Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pentingnya Cek Komponen Kendaraan Beroda Empat Ini, Sebelum Tempuh Perjalanan Jauh

Kendaraan roda empat atau kendaraan beroda empat masih dipilih masyarakat untuk menempuh perjalanan jauh. Namun baiknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik kendaraan beroda empat dirasa perlu mengecek komponen penting pada penggalan mobil.


Pentingnya Cek Komponen Kendaraan Beroda Empat Ini, Sebelum Tempuh Perjalanan Jauh


Hendra Susanto, pemilik bengkel Korea Timorer Motor di Ciputat, Tangerang menyampaikan setidaknya ada empat hal yang patut dijadikan perhatian. " Untuk menempuh perjalanan jauh kita periksa kondisi oli mesin, rem, kopling, kondisi ban dan lampu-lampu," wanti Hendra Susanto.

"Oli mesin usahakan ganti per 5.000 kilometer, dan oli filter untuk 10 ribu kilometer," sambung laki-laki lulusan teknik mesin ini. Hendra mengingatkan juga untuk jangan lupa untuk mengecek kelistrikan pada kendaraan beroda empat menyerupai lampu depan, belakang, rem dan lampu kabin. Cek juga kondisi voltase aki mobil.

Tak kalah penting ialah mengecek kondisi ban. ban yang kurang angin dapat merusak ban dan pelek mobil, hal itu terjadi sebab tekanan angin yang kurang muatan yang berlebih.

"Kalau ban pada kendaraan beroda empat yang seri tinggi, mereka sudah ada monitoring system, jadi jikalau ban itu kurang angin lampu indikator akan menyala," "Normalnya itu 2.3 hingga 2.5 bar,"

Lebih lanjut, salah satu hal penting yang dihentikan dilewatkan ialah mengecek kondisi kopling mobil. Apabila mengalami masalah, Hendra menjelaskan sesungguhnya dapat terasa ketika pengemudi berkendara.

"Kopling sudah tidak terasa yummy itu pertama angkatan pedal koplingnya tinggi, respons kendaraan beroda empat tidak pribadi jalan meski sudah diangkat tinggi, kemungkinan plat kopling mulai tipis," ungkap Hendra.

"Kemudian pada ketika diangkat pedal kopling kendaraan beroda empat tidak bergetar, dan itu biasanya matahari sudah mulai kena," sambungnya.