Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mesin Bensin Dan Mesin Diesel, Lebih Bagus Mana ?

Idokeren.com – Walaupun dunia otomotif sedang berlomba-lomba membuat kendaraan dengan mesin listrik. Tetapi namanya otomotif pasti ada yang lebih bagus, baik dari segi penggunaan maupun kekuatannya seperti mesin diesel dan mesin bensin. Contoh, pengguna mobil di Indonesia yang lebih menyukai kendaraan dengan mesin bensin ketimbang mesin diesel.

Tapi beda cerita untuk warga Eropa dan Amerika sob, mereka lebih memilih mesin diesel ketimbang mesin bensin untuk kendaraan mereka, Baik dari mobil pribadi,keluarga maupun mobil besar. Jadi, antara mesin bensin dan mesin diesel lebih bagus mana ? Penampilan boleh beda tapi dari segi performa ? baik dari karakteristik, tenaga dan awetnya mobil akan kita bahas disini..

Mesin Bensin Dan Mesin Diesel, Lebih Bagus Mana ?


Karakteristik mesin


Mesin Diesel

Karakteristik yang pertama untuk mesin diesel adalah torsinya yang besar. Nah, Kalau ditinjau dari Indonesia mesin diesel itu biasa digunakan untuk kendaraan umum atau kendaraan besar seperti angkutan umum dan truk-truk besar.

Karakteristik kedua, hemat bahan bakar. Bisa dikatakan hemat karena fase kerja bahan bakar hanya menghisap udara murni dari hasil kerja mesin itu sendiri.

Dan yang ketiga yaitu memiliki sistem yang lebih mudah dibandingkan mesin bensin. Inilah nilai jual mesin diesel sistemnya yang simple membuat kalian lebih mudah dalam perawatannya. Tidak perlu bolak-balik bengkel sob,
 

Mesin Bensin

Karakteristik yang paling mencolok dari mesin besin adalah suara mesin yang lebih kecil dibandingkan mesin diesel. Walaupun ada beberapa mesin diesel yang suaranya lebih normal tetapi masih kalah jika dibandingkan mesin bensin pada umumnya.

Karakteristik kedua yaitu harganya yang lebih murah. Jika kendaraan mesin bensin bisa dibeli dengan harga 300 jutaan makan kendaraan mesin diesel bisa mencapai 700 jutaan per unit.

Dan yang ketiga adalah lebih cocok untuk daerah perkotaan. Dan ini balik lagi ke pandangan kalian masing-masing, jika daerah kalian perkomplekan ada baiknya kendaraan mesin bensin sangatlah cocok sob.

Ketahanan dan Performa mesin

Ketahanan sebuah kendaraan mesin diesel dan mesin bensin itu tidak bisa terlihat dari luar saja sob, Penampilan boleh beda tapi dari segi performa… ?

Mesin Diesel

Seperti kalian lihat di negeri kita tercinta, betapa menyedihkannya kendaraan umum yang mengunakan mesin diesel itu. Bahkan bisa dikatakan tidak layak dikendarai lagi, mulai dari injakan rem dan gasnya, tapiiii tidak dengan performa yang dihasilkan sob…

Pernah menyaksikan atau melihat balapan mobil sport ? kenapa suaranya berisik ? terutama mobil sport keluaran Eropa dan Amerika ?... karena mereka menggunakan mesin diesel untuk performa pertarung.
 

Mesin Bensin

Sebetulnya ketahanan mesin bensin sama dengan kekuatan mesin diesel. Jika kekuatan mesin diesel ada di jalanan yang terjal maka kendaraan mesin bensin lebih tahan di jalanan yang normal. Jadi ketahanan mesin bensin akan bisa stabil jika penggunaannya sesuai dengan kapasitas mesin itu sendiri.


Keamanan


Dan yang terakhir datang dari sisi keamanan kendaraan dengan mesin diesel dan mesin bensin. Jika dibandingkan jelas mesin diesel lebih aman digunakan. Ini karena mesin diesel tidak perlu menggunakan tenaga listrik untuk pembakaran mesin mereka seperti mesin bensin.

Itulah sebabnya kendaraan dengan tingkat keamanan yang tinggi menggunakan mesin diesel seperti kapal laut dan pesawat terbang. Selain aman, mesin diesel juga tidak menganggu sinyal/gelombang radio pada kendaraan.

Jadi, kesimpulannya ada dikebutuhan masing-masing sob. Jika kalian suka traveling ke daerah yang terjal dan menantang seperti hutan ada baik menggunakan kendaraan dengan mesin diesel dan sebaliknya, kendaraan dengan mesin bensin itu lebih cocok di jalan raya atau pedesaan.

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini