Widget HTML Atas

Cara Hitung 1 Ampere Berapa Watt

idokeren.com - Sobat keren dalam dunia otomotif kita tidak akan terpisah dengan namanya listrik, tiga hal yang harus kita tau yaitu  volts, Ampere dan watt. Volt adalah unit untuk tegangan atau volt, Ampere adalah unit untuk jumlah arus mengalir, watt adalah daya listrik yang dibutuhkan untuk memuat listrik untuk menyala.

Cara Hitung  1 Ampere Berapa Watt


Pertanyaanya adalah  berapa banyak watt dalam satu Ampere dari arus listrik ?

Idokeren  akan mencoba menjelaskan dengan bahasa sederhana sehingga Anda dapat memahami dengan mudah.

Persamaan nilai antara Ampere dan watt

Sobat, Anda perlu tahu, antara arus kuat dan tenaga listrik dua hal yang berbeda tidak dapat dinilai seperti gram dan kilogram. Tetapi daya listrik yang dapat dipasok ketika 1 Ampere arus mengalir, tentu saja kita dapat  mengetahuinya dengan rumus.


Dengan menggunakan  rumus berikut: P = V x I


P adalah simbol tenaga listrik (watt)

V adalah simbol tegangan listrik (volt)

I adalah simbol arus listrik yang kuat (Ampere)


Di contohkan :

1. listrik di rumah 

Listrik rumah memiliki Voltase 220 Volt, sehingga kekuatan yang dapat dipasok setiap satu Ampere adalah sebagai berikut; 

P = V x I = 220 x 1 = 220 watt. 

Itu berarti, setiap satu Ampere listrik mengalir maka perlu memasok kebutuhan listrik hingga 220 watt.

2. pada baterai kendaraan/baterai

Baterai mobil atau motor memiliki Voltase lebih rendah yang hanya 12 Volt. Membangkitkan tenaga listrik yang dapat dipasok setiap Ampere juga berbeda dari contoh pertama;

P = V x I = 12 x 1 = 12 Watt

Ini berarti bahwa setiap arus listrik hanya mampu memasok 12 Watt tenaga listrik.

Lalu apa Kesimpulannya?

Seperti yang kita bahas di atas, antara arus kuat dan tenaga listrik adalah dua hal yang berbeda yang tidak dapat digunakan. Kapan ada pertanyaan 1 Ampere berapa watt? kemudian bervariasi tergantung pada tegangan.

Jadi disamakan dengan aliran udara dalam selang ke reservoir, kemudian pasang tegangan sebagai selang, pasang arus kuat, sementara reservoir sebagai beban listrik yang memerlukan daya.

Jika ada dua selang dengan diameter 12 cm kali 220 cm, maka kami jalankan air pada kecepatan yang sama. Mana yang lebih? membersihkan selang 220 cm. sedangkan kecepatan aliran air sama tetapi karena diameter selang yang berbeda, hasilnya juga berbeda.

Listrik juga seperti ini, meskipun arus yang mengalir adalah 1 ampere, tetapi karena tegangan berbeda, tenaga listrik akan berbeda.

Nah sobat semoga informasi diatas dapat bermanfaat terimakasih - idokeren.com