Widget HTML Atas

Cara Melepas Laher/ Bearing Rusak Dengan Mudah

idokeren.com - Sobat keren ada seorang sahabat blog ini menanyakan bagaimana cara melepas laher roda atau bearing yang rusak, pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas cara mengganti bearing depan   , Tetapi kadang tidak semua bearing yang kita mau ganti itu kondisinya bagus atau bisa dibilang gotri/bola baering masih menempel dengan bos tengah bearing. Ada pula yang sudah pecah, rontok, jebol dan bentuknya tinggal ring bearing luar  yang menempel dirumah laher.

Cara Melepas Laher/ Bearing Rusak Dengan Mudah


Bagaimana dengan bearing / laher roda  yang pas kita bongkar roda depan atau belakang itu hancur hingga hanya tersisa besi ring bearing luar  yang masih menempel di rumah bearing hal ini bagi pemula sebenarnya sangat susah untuk di copot apalagi jika laher/bearing sudah terlalu lama atau karatan.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Melepas Bearing / Klaher Cover CVT Beat Simple Banget

Ada beberapa teknik yang bisa kita lakukan yaitu :

Teknik Membuka Laher/Bearing Rusak  

1. Cara pertama kita bisa menggunakan dua buah palang biasanya palang yang kita gunakan adalah alat pencukil ban as panjang untuk mendorong disertai rekan yagn siap membantu, atau jika tidak ada cungkil ban  sobat keren bisa menggunakan alat yang sejenis apa saja asal bisa masuk kedalam tengah bearing 

masukan alat cungkil ban kedalam bearing menyimpang dengan salah sudut akan mencungkil cincin luar dari sudut dalam bearing / laher roda. pastikan sudut dalam bearing yang tertinggal sebelah dalam terpegang posisinya dibayangkan seperti akan mencungkil sesuatu.

kemudian teggakan roda salah satu rekan suruh unutk mendorong menggunakan as sambil diketuk palang yang  menyimpang. ketuka perlahan cara ini memang sulit tetapi bila dikerjakan dengan hati-hati dan teliti serta telaten akan membuat baering yang tertinggal akan terdorong keluar 

Tidak semudah di ucapkan tetapi hal ini menurut pengalaman bisa ko dan berhasil.


2. Cara yang kedua adalah dengan memasukan lagi bola/gotri laher roda  dengan cincin tengah  kedalam bearing dengan syarat bola laher masih utuh  tidak semua bola/gotri  laher  kita masukan hanya 4 atau 6 buah saja asala bisa masuk dan menyusun kembali baering sehingga terlihat utuh.

Memasukanya mudah ko cincin tengah bearing yang lepas dikasih gemuk terlebih dahulu kemudian susun rapih 4 - 6 bola bearing saling menempel setalah itu pasang di rumah bearing yang tertinggal  setelah tepat di tengah tengah posisinya,

Buat bola bearing berpisah merata atau simetris sehingga cincin tengah bearing dapat terpegang oleh semua bola bearing  dan cinncin tengah bearing dapat dilepas oleh tangan kita, setelah itu tinggal kita dorong menggunakan as roda atau sejenisnya ditambah ketukan palu perlahan seperti gambar dibawah ini.

memasukan lagi bola bearing/gotri dengan cincin tengah


Agar lebih mudah biasanya semprotka WD terlebih dahulu atau cairan sejenisnya buat agar meresap diamkan sejenak ,  Setelah dirasa acairan sudah meresap tinggal di ketuk dengan palu as yagn mendorong bearing tersebut dan alhasil cara ini mudah ko dan efektif. 

3. Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan biaya alias kita bawa ketukang las, Lalu pint a tukang las mencabutnya tukang las pasti sudah paham teknik mencabut bearing  yang tertinggal hanya kita perlu menyiapakan uang 15 - 20 ribu rupiah.

dibanding cara yang pertama dan kedua cara yang ketiga ini sangat efektif dan tidak membuang waktu syukur jika di bengkel kalian ada lasnya jadi tidak perlu membawanya ke tukang las hanya tinggal menambah biaya cabut bearing di struk pelanggan atau jika kalian mau mengratiskan karena bengkel sudah sedia las, hal ini malah lebih bagus dan akan membuat kredibilitas bengkel kalian naik dan pelanggan akan percaya dan datang lagi kebengkel kalian.


Nah sobat keren cukup dulu info mengenai cara mencabut bearing dengan mudah dan idokeren paling sering menggunakan cara yang ketiga ya sob biar cepat dan gak buang waktu ingat waktu adalah uang setelah selesai tinggal mengerjakan pekerjaan lainya yang sedang menunggu terimakasih telah membaca di blog ini salam - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini