6 Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan Dan Cara Mengatasinya

idokeren.com - Sobat keren jika anda pernah mengalami namanya mogok mogok bisa terjadi pada siapa aja dimana saja dan kapan saja Dan ini juga dapat dialami pada sepeda motor dengan teknologi injeksi jika anda pernah mengalami saat akan menghidupkan sepeda motor ternyata sepeda motor Anda tidak dapat hidup tentunya hal ini ini akan sangat merepotkan untuk teknologi injeksi Apakah dapat juga mengalami yang namanya mogok hal ini akan kita bahas dibawah ini.

6 Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan Dan Cara Mengatasinya


Jika kita membandingkan teknologi injeksi dengan teknologi karburator, tentunya ini sangat jauh berbeda karena teknologi injeksi mengalirkan bahan bakar ke injektor dengan menggunakan sebuah pompa yang ada di dalam tangki bahan bakar bahan bakar.

Pompa tersebut berfungsi  mengalirkan bahan bakar dari tanki ke Nozzle di sertai tekanan. jika di dalam selang bahan bakar dari tangki menuju ke Throtle Body, Didalam selang  ini tidak boleh ada namanya celah udara jika ada celah udara terjebak di dalam selang maka tekanan akan hilang teknologi ini mirip dengan teknologi pada mesin diesel.

Sistem injeksi ini diatur oleh sebuah perangkat yang bernama electronic control unit ( ECU ) yang mengatur durasi dan timing pembukaan injektor sehingga berapapun bahan bakar yang diperlukan pada kendaraan anda pada saat kondisi apapun dapat terpenuhi hal ini Tentunya jauh berbeda dengan sistem karburator dimana pada karburator banyak terdapat ketidakstabilan dalam pencampuran bahan bakar dan juga kurang efisien.

Hal Hal Yang Menyebabkan Motor Injeksi Sulit Di Hidupkan

Tegangan Aki Kurang Atau Lemah
Pada motor dengan sistem injeksi salah satu komponen pendukung adalah aki di mana aki ini memiliki peranan penting untuk menghidupkan sistem injeksi aki juga menyuplai arus ke ECU jika aki Mengalami penurunan daya atau voltase

Tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap keseluruhan sistem injeksi menyebabkan tidak stabilnya aliran listrik yang diterima Fuel Pump di tangki bahan bakar juga perangkat kelistrikan lainnya ini adalah salah satu penyebab kenapa motor injeksi sulit dihidupkan karena semuanya sudah serba elektronik.

Jika tegangan aki yang melemah maka anda dapat mengetahuinya dengan sangat mudah yaitu cobalah menyalakan klakson Apakah suaranya kencang atau tidak atau starter sepeda motor Anda dengan menggunakan starter engine.

Apakah starter dapat bekerja dengan normal atau malah tidak terjadi proses starter dan disertai dengan bunyi seperti starter tidak kuat jika hal ini terjadi jangan paksakan untuk starter sepeda motor Anda secara terus-menerus tetapi cobalah untuk mencharge aki Anda ke bengkel agar tegangan dapat terisi kembali.

Kul Stater / Brush Stater Habis
Motor sulit dihidupkan dengan menekan tombol starter salah satu sistem yang terkait dalam hal ini adalah motor starter itu sendiri di dalam  motor starter ada namanya brush stater / Kul stater di mana jika kuls stater sudah habis ciri-cirinya sama dengan ketika tegangan aki lemah.


Kul Stater / Brush Stater Habis


Tetapi kita dapat mengetahuinya dengan cara ini jika kul staternya habis maka cobalah memeriksa klakson Apakah Suaranya pelan  dan juga Apakah kelistrikan di panel dasboard  menjadi redup jika tombol stater di tekan.

Kelistrikan di panel baik-baik saja kita dapat memastikan bahwa kul stater atau brush di dalam motor starter sudah mengalami keausan.

Jika panel kelistrikan mengalami redup dan suara klakson menjadi sember maka kita dapat mengambil keputusan bahwa tegangan aki sudah lemah atau mulai drop.

Bahan Bakar Habis / Bensin habis
Yang terakhir ini yang sering kita remehkan yaitu kita perlu memeriksa bensin ke dalam tangki bahan bakar pada motor injeksi jika bensinnya hampir mau habis maka pompa tekanan bahan bakar di dalam tangki bahan bakar akan kemasukan udara ini yang menyebabkan sepeda motor  injeksi sulit dihidupkan.


Bahan Bakar Habis / Bensin habis


Oleh karena itu ada baiknya kita memeriksa hal ini terlebih dahulu Jangan sampai kita sudah membuka mengobrak-abrik sepeda motor kita tetapi masalah utamanya adalah bahan bakar kosong atau tidak ada hehehe

Busi Sudah Tidak Bagus
Busi juga dapat menjadi penyebab sepeda motor injeksi Anda sulit dihidupkan tetapi komponen ini biasanya sangat jarang bermasalah kecuali Anda tidak pernah servis selama 2 tahun lebih.

Usia busi bisa bertahan sampai 20000 km walaupun standar pabrikan busi hanya 4000 sampai 8000 km tapi namanya sebuah produk Hal ini dapat saja mungkin terjadi ada baiknya kita mengecek busi atau mengganti busi jika memang dirasakan sudah terlalu lama tidak mengganti busi.

Kabel di Gigit Tikus
Kabel yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab motor injeksi sulit dihidupkan tentunya Kita juga harus memeriksa banyak kemungkinan yang terjadi. salah satunya  adalah kabel pada sepeda motor digigit tikus sehingga putus dan ini memang bukan hal yang tidak umum ini sering terjadi dan sering dijumpai pada saat Ido Keren masih bekerja di bengkel resmi

Kebocoran Kompresi Karena Kerak 
Hal terakhir adalah motor injeksi sulit untuk hidupkan juga dapat bersumber dari bocornya kompresi di dalam silinder Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus atau mempunyai banyak timbal yang menimbulkan kerak pada saat proses pembakaran kerak sisa hasil pembakaran mengganjal klep / valve  yang menyebabkan kebocoran kompresi pada sepeda motor Anda

Kebocoran Kompresi Karena Kerak


Sobat keren itulah 6 penyebab sepeda motor injeksi anda sulit untuk di hidupkan semoga infomasi diatas bermanfaat terimakasih - idokeren.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel