Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Perbedaan Konsumsi Materi Bakar Daihatsu Xenia 1.3 Dan 1.5

Berbeda kapasitas mesin, Xenia 1.300 cc dan 1.500 cc mempunyai masing-masing kelebihan dan kekurangan. Oleh lantaran itu, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan kedua varian Xenia tersebut khususnya dari segi konsumsi materi bakar biar penggunaannya efektif.

Ini Perbedaan Konsumsi Materi Bakar Daihatsu Xenia 1.3 Dan 1.5


Pertama mari berbicara perihal varian tertinggi Xenia yaitu 1.5 R Deluxe. Menggunakan mesin 2NR-VE dengan kapasitas 1.496 cc, kendaraan beroda empat mempunyai tenaga 104 dk dan torsi 136 Nm. Kombinasi tersebut menciptakan Xenia mesin besar ini asik dibawa pada kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk mesin berkapastias 1.329 (1.300 cc)-nya, mempunyai tenaga 97 dk serta torsi maksimal 120 Nm. Mesin ini cocok dipakai bagi pengguna yang kerap membawa Xenia sebagai kendaraan harian.

Untuk konsumsi materi bakarnya sendiri bergotong-royong tidak begitu berbeda. Namun bila pengguna ingin menempuh jarak yang jauh, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menyatakan lebih baik gunakan Xenia bermesin 1.500 cc.

"Konsumsi materi bakar itu tergantung kondisinya. Kalau di dalam kota 1.3 lebih efisien. Sedangkan untuk perjalanan luar kota, 1.5 lebih efisien. Sebab ketika berpergian ke luar kota, jarang ada kendaraan beroda empat yang pelan. Nah ketika butuh power yang besar itu, pilihannya yaitu Xenia 
1.5," katanya beberapa waktu lalu.

Bila diperkirakan, pada long driving (perjalanan ke luar kota) konsumsi materi bakar Xenia 1.5 yaitu sekitar 15 km/liter hingga 16 km/liter. "Sedangkan city driving, Xenia 1.500 cc sekitar 10 km/liter hingga 11 km/liter konsumsi BBM-nya. Kalau varian 1.3 beda 1 angka," kata Bambang.

Dengan artian, pada perjalanan jauh konsumsi materi bakar Xenia 1.3 berkisar diangka 9 km/liter hingga 10 km/liter. Sedangkan pada city driving konsumsinya 16 km/liter hingga 17 km/liter. Angka tersebut dapat berubah sesuai dengan gaya berkendara pengemudinya masing-masing.

Jadi dapat dibilang, bila ingin dipakai dalam perkotaan maka Xenia 1.3 lebih efisien digunakan. Sedangkan jikalau ingin dibawa berpergian jauh menyerupai pulang kampung lebaran, Otolovers dapat gunakan Xenia 1.5 untuk menghemat biaya BBM.