Widget HTML Atas

7 Penyebab Motor Matic Ngempos Saat Digas Temukan Solusinya Di Sini

idokeren.com - Penyebab motor matic ngempos saat di gas dapat terjadi pada motor baru atau motor lama, Ciri-ciri motor ngempos adalah saat gas sudah di bejek abis-abisan tetapi tenaga tak kunjung muncul malah mengecewakan, Kondisi ini juga sangat berbahaya bagi bikers yang suka selap selip dan menyalip di jalan raya, karena untuk menyalip kondisi power si motor dalam berakselerasi harus maksimal jangan sampai saat menyalip kendaraan di depan, karena kendraan yang kita salip kadang tidak mengalah oleh karena itu kita harus memacu kendaraan bak The Doctor agar selamat ( :V ).


Motor matic ngeden saat digas rasanya gak enak banget sob dan dampak ke bbm sangat-sangat terasa, Apalagi motor matic mempunyai idle speed / langsam yang cukup tinggi sehingga saat posisi motor tidak bergerak pun RPM tetap tinggi dan menghabiskan banyak bahan bakar. Di tambah lagi kini tarikan motor matic sudah ngemposs alamaaaaak.

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan

Sobat keren rarikan motor matic loyo bisa berasal dari banyak hal yang terjadi pada sepeda motor kita, Kita bahas dari komponen yang paling mudah dijangkau duluan ke bagian yang lebih compleks pada sepeda motor matic.   

Filter Udara Motor Matic  Kotor 


Filter Udara Motor Matic  Kotor

Komponen terluar dan termudah di akses yang dapat di periksa terlebih dahulu adalah filter udara sob cukup menggunakan obeng ( + ),  kita sudah bisa membuka dan memeriksanya, cek dulu apakah filter udara kotor, Jika kotor akan menghambat aliran udara yang masuk kedalam karburator atau sistem injection.


Pada motor-motor matik yang filter udaranya mengandung oli atau disebut filter udara basah, maka kotoran akan cepat menumpuk di filter udara apalagi jika mobilitas anda berada daerah berdebu kotoran DEBU DAN PASIR. Pasti filter udaranya lebih cepat kotor, Jika sobat keren berada pada mobilitas  seperti yang di sebutkan  diatas lebih baik selalu memeriksa filter udara 2 bulan sekali bahkan kalo bisa sebulan sekali agar dapat memantau kondisi filter dan menghindari hal yang tidak di di inginkan di jalan 

Semisalnya mogok karena filter tidak tembus aliran udara karena banyak kotoran yang menempel. Nah yang repot anda sendiri kan. Jika mau hemat mimin keren punya saran, banyak kawan mimin keren menggunakan filter udara yang tidak original, Karena filter Udara KW itu biasanya tidak ada olinya jadi bisa di bersihkan hanya menggunakan semprotan angin bertekanan.

Sedangkan filter udara ori  lebih cepat kotor karena mengandung oli sehingga kotoran cepat menempel di filter udara dan tidak bisa di bersihkan jika  sudah terlalu kotor, Bahkan jika filter udara baru beli sebulan yang lalu jika sudah terlalu kotor  tetap saja solusinya adalah mengganti filter udara dengan yang baru

Ada plus dan minus dalam menggunakan produk yang KW di bandung produk original jadi silahkan di  pertimbangkan matang matang.

Mesin Motor Matic Overheating 

Mesin terlalu panas bisa di karenakan pemakaian yang terlalu lama, Sistem pendinginan motor tidak bekerja dengan baik misalnya air radiator habis, terdapat  kebocoran pada system radiator. Jika mesin terlalu panas maka akan berdampak pada silinder dan piston dimana psiton akan memuia lebih besar dan jika hal ini terjadi maka gesekan piston dengan dinding silinder akan menjadi lebih berat. dan tentunya tenaga akan drop

Cara mengatasi mesin overheating jika tidak ada masalah kebocoran maka lebih baik sobat keren menghentikan kendaraan sejenak jangan memaksakan kendaraan, Ngopi ngopi dulu sejenak jika perjalanan masih jauh atau berhenti di masjid terlebih dahulu sholat mohon petunjuk dan agar di  tenangkan hati anda .

Pada motor motor sekarang sudah di lengkapi dengan indikator suhu, Jika mesin sudah terlalu panas indikator akan menyala, jika hal tersebut terjadi lebih baik cek system pendingin jika tidak ada kerusakan maka tandanya anda disuruh istirahat sejenak.

Injection atau Karburator Motor Matic Tersumbat

Kita bahas tentang karbuartor dulu ya sob pada jenis sepeda motor karburator penyakitnya tersumbat lubang main jet dan pilot jet sehingga, kotoran bisa timbul dari tanki yang sudah karatan atau juga bahan bakar yang jelek.

Jika hal tersebut terjadi penyelesaian-nya adalah membuka karburator atau, anda juga bisa membuka pembuangan air di karburator, ini sich sebenarnya hanya sekedar saran kadang berhasil kadang tidak tergantung nasib sobat neh ( :V ).

Tetapi jenis karburator pada motor matic ini tidak terlalu banyak karena semua sudah hampir rata rata sudah menggunakan system injection pda motor matic, soalnya matic dengan system karburator banyak yang mengeluhkan rakus konsumsi bbm sob

Motor matic injection ngempos bisa juga sama sumber masalahnya seperti pada system karburator yaitu lubang injecetor tersumbat kotoran, Pada system injection biasanya cara menangani hal ini adalah dengan menyemprotkan cairan cleaner untuk menghilangkan dan membersihkan kotoran.

Jika di bengkel resmi anda akan bisa mendapatkan penawaran khusus pembersihan injector dengan cairan khusus dan biasanya terkena biaya tambahan walau kadang ada juga bengkel resmi yang sudah include satu paket dengan  paket service motor matic.

Setelan klep/valve Motor  Matic Terlalu Rapat Atau Terlalu Renggang 

Tenaga motor nahan di rpm atas, Percaya atau tidak setelan klep yang terlalu renggang atau terlalu rapat loh sob, Jika terlalau renggang maka bahan bakar yang  masuk sangat sedikit menyebabkan mesin bisa overheating karena tenaga yang tidak bisa didapat akhirnya sobat terus membejek gas.

Setelan klep matik terlalu rapat hal ini akan menyebabkan kerja dari si noken as berat dan kelp membuka terlalu dalam yang akhirnya kompresi bisa bocor, pada kasus estrem motor matic yang klepnya, penyetelanya terlalau rapat disaat menghidupkan diawal itu sangat susah. Hayoo siapa sobat ngaku siapa yang sering melakukan hal ini ngaku saja.

Baca Juga : Penyebab Motor Injection Brebet Saat Di Gas Yuk Cari Tau...

Ruang Bakar Kotor


Ruang Bakar Kotor


Kerak yang banyak menumpuk karena pembakaran yang tidak sempurna juga dapat menyebabkan hal ini, karena volume ruang bakar sudah di penuhi kerak yang dimana  bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sedikit saat  di  ledakan


Ring Piston Lemah

Ringpiston yang sudah lemah juga dapat menyebabakan tenaga motor matic loyo ya sob dikarenakan terjadinya kebocoran, Pegas ring piston di dinding silinder tidak lagi terlalu rapat.

Solusin untuk hal ini adalah mengganti ring piston dengan yang baru tetapi jika anda sobat keren mau melakukan hal ini sebaiknya mengganti sekalian denga pistonya dan dikorter agar hasil maksimal.


Kampas kopling Motor Matic Habis

Kampas kopling yang sudah tipis akan membuat tarikan sangat berat dan melelahkan jika anda sering bepergian jauh, baik ditarikan awal atau tarikan atas motor akan ngeden dna tertahan walau gas sepeda motor sudah di ayun berkali kali tenaga motor tidak muncul.

Baca Juga : Cara Service CVT Vario 125 Fi

kampas kopling berada di bagian CVT motor matic, Maka jika anda service CVT biasanya jika kampas sduah tipis mekanik anda akan memberikan infonya.  Motor matic di gas tidak mau jalan ini kondisi yang lebih parah dapat terjadi jika vanbelt motor matic putus, roller hancur, kampas kopling habis dll.

Baca Juga :  V-Belt Sepeda Motor Matic Cepat putus Ini Penyebabnya

Nah sobat keren sepertinya ulasan kita sampai disini dulu semoga semua informasi di blog ini dapat bermanfaat 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini