Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Ampuh Menghemat Bahan Bakar Motor Matic

Idokeren.com – hai sahabat idokeren... apa kabar kalian semua?, semoga dalam keadaan sehat selalu mengingat wabah yang sedang kita alami. Baik, kali ini kita akan membahas kendaraan yang mana dapat kita sebut sebagai artis dikalangan banyak pengendara, terutama cewe – cewe hehehe.... kenapa disebut sebagai artis?, ini karena pada tahun 2019 lalu, penjualan motor matik mencapai 87% dari total penjualan keseluruhan motor yang mencapai 6,48 juta unit.

Selain populer dalam kalangan banyak pengendara, motor matik juga memiliki kelebihan tesendiri yaitu dalam hal kemudahan berkendara, dapat kita anggap matic rajanya. 

5 Tips Ampuh Menghemat Bahan Bakar Motor Matic

Namun dibalik itu semua, motor matik tidak lepas dari kekurangan – kekurangan. Kekurangan yang sangat disayangkan pada motor matik yaitu dalam hal bahan bakar atau bensin. 

Hal ini dikarenakan, pada dasarnya memang motor matik cenderung lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar dibandingkan dengan menggunakan motor manual.

Hal ini tentu saja akan menajadi salah satu masalah yang disoroti oleh publik, terutama para pengguna dari motor matic. Hal ini disebabkan oleh bahan bakar minyak yang mana, mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu.

Untuk menangani masalah ini, produsen dari motor matik tentu saja tidak tinggal diam. Terbukti dengan bermunculannya berbagai tipe motor matic yang mana telah dilengkapi dengan teknologi terbaru dengan kemampuan menghemat bahan bakar.

Diatas merupakan masalah yang perlu sobat ketahui. Jadi, karena hal inilah sobat semua pengguna motor matic perlu melakukan langkah – langkah penghematan supaya bahan bakar motor sobat lebih awet dan efisien saat digunakan.

Tips Menghemat Bahan Bakar Motor Matic

Langkah – langkah dalam menghemat bahan bakar berikut ini dapat sobat lakukan sendiri dirumah, dan juga sangat mudah untuk diterapkan. Tanpa berlama – lama lagi, mari simak pembahasannya dibawah ini.

Berkendara Dengan Stabil

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan berkendara secara stabil. Stabil disini dalam hal melaju dan berhenti.

Dalam hal melaju, sobat sangat disarankan untuk selalu menjaga tarikan gas pada motor matic. Dengan menjaga tarikan gas, tenaga yang digunakan motor akan lebih sedikit, yang mana akan berpengaruh juga pada bensin.

Kemudian dalm hal berhenti, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari rem mendadak, apalagi jika dilakukan secara sengaja. Dengan melakukan rem mendadak, tenaga yang digunakan motor dalam mengehentikan laju cukup besar dibandingkan rem secara perlahan.

Dua hal diatas dapat disederhanakan seperti ketika sesorang yang berlari dengan kecepatan tinggi berhenti secara mendadak, tenaga yang dia gunakan untuk berhenti akan sangat besar.

Hal ini juga berlaku ketika akan mulai berlari, jika orang berlari dengan kecepatan tinggi dalam keadaan posisi diam, tentu saja tenaga yang digunakan tubuh akan sangat besar.

Karena dua hal diatas, berkendara secara stabil dan konsisten tanpa melakukan rem dan menarik gas secara mendadak, akan menghindari kita dalam pemborosan bahan bakar.

Hindari Memanaskan Mesin Motor dengan Waktu yang Lama

Langkah lain yang harus sobat lakukan yaitu menghindari memanaskan mesin motor dalam waktu yang lama.

Memang, sobat juga sangat disarankan untuk memanaskan mesin motor matik, khususnya setiap pagi hari sebelum mulai digunakan.

Langkah ini perlukan guna membuat atau mendorong oli mesin supaya mampu melumasi setiap sisi mesin secara merata.

Namun untuk melumasi mesin, tentu saja jangan berlebihan dan dilakukan dalam waktu secukupnya. Jika tidak, bahan bakar yang digunakan untuk memanaskan mesin akan terbuang sia – sia.

Sebagai patokan untuk sobat, untuk memanaskan mesin motor matic dipagi hari cukup 5 menit saja.

Langkah seperti ini juga dapat sobat terapkan pada saat berhenti dilampu merah. Pada dasarnya hal ini dinilai juga ampuh dalam mengurangi intensitas mesin dalam menggunakan konsumsi daya dari bahan bakar.

Perhatikan Bagian Filter Udara

Tips selanjutnya untuk menghemat bahan bakar motor matic adalah sobat harus rutin dan rajin untuk memeriksa bagian filter udara.

Hal ini merupakan langkah yang sering diabaikan oleh kebanyakan pengendara motor matic.

Kenyataannya, langkah ini merupakan lengkah yang dapat mempengaruhi tingkat dari konsumsi bahan bakar pada motor matic.

Kenapa pelu memperhatikan kondisi dari filter udara?. Hal ini dikarenakan, jika filter udara tersumbat oleh kotoran dari lua, maka aliran udara dari luar akan mengalami penyumbatan saat akan memasuki sistem pembakaran melalui saluran intake.

Akibat dari hal ini tentu saja akan menyebabkan banyak bahan bakar yang akan terbuang percuma. Jadi, sobat sangat disarankan untuk memeriksa kondisi dari filter udara motor matic, dan jangan lupa untuk memberiskannya jika memang kotor.

Pastikan Ruang Pembakaran dalam kondisi baik

Langkah kali ini dikhususkan bagi sobat pengguna motor matic dengan sistem karburator,yaitu selalu memastikan bahwa kondisi dari ruang pembakaran dalam keadaan baik.

Ini dikarenakan, jika di pengapian tedapat masalah atau dalam kondisi buruk, maka akan berpengaruh pada aktivitas pembakaran bensin. Hal ini juga berlaku dengan kondisi pada sistem di ruang pembakaran. Terutama pada komponen penting seperti busi.

Dengan alasan itulah, sobat harus benar – benar untuk selalu melakukan pengecekan rutin pada bagian ruang pembakaran.

Jika sobat melakukan hal tersebut, dapat dipastikan bahwa proses pemabakaran bahan bakar akan lebih sempurna, yang mana akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Memastikan Tekanan Angin pada Ban Ideal

Kondisi dari ban motor juga dapat membantu sobat dalam rangka untuk menghemat bahan bakar motor matic.

Kenapa hal ini dapat menghemat bahan bakar?. Sebenarnya, penyebab hal ini sama seperti pada langkah menghindari rem mendadak serta menjaga supaya gas tetap stabil.

Jika tekanan angin pada ban motor kurang, maka dapat dipastikan akan membuat motor mengeluarkan daya yang lebih besar untuk memungkinkan motor melaju.

Seperti yang kita tau semua bahwa daya motor berasal dari bahan bakar. Jadi ketika motor mengeluarkan daya yang lebih besar, komponen yang sangat berpengaruh adalah bensin.

Oleh karena itu, sobat perlu untuk selalu melakukan pemeriksaan pada tekanan angin ban motor sebelum menggunakannya untuk berkendara.

Dan juga, alangkah lebih baik jika sobat menggunakan gas nitrogen sebagai isi dari tekanan ban motor sobat. Hal ini disebabkan karena nitrogen memiliki daya tekan yang lebih merata, sehingga membuat ban motor akan lebih mengembang.

Dan jika ban motor lebih mengembang, hal ini tentu saja akan membuat motor melaju dengan lebih ringan dan mudah. Dan dengan sendirinya, daya yang digunakan oleh motor akan lebih kecil sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Sekian pembahasan kita kali ini, saya harap langkah – langkah diatas bermanfaat untuk sobat idokeren semua.

Dan juga, terus pantau situs tersayang kita idokeren.com yang membahas informasi menarik dan bermanfaat seputar dunia otomotif. – idokeren.com.

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini