Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisa Beli Rush Pakai Uang Receh, Petani Tirta Nabung 7 Tahun

Membeli kendaraan beroda empat dan motor dengan uang receh seolah menjadi fenomena gres di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, tercatat beberapa kali masyarakat membeli kendaraan impiannya dari hasil menabung uang receh. Baru-baru ini ada petani asal Majalengka berjulukan Tirta yang gres saja membeli Toyota Rush dengan uang logam recehan. Butuh waktu sampai tujuh tahun bagi Tirta mengumpulkan pundi-pundi receh di kotak plastik sampai hasilnya sanggup terkumpul dan membeli Rush.

Bisa Beli Rush Pakai Uang Receh, Petani Tirta Nabung 7 Tahun


"Awalnya aku kumpulin uang logam pecahan Rp 100 sampai Rp 1.000 di boks itu. Terus aku tukar uang kertas penggalan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan receh, aku kumpulin di situ," kata Tirta ketika ditemui detikcom di kawasan kerjanya di Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, 

Uang receh yang Tirta kumpulkan rencananya dipakai untuk tradisi saweran ketika pemberangkatan haji. Di tengah perjalannya, Tirta kepincut dengan Toyota Rush. Terlebih lagi, acara Tirta ketika ini kerap bolak-balik Jakarta.

Tirta dikenal sebagai sosok yang rajin menabung dan gigih. Sejak muda Tirta mempunyai prinsip, menabung dan ulet. Sebelum memulai bertani, ketika dewasa Tirta sempat bekerja di pabrik sweter yang berada di Bandung pada tahun 1989.


Setelah bekerja sebagai buruh, sekitar tahun 1990 Tirta menentukan bertani. Tirta juga membeli sebuah traktor seharga Rp 3 juta pada tahun 1994. Traktor tersebut dipakai Tirta untuk mencari penghasilan, selain daripad bertani.

"Dulu itu jaya-jaya menerima garapan untuk membajak sawah orang. Karena dulu yang punyat traktor masih sedikit. Saya sanggup menggarap 15 hektare lebih jelang animo tanam," tuturnya.