Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mesin Monster V8 Dan Sejarahnya Wowww

idokeren.com – sobat pernah mendengar mesin v8? Nah disini mimin akan menjelaskan apa itu mesin v8? Mesin V8 merupakan mesin tipe V dengan delapan silinder dipasang pada bak mesin, masing-masing silinder memiliki 2 cabang, dan tiap cabang terdiri dari 4 silinder. Cabang-cabang ini dipasang pada sudut khusus satu sama lain, tetapi terkadang pada sudut yang lebih besar. 

Delapan piston menjalankan poros engkol konvensional (sama dengan mesin lain). Singkatnya, mesin tersebut adalah 2 mesin 4-kawat biasa, yang menjalankan poros engkol secara bersamaan. Karena konfigurasinya yang sederhana, mesin ini

Mesin V8 Dan Sejarahnya

juga memiliki masalah keseimbangan mesin yang sama dengan mesin inline-4, yang dapat menyebabkan getaran berkapasitas lebih tinggi. Dibandingkan dengan V6, mesin ini dapat menghasilkan kehalusan yang lebih tinggi, tetapi biayanya lebih rendah dari V12. 

Banyak mobil balap ternama yang tetap menggunakan poros engkol pesawat tunggal karena memberikan akselerasi yang baik dan desain sistem pembuangan yang lebih efisien. 


Konfigurasi Mesin V8 

Aplikasi V8 adalah konfigurasi umum untuk mesin mobil berkapasitas besar. Mesin V8 jarang dimiliki oleh mobil dengan kapasitas kurang dari 3.0L. Dalam penggunaannya, pembuat mobil masih menggunakan mesin tersebut, hingga 8.2L atau lebih tinggi. 

Terkadang, pabrikan mobil juga menyediakan V6 sebagai pengganti V8 sebagai versi minimum. Mesin V6 sendiri dibuat dengan melepas satu silinder dari setiap cabang silinder, sehingga tetap mempertahankan konfigurasi berbentuk V dan tidak memerlukan modifikasi berlebihan.

V8 merupakan konfigurasi mesin yang paling umum pada mobil sport, terutama pada V8 yang disyaratkan oleh IRL, ChampCar dan Nascar untuk digunakan di Amerika Serikat. Tim F1 telah menggunakan mesin 2.4L V8 sejak tahun 2006, menggantikan mesin 3.0L V10 sebelumnya, sehingga mengurangi biaya pengembangan dan tenaga yang besar.


V8 telah digunakan di banyak jenis speedboat dan pesawat

Pada awal pembuatannya, mesin V8 telah digunakan di banyak jenis speedboat dan pesawat model awal. Mesin ini pertama kali ditemukan dan dipatenkan oleh Leon Levavasseur pada tahun 1902. Dia menamai mesin V8 pertamanya setelah "Antoinette". Mulai tahun 1904, ia mulai memasang mesinnya sendiri di beberapa kapal dan pesawat terbang.

Alberto Santos-Dumont, salah seorang pionir aviasi saat itu, melihat salah satu kapal yang dilengkapi mesin ini kemudian tertarik untuk mengaplikasikan mesin tersebut pada pesawat 14 bis miliknya. Output mesin dengan tenaga 24hp / 1400rpm dan bobot 55 kg sangat mencukupi. Akhirnya, dia memutuskan untuk memesan mesin yang lebih bertenaga. 

Levavasseur akhirnya mengganti mesinnya dengan mesin bertenaga 50hp dengan berat 86 kg. Mesin ini telah menjadi mesin mainstream selama 25 tahun. Di Perancis sendiri, konfigurasi mesin V8 ini mulai populer ketika beberapa perusahaan besar seperti Renault dan Buchet memperkenalkan mesin tersebut untuk digunakan di pesawat terbang pada tahun 1904. Saat itu, beberapa mobil juga menggunakan mesin V8, namun jumlahnya masih sangat sedikit..

Contoh jenis mesin V8 :



Chevy small block 


Bagian kecil Chevrolet V8 mulai muncul di generasi pertama Corvette pada tahun 1955. Mesin juga diintegrasikan ke model lain, dengan kapasitas mulai dari 4,3L hingga 6,6L. Desain kubus kecil berlanjut hingga 2003, ketika generasi kedua kubus kecil tiba pada tahun 1992.


Ford flathead 



V8 yang diperkenalkan Henry Ford ke dunia pada tahun 1932. Desain poros engkolnya yang canggih, pelumasan oli bertekanan tinggi, dan blok satu bagian cukup revolusioner untuk saat itu.
Yup sobat kalau mimin suka nya mesin v8 dikarenakan suaranya yang sangat merdu di telinga hehe..
Sampai dsini artikel nya ya sobat sampai jumpa artikel berikut nya.

Writer : Alfaan Khibran
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini