Widget HTML Atas

8 Penyebab Motor Brebet Di Rpm Rendah Cari Tau Penyebabnya ?

idokeren.com - Tarikan motor brebet di rpm rendah apa sih penyebabnya dan cara mengatasinya, Meskipun sudah banyak blog otomotif membahas hal ini gak seru kalo di blog idokeren.com gak membahas hal ini juga, ya gak sob biar tambah banyak solusi di blog ini mengenai sepeda motor, mobil maupun info bermanfaat lainya.

Ok sobat keren kali ini seperti biasa kita akan mengulas penyebab tarikan sepeda motor di rpm bawah atau rendah itu brebeet,  Untuk itu ada dua jenis motor yang harus kita pisahkan  motor injection dan motor karburator, Untuk yang injection kebetulan ulasanya sudah pernah di buat ya sob langsung ajah klik link di bawah ini.

Baca Juga : Penyebab Motor Injection Brebet Saat Di Gas Yuk Cari Tau...

Nah link diatas mengenai motor yang sudah menggunakan system injection, Yang kita bahas disini penyebab motor brebet di tarikan bawah pada motor carburator, Walaupun tidak berbeda jauh penangananya tapi, Silahkan ente baca deh  terus ente simpulkan sendiri yang mana yang lebih pas untuk motor sobat carbu apa injection.


Penyebab Motor Brebet Di Rpm Rendah

1. Pilot Jet Mampet

Nah kata kata pilot jet ini cuma da di motor karbu, Pilot sendiri berfungsi menyemburkan bensin pada idle speed/ langsam , tarikan bawah, Keseringan mimin keren menemukan tersumbatnya pilot jet dengan kotoran, Kadang ada juga sich karena kerak menumpuk dan menghambat aliran bensin di pilot jet

Pilot Jet Mampet


Di dalam carburator kan ada main jet dan pilot jet nah jika tarikan atas yang brebet itu juga bisa di sebabkan main jet nya tersumbat main jet baru berfungsi menyemburkan bensin pada tarikan menengah sampai tinggi , jadi saran mimin keren sekalian saja periiksa lubang pilot jet dam main jet.

Kotoran di sebabkan bensin yang jelek atau karena tanki sudah karatan atau juga karena kotoran yang menumpuk karena motor tidak pernah di service bertahun tahun, Dan ada loh orang yang seperti ini jangan salah banyaaaak ( :V )


Jika terjadi hal ini bukalah carburator sobat dan bersihkan pilot jet dan main jet semprot dengan cairan WD / anti karat lainya bila kurang yakin semprotkan angin bertekanan tinggi kedalam lubang spuyer-spuyer tersebut  agar memastikan bahwa lubang bener bener plong tidak tersumbat kotoran, Bila masih blm plong gunakan jarum pentol untuk mengorek kotoran membandel andalan mimin keren hehehe.

2. Busi Mau Mati / Rusak 


Busi Mau Mati / Rusak


Busi  yang mau mati mempunyai ciri seperti ini, Periksalah busi sobat jika memang sudah lama sekali belum ganti ganti sebaiknya di ganti, Jika baru ganti sebaiknya cek celah gap busi apakah terlalu dekat atau terlalu jauh

Baca Juga : Ciri Ciri Busi Yang akan mati atau tidak layak pakai

Atur celah busi sesuai standar yang telah di tetapkan biasanya sekitar 0,80 mm - 1,0 mm dan sesuaikan jenis busi yang tepat untuk motor sobat apakah busi dingin atau busi panas untuk hal ini lain kali akan di bahas ya sob

3. Setelan Klep Terlalu Rapat


Setelan Klep Terlalu Rapat


Bagi sobat keren yang sehabis service motornya dan klepnya di setel terlalu rapat maka pada saat menyalakan motor akan susah dan brebet, Makanya banyak montir pas selesai service selalu menggeber sepeda motor sekencang kencangnya ini bertujuan agar terjadi penyesuaian dan juga memeriksa apakah ada yang tidak normal dengan servisan mereka setelah selesai.

Jika sudah di service motor akan di di geber dari tarikan bawah sampai tarikan tinggi jika ada masalah biasanya langsung terdeteksi dan mereka akan menyetel ulang sob.

Baca Juga : Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas Suaranya Bikin Gatel

Saran buat kawan kawan kuku hitam pergunakan fueler saat menyetel klep ya sob jangan menggunakan feeling, kalo lagi pas kalo kurang pas terpaksa bongkar lagi dan biasanya pelanggan yang  mengerti teknik jika melihat sobat keren menyetel klep tanpa menggunakan fueler di jamin tidak akan balik lagi itu pelanggan. dan mengecap anda tidak profesional .

Dan ini true story mata lebih kejam dari skill yang anda punya bekerjalah dengan tool standar dengan begitu andapun akan di cap sebagai profesional worker jika sudah mendapat kepercayaan dari pelanggan akan menjadi jalan  rezeki yang berlimpah bagi bengkel tempat anda bekerja maupun bagi anda yang sudah buka bengkel sendiri  amin. ( true story ).

4. Setelan Carburator Tidak Pas

Setingan karburator yang tidak pas juga dapat membuat brebet di tarikan bawah biasanya karena terlalau banyak bensinya dan udara sedikit, hal ini disebut campuran terlalu kaya, Bagi sobat yang mau belajar cara seting carburator baca di link bawah ya sob sudah aku jelaskan pelan pelan dengan jelas dengan catatan motor dalam kondisi standar.

Baca Juga :  Carburator Sepeda Motor dan Cara Menyetel Carburator

Cara diatas mungkin tiap orang punya caranya sendiri sendiri bahkan yang sudah para suhu / mastah mereka dapat menyetel campuran dengan sempurna dengan mendengarkan suara mesin dan mencium dari bau asap knalpotnya ini sudah tingkatan mastah biasanya jam dan pengalamanya sudah tinggi . Salam hormat buat para suhu kuku hitam dari idokeren.com

5. Filter Bensin Tersumbat


Filter Bensin Tersumbat

Pada motor jenis karbu sobat akan menemukan filter bensin nah jika filter bensin ini sudah kotor banget dan tidak sering di bersihkan mungkin akan menyumbat aliran bensin dan membuat aliran tidak lancar ada baiknya mengganti dengan yang baru filter bensinya agar lebih lancar karena biasanya sudah tahunan tidak pernah di ganti.

6. Ada Air Di Tanki Motor

Air didalam tanki motor ini sering terjadi biasanya air masuk saat motor sedang di steam di tukang cuci motor, Mereka kan sering buka jok dan semprot da tuh bagi motor motor lawas ini mungkin berbahaya karena air dapat masuk jika tutup bensin tidak rapat lagi masuk dari lubang pernapasan udara besin pada tutup tanki dan lain lain.

Paling sering pada motor jenis sport dimana tankinya sering di semprot dengan air bertekanan tinggi dan masuklah air kedalam tanki inilah cikal bakal dari masalah heheh makanya kalo steam motor motor bilang ajah ma abang tukang cucinya tankinya jangan di semprot sob saran ajah sich .

Air yang masuk tanki tadi akan turun di carburator jika ternyata karena air dan jumlahnya sdikit sobat bisa buang air dari  pembuangan carburator baca di link bawha ya sob


Dengan memperhatikan jenis motor dan tempat karburator jika mudah di jangkau hal diatas dapat di gunakan ko sob 

7. Filter Udara Tersumbat

Filter udara yang kotor banget juga dapat menyumbat aliran udara ke karburator pada motor karbu biasanya tipe filter udaranya masih yang jadul tipe kering, Filter ini dapat di bersihkan hanya dengan menyemprot dengan angin bertekanan tinggi 


Nah tapi jika udah di semprot masih ada kotoran nempel di filter udara lebih baik di ganti ajah sob itu filter nya udah invalid udah jelek , kalo blm ada duit biasanya mimin keren bolongin sementara sampai nunggu gajian buat beli filter ya sob  heheh.

8. Tanki Karatan

Permasalahan tanki karatan ini disebabkan karena tanki lama kemasukan air dan berkarat, Soalnya pernah dengar ada pendapat  gara gara pake bensin yang oktanya tinggi terus tankinya jebol ( logika yang aneh sich ), Soalnya mimi keren belum  pernah nemuin tanki jebol gegara menggunakan bensin yang oktanya tinggi.

Yang ada air masuk dalam tanki dan menyebabkan karat itu yang sering di alami sih sob jadi lagi lagi air itu bahaya banget jika masuk tanki bahkan jika terlalu banyak air  yang masuk dalam tanki motor tidak bisa hidup 

Kalo sudah seperti ini biasanya harus kuras tanki sob, jalan satu satunya.

Nah sobat itulah penyebab motor brebet di rpm rendah semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat sobat keren lovers  dan nantikan terus update terbaru dari blog - idokeren.com terimakasih.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini