Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penantian Panjang Nissan Livina Generasi Terbaru

Penantian Panjang Nissan Livina Generasi Terbaru, Nissan Grand Livina sudah cukup usang mewarnai jalanan Indonesia. MPV itu lahir 2007. Selama itu pula hingga isu ini ditulis Grand Livina belum berubah total. Artinya, Grand Livina yang kini masih beredar di jalanan Indonesia sudah malang melintang selama 12 tahun. Beberapa hari lagi, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dikabarkan bakal meluncurkan generasi gres dari Nissan Livina.
Penantian Panjang Nissan Livina Generasi Terbaru


Sejak 2007 lalu, dari sisi desain, Nissan tidak terlalu banyak melaksanakan perubahan pada Livina. Mobil Nissan Grand Livina yang ketika ini masih beredar praktis dikenal dari bentuk bodinya.

Meski begitu, baik dari sisi fitur, mesin hingga transmisi, sepanjang 12 tahun sejarahnya di Indonesia, Livina sudah banyak mendapat penyempurnaan.

Beberapa kali memang Nissan telah melaksanakan pembaruan minor terhadap Grand Livina. Tapi, pembaruan minor saja tidak cukup untuk melawan kompetitor yang cukup besar lengan berkuasa di Indonesia. Mungkin konsumen Indonesia menunggu kehadiran Low MPV Nissan yang sama sekali baru. Apalagi umurnya sudah 12 tahun di Indonesia.

Nissan beberapa kali memperlihatkan pembaruan terhadap Livina. Mulai dari penambahan varian hingga facelift Livina sempat diluncurkan.

Empat tahun berselang sesudah diluncurkan pertama di Indonesia, Nissan meluncurkan Grand Livina facelift, tepatnya pada 2011. Perubahan mulai dari grille yang mempunyai desain gres yang elegan. Bagian pelek juga berubah jadi lebih banyak palangnya. Dan untuk bab interiornya lebih nyaman dengan corak hitam. Sementara perubahan juga pada terjadi pada disain speedometer yang ketika ini didominasi oleh warna putih. 

Mesinnya tersemat teknologi CVTC (Continuously Variable-valve Timing Control) yang mengatur mesin untuk memperbesar tenaga dan torque (momen puntir) secara efisien di setiap putaran mesin.

Itu menjadi facelift pertama Nissan Grand Livina. Di tahun-tahun berikutnya, Nissan cuma mempermak sedikit tampilan dan fitur Grand Livina. Belum ada perubahan besar-besaran terhadap MPV andalan Nissan tersebut. Terakhir, Grand Livina mendapat penyegaran pada Maret 2018 dalam bentuk Grand Livina Special Version.
Kini, dengan memanfaatkan aliansi bersama Mitsubishi, Nissan akan memakai platform low MPV terlaris Mitsubishi, Xpander. Seperti diketahui, kehadiran Mitsubishi Xpander cukup menggebrak pasar otomotif Indonesia, khususnya kelas low MPV yang merupakan segmen terlaris di Tanah Air. Xpander bisa memperlihatkan perlawanan terhadap kendaraan beroda empat terlaris Indonesia, Toyota Avanza.

Wajar, kehadiran Xpander memperlihatkan 'warna' gres terhadap segmen low MPV. Mitsubishi Xpander mengusung perpaduan desain MPV dan SUV. Nissan Livina generasi terbaru yang dikabarkan meluncur dalam waktu bersahabat ini pun dirumorkan mempunyai identitas yang seolah-olah dengan Mitsubishi Xpander itu. Apalagi kalau dilihat dari foto-foto yang beredar, bentuknya seolah-olah dengan MPV Mitsubishi tersebut.