Cara Mengobati Kutu Air di Telapak Kaki Dan Di Ruas-Ruas Jari, Ini Cara Mudah Mengatasinya

idokeren.com - Meski bukan penyakit yang membahayakan , kutu air di telapak kaki atau di selah-selah jari tetap sangat membuat tidak nyaman apalagi jika kondisinya sudah parah kita akan merasakan sakit karena seperti ada kuman yang memakan daging kita perlahan lahan dan lama kelamaan kulit kita seperti  Menua yang hancur sebelah karena di makan kutu air oleh karena itu kita harus mengobatinya.

Kutu air parah biasanya jika seseorang terinfeksi penyakit kutu air kita tidak akan nyaman menggunakan alas kaki karena akan terasa nyeri, dan juga kadang ada dampak lain seperti kaki yang tidak sehat akan cepat bau. membuat orang sekitar anda merasa tidak nyaman karena bau kaki

anda apakah anda pernah merasakan itu ?

Apakah Kutu Air itu  ?

gambar  kutu air

Gambar sebagai penghias

Tіnеа pedis аtаu уаng lebih dіkеnаl dеngаn istilah kutu air аdаlаh іnfеkѕі jamur mеnulаr уаng mеmреngаruhі kulіt pada kаkі, dаn dараt menyebar kе kuku kaki dаn kadang-kadang tаngаn. Infеkѕі іnі umumnуа dіkеnаl sebagai kаkі atlet karena umumnya tеrjаdі раdа аtlеt karena beraktifitas dan sering mengeluarkan keringat. Kutu аіr bіаѕаnуа tumbuh ѕubur dі kondisi hangat, lеmbар, seperti sepatu, kаuѕ kaki, kоlаm rеnаng, kаmаr gаntі, dаn lаntаі kamar mandi umum. 

Penyebab Kutu Air

Kutu air dapat di sebabkan oleh kondisi yang pada kaki kita atau tertular dari orang lain tertular karena orang yang sudah terinfeksi tidak menggunakan alas kaki dan anda pun dalam satu aktifitas dalam lantai yang sama, kaki yang lembab dapat menjadi penyebab terkena akutu air bahkan ini sangat lebih berpotensi terkena kutu air, kaos kaki yang lembab dan selalu basah dapat menjadi pemicunya ini di karenakan kaki kita yang selalu berkeringat.

oleh karena itu agar infeksi tidak memburuk dan menyebar ke bagian tubuh lain, atau bahkan menulari orang lain. Anda dapat mengatasi kutu air dengan obat anti jamur atau perawatan sederhana di rumah. Kutu air merupakan ruam pada kulit di antara jari kaki / selah kaki atau telapak kaki yang disebabkan oleh jamur.

Saat Anda terkena kutu air di telapak kaki atau di ruas jari, maka area kulit yang terkena akan terlihat memutih, kering, kemerahan, bersisik, lembap, pcah-pecah, gatal, sakit dan melepuh dan itu membuat penampilan kaki anda sangat menyeramkan.

Cara Mengatasi Kutu Air

Untuk mengobati kutu air, anda dapat pergi dan berkonsultasi pada dokter yang sesuai dengan spesialis kulit karena mereka memang sudah di bidangya dalam mengobati penyakit kulit, demi mendapatkan pengobatan yang tepat. Kutu air di telapak kaki dapat diobati dengan obat-obatan antijamur, misalnya yang mengandung clotrimazole atau miconazole, selama 1 - 6 minggu menurut para dokter (ref :https://www.alodokter.com).

Mengobati kutu air Dengan Menyesuaikan aktifitas 

Gaya hidup dapat menjadi pengobatan yang ampuh bahkan efektif dengan menerapkan beberapa perubahan kita dapat menyembuhkan pengobatan ini.

1. Sering mengganti kaos kaki anda 2X sehari.
2. Menggunakan alas kaki yang nyaman dan udara bersikulasi dengan baik.
3. Diruangan kerja dapat menggunakaan kaos kaki tanpa sepatu.
4. pergunakan bedak anti jamur pada kaki anda saaat beraktifitas.
5. Jemur sepatu setiap kali tidak di gunakan.
6. Menggunakan alas aki sendal saat di kolam renang atau pemandian umum

Mengobati Kutu Air Dengan Bahan Alami

Namun, selain dengan obat-obatan medis, ada bahan-bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi kutu air di telapak kaki atau jari kaki. dibawah ini beberapa rangkuman yang mungkin dapat menjadi referensi melakukan pengobatan dengan bahan alami untuk mengatasi infeksi kutu air. Berikut beberapa di antaranya:

•Larutan cuka

Cuka selain untuk masakan larutan ini juga dapat untuk pengobatan. Asam asetat yang terkandung dalam cuka dipercaya memiliki sifat antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki atau di ruas jari. Untuk mendapatkan manfaat cuka ini, Anda dapat mencampur satu buah cangkir cuka dengan dua buah gelas air. kemudian, rendam kaki Anda ke dalam larutan cuka tersebut setelah sebelumya kaki and aharus di bersihkan terlebih dahulu.

•Bawang putih

Bawang putih dipercaya mengandung antiseptik alami hal ini dapat membantu mengobati kutu air di telapak kaki dan di ruas jari.
Penelitian menunjukkan, kandungan ajoene dalam bawang putih dirasa mampu mengobati kutu air.

  •Garam laut

Larutkan satu cangkir garam laut ke ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki Anda dengan larutan air garam tersebut selama dua puluh menit (20 menit), lalu keringkan. Garam laut pada dasarnya memiliki sifat antibakteri kuat dan antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.

  •Teh

Pada teh hijau terdapat Kandungan polifenol bersifat antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki. Caranya dengan merendam kaki ke dalam seduhan teh hijau Anda mungkin mengalami pengelupasan dan kemerahan pada kulit, namun ini merupakan tanda kandungan polifenol tengah bekerja.Anda perlu melakukan perawatan ini setiap hari selama 3 bulan untuk mendapatkan khasiatnya.

Meski cara pengobatan alami tersebut dapat Anda coba, bukan berarti bahan-bahan tersebut dapat menggantikan pengobatan medis yang diberikan oleh dokter. Diperlukan penelitian lebih dalam lagi untuk membuktikan efektivitas bahan-bahan alami tersebut dalam mengatasi penyakit kutu air.

Selama menjalani pengobatan kutu air di telapak kaki, jaga selalu kebersihan kaki Anda dan pastikan kaki selalu dalam keadaan kering. Jika memungkinkan, hindari penggunaan sepatu untuk sementara waktu atau gunakan sepatu yang berbeda setiap hari. hal ini bertujuan agar penyakit kutu air bisa segera sembuh dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel