Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mempelajari Kode Dan Angka Pada Mobil Matic Bagi Pemula

Idokeren.com - Kepopulernya mobil matic pada saat ini sangatlah tinggi, semua orang tidak berfikir dua kali untuk membeli walaupun dengan harga tinggi. Dengan alasan bermacam-macam mulai dari penggunaannya yang simple di bandingkan mobil manual atau karna modelnya yang menarik.

Tetapi perlu kalian ketahui sob, karna tidak semua mobil matic keluaran pabrikan Jepang, Korea bahkan Eropa itu sama dalam penempatan tuas trasmisi misalnya ada kode yang P, R, N, D, 2 dan L ada pula kode P, R, D, D3, 2, dan L serta P, R, N, D dan S.

Mempelajari Kode Dan Angka Pada Mobil Matic Bagi Pemula

Semua itu perlu kalian pelajari sob, karna untuk keamanan saat berkendara dan untuk kalian para pemula tidak perlu bingung karna ada beberapa kode yang memiliki fungsi yang sama walaupun symbol penempatannya beda. 

Mempelajari kode dan angka pada mobil matic bagi pemula, akan menjadi pembahasan kita kali ini. Yuk kita simak sob, 

Mempelajari Kode Dan Angka Pada Mobil Matic

P ( Parking ) :
Posisi tuas ini biasanya berada paling depan. Fungsi dari kode P ini adalah untuk mengkunci mobil yang sedang di parkir sehingga mobil tidak akan bisa bergerak walaupun kalian dorong dari belakang. Dan ada baiknya tuas kode P ini kalian gunakan sebelum mematikan mobil karna untuk menghindari lupa pada saat nanti menyalakan mobil Kembali.

R ( Reverse ) :
Selanjutnya ada Kode R atau Reverse, ini berfungsi ketika pengemudi akan menjalankan mobil dengan posisi mundur terutama saat akan parkir. Jadi jangan pernah kalian langsung masuk ke tuas lain jika ingin parkir karna bisa jadi akan ada kecelakaan. Dan kode ini juga ada pada mobil manual tidak hanya mobil matic sob,

N ( Neutral ) :

Yang perlu kalian pelajari dari kode N ini adalah saat kalian merubah tuas ke kode N maka mesin dan transmisi tidak akan terhubung atau mobil akan ada pada posisi diam. Dan kode ini juga ada dalam mobil manual.

D ( Drive ) :
Nah ini kode yang paling penting sob, karna kode D pada mobil matic berfungsi untuk menjalankan mobil pada posisi biasa atau normal.

2/S ( Second ) :
Ada beberapa pabrikan yang menggunakan kode ini ada juga yang tidak tetapi fungsi dari kode 2/S ini sendiri adalah posisi dimana mobil akan dikendarai pada track menanjak yang tidak terlalu curam.

Angka pada kode ini adalah menunjukkan tinggi maksimum untuk mobil melaju di gigi dua saja.

1/L ( Low ) :
Jika ada 2/S maka ada juga kode 1/S karena kedua kode ini berhubungan, fungsi dari kode 1/S ini adalah posisi dimana mobil akan dikendarai pada tanjakan yang curam dan angka 1/S menunjukkan posisi gigi 1.

Tetapi tidak semua menggunakan mobil menggunakan kode S karena ada yang hanya angka yaitu 1,2, dan 3 saja walaupun begitu fungsinya tetap sama kok sob

O/D ( Overdrive ) :
Nah ini kode yang paling menarik sob, karna hanya ada pada mobil dengan kecepatan 4 saja. Jika tuas diarahkan pada transmisi ini O/D OFF maka indicator di dasbor akan menyala dan menandai bahwa transmisi berjalan/bekerja dengan semua gigi yang tersedia.

Fungsi unik lainnya adalah transmisi tuas ini biasanya di gunakan pada saat kita akan menyalip mobil di depan seperti di TOL.

Tanda +/- :
Ini tanda yang menandakan mobil matic juga bisa digunakan seperti layaknya mobil manual yang berfungsi untuk menurunkan gigi agar tidak terjadi over rev dan ada bantuan dari computer juga sob. Dan pada mobil premium dan sport juga ada tetapi berbeda

Shiftlock  :
Jika tadi kode P kita gunakan pada saat parkir maka fungsi Shiftlock adalah ketika kalian akan parkir pararel. Cara penggunaan tinggal kalian aktifkan fungsi Shiftlock kemudian arahkan tuas dari P ke arah N dengan sekali tarikan. Dan pastikan kalian memarkir pada posisi rata tidak menanjak yaa sob.

Sekian bincang-bincang kita tentang Mempelajari kode dan angka pada mobil matic untuk pemula, sampai jumpa

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini