Widget HTML Atas

Efek Menggunakan Oli Kental Pada Motor Bisa Bikin Ambyar

idokeren.com - Sobat keren setiap bulan biasanya kita akan mengganti oli motor  agar motor terasa nyaman, mengganti oli dengan berbagai merek kerap ditawarkan oleh penjual. Tetapi awas ada untung rugi dalam mengganti oli dan pasti ada efeknya apa  lagi jika mengganti oli yang lebih kental dari yang di anjurkan oleh pabrikan.

Efek Menggunakan Oli Kental Pada Motor Bisa Bikin Ambyar

Setiap pelumas mempunyai kekentalanya sendiri dan kekentalan pelumas telah di sesuaikan dengan kebutuhan mesin sepeda motor sob. jadi jangan asal ganti dan oli  mahal bukan berarti bagus karena karakter dan kondisi mesin dapat membuat kerusakan fatal.

Baca Juga : Mengenal Kode Kekentalan Oli Sae 5W - 30

Mengganti oli yang lebih kental mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri.

Keuntungan menggunakan  oli kental adalah suara sepeda motor terasa lebih halus, Karena oli lebih kental dapat meredam friction komponen didalam mesin jadi  tidak terlalu kasar suara mesinya.

Kekurangan menggunakan oli kental adalah tarikan sepeda motor lebih berat dia awal walaupun setelah mesin panas oli akan lebih encer, Sirkulasi oli didalam mesin lebih lambat dari pada oli yang mempunyai kekentalan lebih encer

Sedikit cerita dulu aku pernah punya namanya motor supra x 125 motor ini sebenarnya rekomended dari pabrikan adalah oli dengan bungkus biru taullah gak boleh sebut merek, tapi karena dulu masih ada oli merah dan harganya lebih murah dari pada oli biru aku sering pake oli merah yang parahnya lagi yang grade nya mineral ( :V )

Gak lama dalam jangka sebulan mesin aku ngelotrok awalnya suaranya kecil dan sedikit tapi lama kelamaan suara stang motor bunyi duuh kenapa ini pikirku, eh aku ingat ingat lagi aku ganti oli merah dan gantilah stang seher beserta piston dan ring malah keluar budget labih besar aku neeh .

Disini aku tidak menyalahkan olinya memang karakter mesin dan anjuran pabrikan harus menggunakan oli berwarna biru dan mempunyai SAE  10W-30 tapi aku yo ngeyel malah pake oli yang lebih kental  dan murah  SAE W20-50 karena lagi low budget eeh malah ambyar boskuu

Baca Juga : Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik

Harusnya motor ku itu menggunakan oli yang lebih encer malah aku masukin oli yang lebih kental duuh turun mesin deeh, mungkin karena kandungan composite tiap oli berbeda apalagi  oli yang sintetis dengan yang mineral bagaikan langit dan bumi walau mereka berasal dari satu perut bumi yang sama tapi ternyata resep mereka berbeda ( :V ).

Begitupun karakteristik mesin lama seperti tiger lama jika menggunakna oli yang lebih encer duuah suaranya kasar beutsss sob dah kaya sodet tukang nasi goreng beradu dengan penggorengan  crank crenk crank. oleh karena itu sob idokeren sarankan bagi kalian yang motornya baru baru lebih baik ikuti anjuran pabrikan jangan pula terpikat oli yang lebih mahal belum tentu bagus untuk karakteristik mesin sobat.

Dulu masih ada cerita neh sob sepeda motor punya pelanggan ane, standar oli  motor supra x 125 tau pastinya kekentalanya berapa,  di kasih minum oli yang lebih encer selama setahun memang tidak berdampak tetapi setelah setahun lebih motor macet dijalan bahkan harus di derek.

Padahal motor tidak pernah menunjukan indikasi ngebul atau keluar asap putih dan suara stang tetap halus, memang motor ini tiap hari mempunyai jarak tempuh yang lumayan sob buat kerja makanya ia beli oli yang lebih mahal memang benar mesin lebih halus  dan responsif tarikanya.

Tetapi saking encernya kemungkinan besar penguapan oli lebih banyak karena pas di periksa sepeda motor tidak ada kerusakan atau kebocoran di mesin, tetapi mesin langsung macet karena oli habis  aku sebagai orang bengkel juga tidak akan percaya bahwa oli benar benar habis oleh penguapan

Baru kali itu aku tau oli bisa habis menguap mungkin saking mahal harga olinya sebagai perbandingan dulu di tahun 2007 harga oli masih standar pabrikan di bawah 30 ribu tapi oli mahal ini sudah mencapai 50 - 60 ribu rupiah  beuuhh mahal kan sob.


Sekali lagi berdasarkan pengalaman oli mahal dan encer belum tentu sesuai dengan karakteristik mesin motor sobat keren jadi kata bang napi waspadalah waspadalah kerusakan bisa terjadi bukan  karena  oli yang murah tetapi karena oli yang tidak sesuai dengan hati nurani mesin awoookwowww wkkkw dah ya sob nantikan artikel lainya sesempetnya ane nulis ya sekarang mau ngojek dulu laah cari rezeki amin ( padahal mau molor abis begadang  :V ) - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini