harus diimprove kembali diperbaiki, tapi kini belum kembali," ungkap Budi.

AMMDes didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit perjuangan PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes mempunyai 2 fungsi, ialah sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes mempunyai tiga tipe ialah tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang mempunyai akomodasi PTO yang terintegrasi sanggup diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan mengembangkan peralatan lainnya.

AMMDes mempunyai tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang mencakup vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor gila untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes.

No comments for "Kendaraan Pedesaan Bukan Untuk Di Jalan Raya"