Widget HTML Atas

3 Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil Baik Atau Tidak

idokeren.com -  Sobat keren kendaraan roda empat sangat membutuhkan namanya aki, Aki digunakan untuk menstater mesin diawal agar bisa hidup, Namun banyak orang jarang memperhatikan kondisi aki  mobil, apakah akinya masih bagus atau tidak ataukah butuh perawatan agar awet  kali ini kita membahas cara mengetahui kondisi aki mobil yang sering di sepelekan orang tapi mempunyai peran vital dalam kendaraan anda.


Dalam perawatan aki sebenarnya mudah saja dan tidak rumit tapi karena pemilik mobil sering tak acuh terhadap kondisi aki, maka sering terjadi kekurangan cairan aki yang bila di biarkan keseringan maka lama-kelamaan akan membuat aki cepat russak dan drop.

Baca Juga : Penyebab Penting Aki Cepat Rusak / Soak Baca Sebelum Aki Anda Drop

Cara Cek Indikator Aki Mobil

Sobat keren merawat aki sangatlah mudah hanya perlu sering memantau kondisi cairan aki dan di akinya sendiri sudah ada identificator yang menunjukan bahwa aki tersebut dalam keadaan bagus atau jelek seperti tertera dibawah ini :


identifikasi Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil


Dengan melihat gambar aki mobil diatas sobat pasti sudah langsung  paham tentang peringatan yang tertera pada aki tersebut agar lebih jelas idokeren akan menjelaskan untuk sobat tercinta :

Warna lingkaran Putih Titik Merah 

Kode warna aki lingkaran putih dengan titik merah menandakan bahwa aki kekurangan daya atau setrum  sob, mungkin sobat sering menyalahkan radio atau cd/dv atau bisa sering cas hp tanpa menghidupkan mesin sehingga pada aki tidak ada pengisian setrum, saat mesin di hidupkan mesin akan mencharger batery / aki  mobil sobat makanya aki setrum tidak pernah habis kecuali sobat sering pergunakan daya setrumnya tanpa menghidupkan mesin. Walaaah amsyong deeh


Warna lingkaran Merah  Titik Putih

Jika sobat melihat indikator dengan warna ini maka ini menandakan bahwa aki mobil sobat kekurangan cairan elektrolit solusinya adalah dengan menambah cairan tersebut dengan air aki tambahan dan mengecasnya di tempat cas aki jika kondisinya memang tidak dapat di stater.


Tidak disarankan menggunakan air biasa ya sob bisa rusak cell didalam akinya kalaupun terpaksa dapat menggunakan air Aqua ( hanya terpaksa ) karena bebas mineral.

Air aki memang dapat berkurang proses oksidasi yang menyebabkan aki menjadi  panas dan menguap karena mesin mobil mencharger aki saat mesin hidup. Tetapi patut di waspadai jika aki terlampau panas bahkan kadang fisik dari aki suka memblendung atau meleout.

Sobat keren jika ini terjadi lebih baik anda membawa mobil anda kebengkel untk diperiksa sistem pengisianya apakah mengalami error atau tidak karena pengisian yang berlebihan akan membuat aki cepat rusak dan akhirnya walaupun anda mengganti dengan aki  baru akan tetap cepat rusak lagi karena yang menyebabkan aki rusak adalah sistem pengisiannya bukan akinya.

Nah cepet deh sob bawa ke bengkel jika memang dirasa panasnya tidak normal jangan jangan akinya kena covid-19 dari pada kamu tertular ( guyon seek :V ).

Warna lingkaran Biru Titik Merah

Kode warna ini menunjukan aki / batery mobil dalam kondisi siap berperang atau bagus dan prima dalam menjalankan tugas bersama anda kemanapun ia pergi, Tinggal sobat selalu mengunjunginya setiap seminggu sekali atau sebulan sekali untuk melihat cairan elektrolitnya berkurang atau tidak.

Batas cairan yang standar atau bagus adalah di atas lower dan selalu pastikan ia berada pada batas upper nah jika di bawah garis batas lower cepat cepat diisi kembali ya sob agar batery senantiasa awet dan berdampingan dengan mobil sobat sehidup semati ( kayaknya usia aki 2- 3 tahun :V )

Aki yang sehat  akan mempunyai tegangan 12,50 Volt ini mesin dalam keadaan mati, Dan jika mesin dihidupkan dan sistem pengisian ke aki bekerja maka teganganya akan berada diatas 12,50 volt tetapi harap diketahui batas maksimal sampai 15 volt dan dalam keadaan standar  sekitar 14 volt sob 

Pengisian  akan berhenti pada 14 volt dan jika melebihi 15 volt maka ada kerusakan pada alternator hal ini dapat membuat aki cepat soak. tetapi sob itu bukan patokan ya sob dikarenakan tiap mobil mempunyai volt yang berbeda dan amper aki yang berbeda pula maka tanyakanlah pada ahlinya standar pengisian aki mobil tersebut atau bisa membacanya di buku manual mobil.

Paling enak membawanya kebengkel resmi karena sudah pasti merek tau standarnya berapa tetapi kekuranganya siapkan budget lebih ya sob rusak dikit ajah mereka suruh ganti. bukan bermaksud apa apa tapi karena mereka tidak ingin mendapat complain karena mobil sobat mogok dijalan. kualitas akan diutamakan oleh mereka.



Sobat itulah pembahasan kita kali ini semoga setelah anda membaca tulisan ini anda langsung memeriksa kondisi aki mobil anda apakah kekurangan cairan atau tidak agar terhindar dari namanya mogok dijalan karena aki tidak kuat stater untuk menghidupkan mobil - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini