Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil yang Efektif

Idokeren.com – hai sahabat indokeren semua... pada kesempatan kali ini kita akan mebahas tips menghemat bahan bakar mobil.

Sobat idokeren yang memiliki kendaraan mobil pasti memiliki keinginan untuk untuk menghemat BBM, apalagi jika sobat menggunakan mobil dengan jam terbang padat, otomatis bahan bakar yang dibutuhkan akan tinggi.

Selain dari jam terbang yang padat, harga BBM yang terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu menambah masalah penggunaan BBM menjadi lebih meresahkan.

Oleh karena masalah itu, kali ini kita akan membahas tips bagaiman cara untuk menghemat bahan bakar mobil yang dapat sobat terapkan sehingga tidak boros dalam menggunakan bahan bakar.

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil yang Efektif

Tips yang akan kita bahas merupakan salah satu bentuk dari perawatan mobil supaya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sehingga secara tak langsung membuat penggunaan energi menjadi lebih hemat. 

Tanpa berlama – lama lagi, mari kita simak tips nya berikut ini. 


Cara Menghemat BBM Mobil

Langkah – langkah teknis pada pembahasan berikut ini cukup mudah untuk diterapkan dalam rangka menghemat bahan bakar pada mobil sobat. Langkah – langkahnya antara lain sebagai berikut :

Stabilkan Kecepatan saat Berkendara

Langkah awal yang perlu sobat lakukan dalam menghemat bahan bakar adalah dengan cara selalu menjaga kecepatan mobil selalu stabil saat mengendarai mobil.

Dengan melakukan hal ini, tentu saja akan membuat penggunaan bahan bakar di ruang pembakaran akan ikut menjadi stabil (sedang, tidak lambat dan tidak cepat).

Konsumsi bahan bakar akan mengikuti arus kecepatan mobil sobat. Jika sobat berkendara dengan lambat, maka konsumsi bahan bakar tidak begitu banyak, sedangkan jika sobat mengendarai dengan cepat maka bahan bakar yang digunakan akan lebih banyak.

Tapi ingat, janganlah berkendara dengan lambat. karena Jika sobat berkendara dengan lambat, bukan saja sobat akan mebutuhkan waktu lama dalam mencapai tujuan, tetapi juga bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak.

Langkah yang sepele ini sangat mudah untuk sobat lakukan. Selain menghemat penggunaan bahan bakar, berkendara dengan stabil akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat berkedara dengan kecepatan tinggi. 

Baca Juga : Mobil Bekas Taksi KM Rendah Apa Iya, Untung - Rugi Beli Mobil Taksi

Hindari Akselerasi dan Pengereman yang Tak Tidak Diperlukan

Langkah selanjuttnya yang perlu sobat lakukan adalah dengan meminimalisir tingkat dari akselerasi dan juga pengereman yang tidak diperlukan.

Secara mudahnya, dengan melakukan pengereman yang terlalu dalam dan tidak tepat akan membuat mesin membutuhkan tenaga yang besar untuk melakukannya, jika mesin membutuhkan tenaga yang yang besar, tentu saja bahan bakar yang dibutuhkan juga akan besar.

oleh sebab itu, sebisa mungkin sobat menghindari akselerasi ekstrem, kecuali dalam keadaan yang genting dan terpaksa.

Amatilah kondisi lalu lintas saat sobat berkendara, hindarilah berada tepat di belakang mobil lain terlalu dekat karena Dengan melakukan hal ini, sobat dapat menghemat bahan bakar hingga 5-10%.

Selain dari itu, Mengihindari berada tepat dibelakang mobil lain akan membantu anda dalam menghindari atau mencegah pengereman mendadak.

Tips untuk melakukan langkah ini adalah menerapkan kontrol atau kendali gas mobil secara perlahan, tidak langsung digas terus atau istilah kerennya di geber pada kecepaan tinggi 

Pulse and Glide

Maksud dari pulse dan glide adalah sobat harus bisa mengontrol kecepatan secara tetap atau bertahap, terutama jika sobat pemilik motbil matik.

Artinya sobat harus mampu mengendalikan kecepatan secara konstan untuk memperoleh tenaga yang penuh dengan akselerasi yang tidak diperlukan.

Tips yang dapat anda cobat yaitu : sobat cukup menginjak pedal gas secara perlahan sampai kecepatan maksimal 100km/jam, kemudian lepaslah pedal gas mobil sobat.

Pada saat titik kecepatan mulai menurun, injak lagi pedal gas hingga kecepatannya mencapai 100km/jam lagi, Kemudian lepas lagi pedal gas. Lakukanlah hal ini terus menerus secara berulang.

Tips ini efektif untuk mengemat konsumsi bensin mobil sobat, hal dibalik ini adalah dengan memanfaatkan energi kinetik dari dorongan awal saat mobil di gas sampai 100km/jam.

Jangan Membawa Beban Melebihi Kemampuan

Langkah berikutnya yang perlu sobat pahami dan lakukan adalah menghindari membawa beban melebihi batas dari kemampuan mobil sobat.

Saya harap sobat idokeren mengetahui bahwa dengan menambahkan beban mobil, ketika dikendarai akan membuat penggunaan BBM meningkat sebanyak 6-7%. Oleh kaena itu, sobat harus mengurangi beban tambahan yang tidak diperlukan pada mobil sobat.

Tips yang dapat sobat lakuka untuk melakukan langkah ini adalah sobat harus memilah dan memilih barang apa saja yang penting untuk dibawa, dan meninggalkan barang yang tidak begitu penting.

Kurangi Penggunaan AC

Langkah lain yang dapat sobat lakukan untuk menghemat bahan bakar yaitu terletak pada kontrol AC di dalam ruangan. Seperti yang kita ketahui bahwa kinerja dari AC membutuhkan energi dari bahan bakar dari mobil sendiri.

Kemudian, ketika sobat mengendarai mobil pafa kecepatan tinggi, tentu saja menggunakan AC akan lebih hemat ketimbang membuka jendela mobil, hal ini dimungkinakan karena adanya hambatan aerodinamis yang timbul akibat membukan jendela mobil.

Oleh karena itu, sobat harus mengatur penggunaan AC. Gunakan AC hanya jika memang diperlukan, dan mematikannya pada kondisi yang memang tidak memerlukan AC. Dengan begitu akan membantu sobat meminimalisir onsumsi bahan bakar. 

Baca Juga : Aroma Pengharum Mobil Terbaik Di Sukai Banyak Orang

Pastikan Tekanan Ban Ideal

Hal sepele lainnya namun sangat berpengaruh dalam langkah menghemat bahan bakar adalah tekanan dari ban mobil.

Karena adanya perputaran yang terjadi pada roda ban, maka permukaan yang bersentuhan langsung pada permukaan jalan dengan sendirinya akan monopang berat mobil sobat.

Jika tekanan angin dari ban kurang atau kempes, maka berpengaruh pada tahanan gulir yang terus membesar. Hal ini tentu menyebabkan pemborosan bahan bakar.

Info penting yang harus sobat idokeren ketahui adalah secara natural, tekanan angin pada ban akan mengalami penyusutan 2 psi tia bulan rata – rata pada ban. Hal ini terjadi bahkan saat ban tidak dipakai, karena sifat komponen karet yang memiliki pori.

Tips yang dapat sobat lakukan adalah selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban yang sobat gunakan maupun pada ban cadangan di bagasi. 


Pastikan Filter Udara Bersih

Langkah terakhir yang akan kita bahas untuk mengehemat bahan bakar adalah sobat harus rajin memberishkan filter udara jika sudah kotor. 

Jika filter udara pada mobil sobat telah tersumbat oleh debu dan kotoran, tentu saja akan mengakibatkan mesin bekerja lebih keras untuk menghisap udara bersih.

Supaya terhindar dari hal ini, sobat sangat disarankan untuk membersihkan filter udara tip – tiap 2000-3000km atau gantilah jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Langkah – langkah yang telah kita bahas, cukup untuk membantu sobat dalam menghemat bahan bakar. Dan langkah – langkah diatas juga sangat mudah untuk sobat terapkan, jadi sangat disarankan untuk sobat terapkan.

Sekian pembahasan kita tentang tipps menghemat bahan bakar mobil, sampai jumpa pada pembahasan seru lainnya. Idokeren.com

Writer : Rahmat Riski H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini