Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Cepat Membuat SIM Tanpa Calo ??

Idokeren.com – Siapa diantara kalian yang belum mempunyai SIM ? pastilah kamuuu yang lagi baca artikel ini kann . Kalian masih menggunakan calo untuk membuat SIM ?? gak jaman. Atau kalian malah lagi OTW buat hubungin mereka ?? jangan lakukan ituu.

Semuanya dibikin mudah aja dan Singkirkan itu yang Namanya calo sob….

Tips Cepat Membuat SIM Tanpa Calo ??

Karna kita akan membahasnya disini….

1. Carilah kerabat bukan Calo.


Hal pertama yang harus kalian lakukan saat akan membuat SIM adalah carilah teman, saudara, pak’ le, bu’ le atau kerabat lainnya yang pasti sudah pernah membuat dan memperpanjang SIM tanpa calo . Berbeda halnya jika kalian memilih menghubungi / mencari calo, mungkin anda akan merasa puas karena tidak perlu melewati proses pembuatan SIM. Tapi pernahkah kalain berfikir bagaimana nanti, jika kalian akan memperpanjang SIM ? Apakah kalian akan bisa menghubungi si Calo lagi ?? kalo bisa tapi kalau tidak.

2. Survei tempat .

Setelah kalian mendapatkan info, hal selanjutnya adalah Survei tempat. Sebetulnya ini tidak perlu dilakukan jika kalian pergi bersama kerabat yang menyarankan tempat itu . Tetapi sebaliknya, jika dirasa ragu kalian bisa survey tempat dan bertanya-tanya dahulu pada pak polisi. Waitttt… sebelum kalian bertanya-tanya lebih lanjut, ada baiknya kalian pilih - pilihlah dalam bertanya karena bisa jadi atau lebih parahnya ternyata polisi itu adalah Calo.

3. Hati- hati.

Bukan hal aneh bin ajaib jika kalian tidak menemukan banyak calo saat membuat atau memperpanjang SIM. Itu adalah pemandangan biasa sob, bahkan mungkin kalian akan didatangi lebih dari 5 orang calo dengan tipe harga yang berbeda-beda. Dan yang lebih parahnya lagi ada yang datang dan menakut-nakuti kalian dengan proses pembuatan atau memperpanjang SIM yang sulit dan mahal saat di dalam. Jangan takut sobat karena itu semua hoax..

4. Tes Kesehatan , Foto dan Tes Komputer.

Tes Kesehatan : seperti pada umumnya kalian akan di periksa dan diajukan beberapa pertanyaan dan yang pasti ada tes buta warnanya . Dan tes Kesehatan tergantung dari tempat kalian membuat SIM yaa sob, mungkin ada yang menyarankan tes kesehatan diluar.

Foto : setelah tes Kesehatan kalian pasti akan dikenakan biaya dan akan dikasih kartu asuransi dan di persilahkan untuk masuk mengantri untuk panggilan foto. Tidak lama kok sob, hari itu juga bisa selasai.

Tes Komputer : disinilah permainan dimulai, setelah Foto pasti kalian akan dipanggil untuk tes computer. Tesnya gak susah kok dan saya menyarannkan untuk kalian search soal-soal apa saja yang akan keluar atau lebih mudahnya bertanya pada kerabat kalian tadi.

5. Praktek.

Inilah tes yang paling ditunngu-tunggu oleh pembuat SIM. Tegang, panik dan pasti takut kenapa ? bukan karena pak polisinya tetapi lebih ke motor yang dipakai. Karena mematuhi peraturan yang ada, motor atau mobil yang dipakai untuk tes adalah yang menurut standar mereka bukan motor yang udah dimodif yaa. Kalian tinggal memilih mau motor metik atau gigi dan untuk Mobil jarang ada samsat yang menggunakan mobil matik sob . 



Dan track yang dilalui pasti buat kalian takut, tetapi santuy kalian pasti diajarin kok step-step untuk melewati trak itu semua. Tetapi yang pasti setiap samsat mempunyai persyaratan dan calo yang berbeda-beda yaa.

6. Apakah Lama dan Mahal ??

Tidak kalau kalian sendiri yang pergi untuk menggurusnya , mungkin SIM akan jadi dalam 1 bulan atau paling cepat 3 minggu dengan biaya kurang lebih 200 ribu untuk Motor, tapi tergantung dari tes-tes yang kalian lewati yaa sob.

Berbeda proses kalau kalian memakai calo, mungkin prosesnya bisa cepat atau lama tergantung dari harga yang telah disepakati dan harganya bisa mencapai 400 ribu lohh. Sayang kan, mending buat makan baso yaa gak sob ??

Writer : Revina Martin.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini