Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Mengatasi Gempa dan Kebakaran Saat Berada Di Dalam Mobil

Idokeren.com – Di awal tahun 2021 ini lagi dan lagi Indonesia dirundung duka yang sangattt mendalam sobat. Dengan Bencana yang datang silih berganti tidak pandang tempat, keadaan dan siapapun di Negara ini dan Kami segenap tim idokeren ingin mengucapakan 'Turut Berduka Cita Untuk Indonesia'

Kebakaran dan Gempa adalah bencana alam yang tidak pernah terduga datangnya menimpa semua orang dan tempat sob, salah satu contonya adalah saat kita berada di mobil. Sebetulnya banyak cara mudah Mengatasi Gempa dan Kebakaran Saat Berada Di Mobil dengan cara melakukan ini :

Tips Mengatasi Gempa dan Kebakaran Saat Berada Di Dalam Mobil

Cara Mengatasi Gempa saat berada di dalam mobil


1. Jangan panik

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat terjadi gempa dan sedang berada di dalam mobil adalah jangan panik. Memang sulit mengatasi kepanikan tetapi jika kalian pikirkan kepanikan ini sama halnya seperti gempa biasa hanya tempatnya saja yang berbeda.

Kepanikan yang berlebih tidak hanya akan membahayakan kalian tetapi orang lain di sekitar kalian. Karna survei menyatakan bahwa alam bawah sadar kita itu asalnya lebih kuat, jadi kalian tidak perlu panik dan cukup mempelajari sekitar kalian.


2. Peka terhadap sekitar


Nah, bagian paling penting lainnya adalah peka terhadap sekitar, memang kalian panik tetapi logika tetap harus jalan sob.. karena percuma lari keluar mobil tapi malah bingung mau kemana. Lebih baik sebelum kalian keluar dari mobil pikirkan dengan cermat kemana tujuan anda jika terjadi gempa contohnya dengan menjauhi Gedung-gedung yang tinggi dan pohon besar.


3. Boleh di dalam mobil atau keluar ?

Jangan pernah berfikir kalau kita harus berlari keluar saat terjadi gempa dan kalian di dalam mobil karena bisa saja keberadaan kalian di dalam mobil lebih aman. Seperti di dalam rumah kalian cukup berlindung di bawah meja dengan tujuan menghindari gempa dan reruntuhan tetapi jika terjadi gempa yang cukup besar kalian boleh keluar.

Begitupun saat berada di mobil, jika di rasa aman dalam mobil ada baiknya kalian cari tempat aman untuk parkir kemudian perka terhadap sekitar kemuadian jika di rasa gempa semakin kuat Kembali lagi. Itu pilihan kalian karena ada beberapa mobil yang di desain dengan kontruksi yang kuat dan besar kemungkinan akan melindung kalian dan orang lain di dalam mobil kalian sob.

Cara Mengatasi Kebakaran di dalam mobil


Cara Mengatasi Kebakaran di dalam mobil

Tata cara mengatasi kebakaran saat di dalam mobil sebtulnya kurang lebih sama dengan Gempa saat kalian berada di dalam mobil tetapi ada beberapa hal yang perlu kalian pelajari, terdengar tidak penting tetapi penting sob, seperti kehadiran dia wkwkwk… 


1. Tingkatan kepanik yang berbeda

Dari pada gempa sebetulnya kebakaran saat di dalam mobil itu lebih menakutkan sob.. tetapi ada yang menarik karena cara kerja mengatur kepanikannya itu cukup mudah. Cukup kalian perhatikan bagian mana yang mengeluarkan asap pada bagian mobil, karena biasanya kebaran di mobil itu bermula ada kebulan asap yang muncul tiba-tiba. Kemudian kalian cari tempat aman..


2. Periksa kap Mobil

Sebernanya kebakaran pada mobil itu biasanya berasal dari kap mobil, bisa jadi ada kabel yang terbakar tiba-tiba atau kesalahan pemasangan suku cadang juga biasanya bisa menyebabkan kebakaran pada mobil. Seperti kecocokan antara dia dan kamu :D.

Diusahakan dengan keberanian untuk membuka kap mobil, jika dirasa takut kalian bisa gunakan tungkat untuk membukanya atau kain yang dililitkan ke tangan kemudian buka kap mobil secara perlahan. Kenapa perlahan ? karena bisa saja saat kalian membuka kap akan ada api yang muncul atau ledakan yang tiba-tiba. Oleh sebab itu sob, pentingnya pengecekan mendalam saat akan berpergian dengan mobil agar supaya semua aman sob…


3. Sediakan APAR dalam mobil

Inilah hal yang paling sepele bagi kalian para pengemudi mobil, yang kalian siapkan hanya ban ganti dan dongkrak aja jika nanti terjadi ban tumbles di jalan. Padahal APAR ( Alat Pemadam Api Ringan ) itu sangat penting memang belum tentu terjadi tetapi jika kebakaran tiba-tiba muncul kayak jalangkung tidak di undang dating sendiri.

Jika saat terjadi kebaran ada baiknya kalian cari APAR terdekat dan jika tidak punya kalian bisa cari ke mobil yang mungkin lewat di sekitar kalian. Tetapi ada kemungkinan mobil lain itu tidak punya itu ada maka kalian bisa menghubungi layanan darurat kebakaran yaitu 113 atau 1311. Dan jika itu di tol kalian bisa menghubungi bagian operasional Tol yang biasanya tertera di plang sekitar tol.


4. Asuransi Mobilmu sob,

Ini jalan paling akhir tetapi jika kalian punya yaitu hubungi layanan asuransi pada mobil anda karena ada kemungkinan mobil kalian ada asuransinya walaupun hanya 75% dari kerusakan yang terjadi jika asuransi bersifat ‘Total Loss Only’ dan ada asuransi ‘ All Risk ’ yang akan mengatasi semua kerusakan pada mobil anda akibat semua kondisi yang akan menimpa mobil anda 100% ditangung asuransi.

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini