Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Overheat

Idokeren.com – hai sobat semua... kali ini idokeren akan berbagi tips otomotif lagi. Akan tetapi kali ini khusus roda dua, yang mana yaitu apa sih yang harus kita lakukan supaya motor kita tidak cepat panas atau ovrheat.

Apakah sobat semua pengguna roda dua pernah mengalami hal seperti ini? Atau bahkan sobat sampai mencium bau gosong dari mesin?.

Jika ya, maka sobat perlu membaca seluruh isi artikel berikut ini, karena bau gosong yang sobat cium dari ruang mesin merupakan calah satu ciri jika motor sobat telah overheat.

Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Overheat

Seperti pada pembahasan – pembahsan sebelumnya bahwa kita tidak boleh membiarkan masalah sekecil apapun pada motor kita, karena hal kecil tersebut dapat mengakibatkan komponen yang lain akan mengalami masalh juga, atau bahkan akan lebih parah.

Oleh karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah panas berlebih atau overheat pada motor.

Pada dasarnya, penyebab umum kenapa mesin motor dapat overheat adalah karena sistem radiator atau cairan coolant pada motor mengalami masalah dalam menginginkan mesin motor.

Baik , tanpa berlama – lama lagi, pembahasan lebih jelas mengenai tips tersebut akan kita bahas pada pembahasan berikut ini.

Cara Mengatasi Mesin Motor yang mengalami overheat

Langkah – langkah yang akan kita bahas berikut ini dapat sobat terapkan sendiri dirumah, jadi akan sangat mudah untuk melakukannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Menggunakan dan Mengganti Water Coolant Radiator

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi overheat pada motor adalah dengan menggunakan water Coolant Radiator dan menggantinya secara teratur rutin.

Water coolant radiator memiliki fungsi untuk mengurangi panas pada mesin motor. Hal ini dapat terjadi karena cairan yang terdapat pada air adiator menggunakan bahan molekul cairan khusus yang diatur untuk meredam panas pada mesin.

Cairan ini akan bekerja ketika mesin motor mengalami panas. Ketika mesin motor dalam keadaan panas, cairan ini akan mengalir melalu selang yang terhubung dengan mesin secara otomatis. Dengan adanya cairan ini, panas pada mesin akan diserap dan kemudian akan disalurkan ke radiator.

Dengan fungsi yang sangat penting, sobat wajib penggunakan water coolant radiator ini. Dan juga sobat perlu untuk selalu menggantinya secara teratur dengan minimal penggantian yaitu sekali dalam waktu 1 tahun.

Jika sobat lupa atau bahkan dengan sengaja tidak mengganti water coolant radiator ini, kemungkinan besar mesin sobat akan mengalami overheat lagi, atau bahkan jika cairan ini habis, maka akan menimbulkan masalah pada siste pendinginan

Membersihkan Radiator secara Rutin

Hal kedua yaitu membersihkan radiator secara rutin. Radiator merupakan komponen yang mana telah disematkan pada setiap motor.

Oleh karena itu, sobat sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan pada komponen ini.

Dengan fungsi yang sama seperti water coolant radiator, kedua komponen ini memiliki memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendinginan pada motor.

Perawatan yang perlu sobat lakukan-pun sengat mudah yaitu membersihkannya dari kotoran yang mana berupa debu yang telah menempel dan lain - lain ketika melewati medan kotor.

Pada dasarnya, debu yang terdapat pada radiator dikarenakan oleh debu yang terbawa oleh angin atau udara, yang mana kemudian tersaring oleh fan radiator.

Fungsi dari perawatan ini tentunya supaya radiator tetap dalam kondisi baik, sehingga proses sistem pendinginan berjalan lancar dan mesin tidak overheat

Mengganti Oli Mesin dengan Teratur

Langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi mesin overheat yaitu mengganti oli mesin secara teratur.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa peran oli sangatlah penting sebagai pelumas untuk melumasi setiap sela dari komponen mesin motor.

Dengan fungsi sebagai pelumas, oli juga sangat mempengaruhi suhu dalam ruang mesin. Sehingga, jika oli mesin menurun, dapat dipastikan akan menyebabkan mesin motor sobat akan mengalami kenaikan.

Dengan fungsi yag sangat penting, tentunya oli yang sobat gunakan haruslah berkualitas bagus. Dan juga, oli yang sobat gunakan haruslah sesuai dengan sepsifikasi motor sobat. Dan hal terakhir yang harus sobat lakukan adalah melakukan penggantian oli secara teratur.

Pada umumnya, untuk melakukan penggantian oli, sobat sangat disarankan untuk menggantinya setiap menempuh jarak 2000km, atau bisa juga pada saat sobat melakukan service rutin. Dengan melakukan hal ini, kualitas dari oli mesin sobat akan selalu dalam keadaan prima. 


Pastikan Fan Radiator Berfungsi

Cara selanjutnya untuk mengatasi overheat adalah dengan memastikan apakah fan radiator berfungsi atau tidak.

Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa water coolant radiator akan mengalir ke mesin ketika mesin mengalami kanaikan suhu, dan kemudian akan mengalir menuju radiator yang mana cairan ini dalam keaadaan bersuhu panas.

Disinilah letak dari kegunaan fan radiator yaitu untuk mendinginkan cairan coolant radiator.

Untuk memeriksa apakah fan radiator berfungsi atau tidak, sobat harus melakukan pemeriksaan pada kipas radiator itu sendiri. Hal ini harus sobat lakukan secara rutin guna menjaga supaya kondisi dari fan radiator tetap dalam kondisi prima.

Untuk meng-efisiensikan waktu, ketika sobat melakukan pengecekan pada fan radiator, sobat juga dapat melakukan pemeriksaan pada komponen radiator lainnya. 


Mengendarai Motor dengan stabil

Langkah lain untuk mengatasi panas berlebih pada motor yaitu berkendara dengan stabil.

Berkendara dengan stabil yaitu dengan menjaga kecepatan dengan stabil dimulai pada saat menyalakan mesin hingga mematikan mesin.

Hal lain yang perlu lakukan yaitu menghindari menarik tuas gas secara mendadak. Dengan melakukan hal ini, akan mengakibatkan mesin motor berputar dengan cepat secara mendadak juga, sehingga membuat tenaga motor menjadi macet.

Dengan mesin yang bergerak secara mendadak oli mesin tidak sempat melumasi seluruh komponen mesin, yang mana akhirnya akan mengakibatkan overheat atau panas berlebih.

Walapun hal ini terlihat sepele, namun sobat patut untuk mencobanya.


Lakukan Service Rutin

Hal yang satu ini merupakan hal yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah overheat pada motor.

Hal ini tentu saja dikarenakan pada saat melakukan service, pemeiksaan yang dilakukan akan menyeluruh.

Hal utama yang sangat berpengaruh pada kondisi suhu motor adalah pada sistem pembakaran dan juga pada bagai oli, yang mana keduanya sangatlah berpengaruh terhadap kondisi dari suhu motor.

Sebenarnya, service rutin dapat mengatasi banyak masalah yang terjadi pada motor, yang mana masalah seperti overheat juga dapat terselesaikan. Jadi, sangat disarankan supaya sobat selalu melakukan service secara rutin. 


Baiklah sobat semua, cukup sampai disini pembahasan kita mengenai bagaimana cara kita untuk mengatasi masalah overheat pada motor.

Mungkin, beberapa langkah diatas tidak lengkap atau bahkan tidak mengatasi masalah sobat secara sempurna. Akan tetapi dengan melakukan hal di atas dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya verheat pada motor.

Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih telah berkunjung di idokeren, dan juga tetap mebaca hal – hal menarik lainnya seputar dunia otomotif hanya di idokeren. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini