Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merubah Arus AC Ke DC Pada Sepeda Motor

idokeren.com - Sobat keren merubah arus ac ke dc pada motor sebenarnya dapat dilakukan, Kenapa merubah arus yang tadinya ac menjadi dc ?, Hal ini dilakukan pada motor motor yang masih menggunakan system kelistrikan AC ( Alternating Curent ), Dan sekarang ini motor motor baru suah menggunakan system kelistrikan DC ( Direct Curent ).

Cara Merubah Arus AC Ke DC Pada Sepeda Motor
Pic By : kotsk
Maksudny apa ?... gara lebih mudah di pahami tulisan diatas idokeren akan menjelaskan, pada waktu dulu saat kita mau menghidupkan lampu motor maka mesin sepeda motor harus hidup / nyala ini yang di sebut kelistrikan AC.

Baca Juga : Cara Cek Spul Motor Yang Rusak Dengan Multitester

Sedangkan motor motor baru sekarang ini saat menghidupkan lampu tidak lagi perlu menghidupkan mesin dahulu karena mengkonsumsi listrik dari aki. Sebenarnya ini bukan patokan bahwa engine tersebut termasuk kategori AC / DC tetapi hal yang paling mudah dikenali adalah ciri ciri tersebut ya sob.

Cara Merubah Arus AC Ke DC

Lantas bagaimana merubah yang tadinya listrik AC menjadi DC. Perlu di pahami bahwa jika melakukan perubahan dari system standar selalu ada efek plus dan minus yang akan di terima. bisa saja kita langsung merubah arus lampu yang tadinya dari alternator / sepul kita rubah mengambil listrik / arus dari batery itu berarti kita sudah merubah system lampu tersebut menjadi DC.

Tetapi ada efek samping yang akan di dapat karena lampu depan tadinya mengambil arus listrik dari sepul sekarang mengambil arus listrik dari aki, maka aki akan cepat drop dikarenakan lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan.

Mimin keren pernah baca sebuah artikel di website tersebut mengatakan bahwa sebenarnya kita dapat mengakali arus tekor tersebut dengan memutus aliran listrik dari kiprok yang kelampu depan pada motor honda warnanya kuning putuskan kabel tersebut lalu isolasi agar aman,

Apakah cara seperti ini dapat dilakukan ?

Kalo menurut mimin keren jika melihat dasar system dari pengisian bahwa untuk jalur arus pengisian ke aki  itu harus melewati kiprok nah fungsi kiprok inilah yang membatasi seberapa besar arus yang masuk untuk mencharger aki, secara logika berarti arus yg masuk ke aki saat pengisian itu tetap atau tidak berubah karena jika berubah maka jelas aki akan bermasalah ( overcharger ). biasaanya di tandai dengan aki yang kelihatan melembung, bahkan aki cepat soak.

walaupun arus dari sepul yang biasanya untuk lampu sudah di putus atau tidak digunakan tetap saja arus yg masuk ke aki saat pengisian / penchargeran batery tetap tidak berubah.

Baca Juga : Akibat Kiprok Sepeda Motor Vario 110 Rusak

Bagaimana Agar Bisa merubah arus AC menjadi DC ?

Ya jelas pasti gulungan sepul lampu harus di gulung ulang dan diganti dengan kiprok khusus motor yg sudah menganut sytem DC untuk meminimalisir kerusakan kiprok sering rusak, Serta jelas jika kapasitas arus pengisian menaik kita juga harus merubah aki motor yg tadinya standar menjadi lebih besar.

Jika tidak dirubah jelas pasti tetap tekor karena system kelistrikan pada setiap motor sudah di sesuikan dengan fungsinya .

Berbeda jika anda suhu motor mimin keren suhu semua lebih paham. dan mohon koreksi bila salah tulsian ini sekedar sharing saja dan sekedar membagi pengalaman dan pemikiran pada dunia otomotif . agar ilmu yagn di punya tidak hilang di telan masa dan umur yang pasti semakin tua. - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini