Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di gas

Idokeren.com – hai sobat semua... pembahasan kita kali ini yaitu apa sih penyebab motor tiba – tiba mati saat gas ditarik?. Oleh karena itu, baca sampai selesai y supaya tidak bingung ketika hal ini sobat alami hehehe...

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa motor menjadi alat transportasi paling favorit kebanyakan orang indonesia. Walaupun menjadi kendaraan favorit, banyak pengendara motor yang mengabaikan perawatan motor mereka sendiri.

 
4 Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di gas

Hal ini mengakibatkan motor rentan mengalami kerusakan, salah satunya yaitu motor mati mendadak pada saat gas ditarik. Lalu apa sebabnya? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Umum Mesin Motor Mati pada saat di gas


Baiklah... berikut ini kita akan mebahas 4 penyebab umum kenapa motor dapat mati pada saat gas ditarik. Berikut 4 penyebab tersebut.

1. Busi lemah

Salah satu faktor utama mesin akan mati pada saat gas motor ditarik adalah busi pada motor sobat telah melemah. Busi yang lemah ini tentunya hanya akan menimbulkan percikan api yang kecil, yang mana akan mengakibatkan mesin motor menjadi brebet dan akhirnya akan mati ketika digas.

Solusi dari ini adalah sobat perlu selalu memeriksa kondisi busi motor sobat. Salah satu caranya adalah dengan cara memeriksa bagian kepala dari busi, jika kepalanya hitam pekat, maka hal ini dapat menjadi indikasi bahwa busi pada motor sobat perlu diganti dengan yang baru.

2. Main Jet Tersumbat

Main jet adalah sebuah saluran bensin yang berfungsi untuk mengabutkan molekul bahan bakar motor dari ruang tangki bensin maupun ruang pelampung yang ada didalam karburator yang mana akan disalurkan ke intake manifold.

Jadi, ketika alat ini mengalami penyumbatan, maka akan mengakibatkan motor hidup dengan normal (biasanya) namun, pada saat pada saat sobat menarik gas, maka akan mengakibatkan motor akan mati karena kurangnya suplai bahan bakar dari jet utama yang terputus.

Jika motor sobat mengalami masalah seperti ini, sobat perlu untuk membersihkan saluran main jetnya. Untuk melakukannya, sobat dapat membongkar karburator dan membersihkan tiap – tiap saluran secara menyeluruh.

3. Karburator Kemasukan Air

Pada umumnya air dapat masuk kedalam tangki bensin melalui rembesan atau uap air yang ada di dalam tanki motor. Akan tetapi, sebenarnya air akan terpisah pada saat melalui karburator.

Namun RPM mesin secara otomatis akan naik pada saat gas motor ditarik yang man akan mengakibatkan kecepatan aliran besin yang akan menuju intake manifold akan menjadi lebih intens.

Ketika aliran besin semakin cepat, hal ini menyebabkan air terhisap memasuki intake manifold. Jika hal ini terjadi, dapat dipastikan mesin motor akan mati dikarenakan air memasuki intake manifold.

Solusi dari hal ini adalah sobat dapat menguras ruang pelampung karburator. Namun, sobat juga perlu untuk menguras tangki bensin jika air yang masuk lumayan banyak.

4. Karet Vakum Sobek

Sebab yang satu ini biasanya dialamai oleh motor dengan tipe vakum. Motor dengan jenis ini dapat mengalami masalah karet vakum sobek.

Karet ini berfungsi untuk mengangkat jarum skep ketika gas dinaikkan, dan pada saat yang sama, main jet akan terbuka juga. Namun, jika karet vakum pada motor sobat telah sobek, maka jarum skep tidak akan terangkat walaupun gas telah dinaikkan sampai maksimal.

  
Akibat dari ini adalah main jet akan tetap tertutup dan mesin motor akan mati ketika gas di tarik. Nah, solusi dari masalah ini tentunya dengan cara mengganti karet vakum dengan yang baru.

Sebenarnya masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab mesin motor akan mati ketika gas ditarik. Saya harap informasi diatas bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini