Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips dan Trik Belajar Mengemudi Mobil Untuk Pemula

Idokeren.com – Pernah mendengar kalau mengemudikan mobil itu mudah ? Yap, mudah bagi yang mahir tetapi sulit bagi pemula. Karena pada umumnya, para pemula itu hanya bermain dengan naluri dan khayalan seperti takut atau grogi yang bukan kenyataan.

Untuk saat ini mobil matic masih menjadi pilihan para pemula untuk belajar mengemudi mobil karena dirasa cukup mudah dan simple dibandingkan dengan mobil manuala yang harus bermain kopling dan tuas. Tetapi sobat semua tidak terlepas dari belajar dan Latihan yang rutin dengan percaya diri.

Tips dan Trik Belajar Mengemudi Mobil Untuk Pemula

Tips dan Trik mudah mengemudi bagi pemula akan menjadi pembahasan kita kali ini, dijamin penjelasannya simple. Yuk disimak…


Berani

Langkah awal yang kalian harus ambil saat ingin belajar mengemudi mobil atau kendaraan lainnya adalah berani. Karena kalau kalian hanya bermodalkan mobil tetapi belum ada keberanian dalam diri kalian maka semua impianmu akan tertunda sob.


Fokus

Jika kalian sudah berani maka kalian harus focus dalam segala hal misalnya saat mengendarai mobil baik di jalan sepi ataupun ramai karena keselematan kalian tetap nomer satu sobat. Dan kalau bisa bawalah salah satu sahabat atau saudara kalian yang Sudah mahir dalam mengemudi tetapi jangan cerewet ehehe…


Hafalkan transmisi pada mobil

Nah, selanjutnya kalian harus paham dan hafal semua tuas transmisi yang ada pada mobil kalian baik itu matic maupun manual. Untuk tuas transmisi mobil matik kita sudah pernah membahasnya di pertemuan sebelumnya soabat, tetapi untuk tuas mobil manual akan menyusul artikelnya.


Fitur mobil

Tidak kalah penting dari tuas transmisi maka fitur mobil pun harus kalian pelajari dan hafalkan. Jangan sampai sigh kanan tapi kalian belok kiri.

Fitur pada mobil pada umumnya sama saja ada AC, klakson, lampu sign dan fitur pendukung laiannya. Mungkin hanya letaknya yang berbeda karena tidak semua pabrikan mempuyai model tersendiri untuk mobil yang mereka jual.


Jangan bosen


Ini hal yang paling sangat penting lainnya, jangan pernah bosen dalam belajar karena memang belajar itu tidak ada yang mudah dan pasti semua terasa sulit diawal tetapi akan sangat menyenangkan ketika hal yang sulit itu menjadi mudah nantinya .

Latihan adalah kunci untuk kalian jika ingin mahir dalam mengemudikan mobil, cobalah trek-trek baru dalam mengemudi seperli belokan yang tajam, atau tanjakan dan turunan yang curam. Karena hal baru yang kalian pelajari itu pasti nanti akan berguna, dan satu lagi kalian harus sabar sobat.

Semua itu butuh proses sob, gak main simple kayak bubur seduh sekali jadi.


Berlatih parkir

Inilah yang paling sering dilupakan saat belajar mengemudi yaitu parkir mobil karena survey menyebutkan bahwa sebagian orang yang mahir dalam mengemudi masih merasa kesulitan saat melakukan parkir mobil padahal tempat parkirnya luas.

Belajar itu memang memakan waktu yang tidak sedikit sob, tapi bukan berarti kalian akan memakan waktu yang lama juga saat parkir mobil.


Tips Aman Berkendara

Jika semua tips sudah kalian pahami maka Langkah selanjutnya adalah

1. kalian harus paham pada pergerakan kendaraan disekeliling kalian

2. menjaga jarak minimal dari mobil/ kendaraan lainnya

3. focus dengan trek yang sedang kalian lalui karena bukan tidak mungkin ada hal yang akan terjadi tanpa diduga/mengagetkan kalian saat di jalan

4. titik blind sport yang merupakan titik dimana kendaraan kalian dan kendaraan lain tidak bisa terlihat dari spion

5. menghindari kegiatan lain seperti bermain HP atau mengantuk saat sedang berkendara, maka itu semua patut kalian jauhi dan hindari karena keselamatan kalian dan orang lain di sekeliling akan menjadi taruhannya.

Sekian pembahasan kita tentang Tips dan Trik mudah mengemudi bagi pemula, semoga bermanfaat dan semoga sukses bagi kalian para pemula yang ingin belajar mengemudi. Sampai jumpa…

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini