Widget HTML Atas

Penyebab Motor Injection Brebet Saat Di Gas Yuk Cari Tau...

idokeren.com - sobat keren pengguna sepeda motor kendaraan satu ini sangat lah membantu sekali dalam beraktifitas dalam keseharian, tetapi jika lagi datang ngambeknya sepeda motor mbrebet atau tersendat-sendat  saat di gas baik di rpm tinggi atau rpm rendah, Jika terjadi demikian maka sudah pasti ada yang tidak beres dimesin neh sob, Mungkin si doi lagi butuh perhatian neh sobat keren. apa saja sich yang menyebabkan sepeda motor dapat mbrebet yuk kita lihat ulasanya.

Berbahaya kah motor mberebet, Sering kali kita menyalip kendaraan didepan, sobat saat gas di pelintir lebih dalam untuk mendapatkan akselerasi yang maksimum agar anda bisa melewati beberapa kendaraan didepan dengan aman selamat

Tetapi ketika motor anda tidak sehat atau mbrebet atau dalam kasus yang lebih parah motor anda malah kehilangan tenaga atau mati ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi keselamatan saat berkendara, Oleh karen aitu idokeren mau berbagi info buat sobat keren dimanapun berada.

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Mio Lama Brebet Saat Digas

Sobat keren penyebab motor brebet di rpm rendah bisa jadi karena campuran bahan bakar bensin dan udara belum tercampur dengan baik sehingga motor brebet saat dingin maka sangat lah baik sebelum motor di pergunakan untuk beraktifitas ada baiknya kita panaskan 5 - 10 menit

Perlilaku seperti ini sangat penting selain melancarkan sirkulasi oli di dalam mesin, Anda pun dapat mendeteksi jika ada hal-hal yang  wajar saat mesin di panaskan.   Motor matic brebet ini sesuatu yagn sangat jarang apalagi sekarang ini mesin mesin matik menggunakan teknologi injection Sobat keren

Saat kita menyalakan mesin matic pertamakali maka biasanya gas sepeda motor matic akan sangat tinggi dan perlahan berangsur mengecil dengan sendirinya itu di karenakan oleh choke yang sudah otomatis.

Penyebab Motor Brebet / Tersendat

1. Busi Soak  / Mati

busi soak
busi soak

Sobat keren busi menjadi terdakwa utama untuk kondisi ini, kenapa bisa busi sebab busi merupakan komponen sparepart yang paling jarang rusak, Bahkan jika tidak diingatkan oleh montir sampeyan mungkin busi tidak akan di ganti.

Busi mempunyai masa penggantian sekitar 8000 Km dengan pemakaiayan standar, hayoo siapa yang belum ganti busi.  bahkan busi sendiri kadang bisa di pakai bertahun tahun melebihi 20.000 Km karena busi jarang bermasalah sehingga dalam perawatan sering di lupakan oleh pemiliknya.

Berdasarkan pengalaman busi yang sudah mau koit atau mati / soak ini menjadi penyebab motor tidak bisa di gas tinggi ketika saat rpm rendah motor hidup normal tetapi ketika gas di buka sedikit maka motor langsung mberebet atau mati nah jika sduah seperti ini lebih baik mengganti dengan busi baru


Baca Juga : Penyebab Sepeda Motor Mati Mendadak Karena Chop Busi

Busi yang sudah tidak sehat lagi akan membuat pengapian bermasalah dan ini menyebabkan mberebet pada sepeda motor, Apalagi jika busi sudah lama tidak di ganti jarak kerenggangan antara electrode tengah dengan electrode sampingnya akan renggang kondisi renggang ini yagn kana menyebabkan busi mengeluarkan percikan api yang tidak normal.

Jika busi sobat keren sudah lama maka sehabis membongkar busi selalu atur kerengganan gap celah busi ya soba ukuranya 0,80 mm - 1,0 mm agar saat di pasang kondisinya normal jangan terlalu mepet atau renggang gunakna fueler untuk mengukur celahnya.

2. Putaran Stationer / Langsam

Putaran langsam atau putaran stasioner berpengaruh terhadap tarikan gas jika kita menyetel langsam atau putaran mesin di bawah standar nantinya ini dapat menyebabkan motor tidak stabil, putaran stasioner yang terbaik adalah putaran yang dianjurkan oleh pabrikan yaitu jika motor anda matic maka putarannya adalah 1400 - 1700 RPM,

Jika RPM Anda terlalu rendah maka ada baiknya dibawa ke bengkel agar putaran rpm nya bisa distandarkan kembali dengan menggunakan alat.

3. Tanki Kemasukan AIR

Penyebab lainya yang sering terjadi adalah masuknya air kedalam tanki baik itu disebabkanoleh hujan atau karena saat pencucian sepeda motor dengan steam, kadang hal ini sering terjadi pada anda yang mempunyai motor sport dimana tanki sering si semprot dengan air bertekanan tinggi dan masuk kedalam tanki

Air yagn bercampur di tanki akan membuet motor anda mbrebet atau bahkan tidak hidup karen acampuran bahan bakar tercampur dengan air.

Selain mbrebet air yang masuk kedalam tanki dapat menyebabkan kerusakan yang lebih buruk lagi yaitu membuat tanki sepeda motor anda karat dari dalam dan menyebabkan kebocoran.

Baca Juga : SPBU Kebanjiran Puluhan Motor Dan Mobil Mogok

4. Filter Bensin Kotor

filter bensin kotor
filter bensin kotor

Filter bensin sekarang ini pada motor injection mempunyai peranan yang sangat vital karena fungsinya yang sangat penting untuk menyaring kotoran di dalam tanki yang akan di salurkan ke injector

Kita tau sendiri injector mempunyai lubang yang sangat halus dan kecil sekali oleh karena itu sedikit saja kotoran menyumpat di injector akan membuat pengabutan pada injector bermasalah dan menyebabkan motor tersendat saat di gas.

Bahkan berdasarkan pengalaman pada motor matik, Ada pelanggan yang selalu mengeluh bahwa tenaga motor matiknya lemot atau tidak bertenaga padahal CVT baru saja di service dan semua baik baik saja ternyata saat di periksa filter bensin tersumbat kotoran

Setelah mengganti filter bensin di fuel pump motor sehat dan bertenaga sepertu semula.

Kotoran yang menyumbat ini dikarenakan oleh pembelian bensin yang kadang ia membelinya di eceran. Dan kondisi tankinya yang juga sudah lama terlihat karat dialamnya.

5. Filter Udara Kotor

filter udara kotor
filter udara kotor 

Filter udara merupakan komponen penyaring udara yang memisahkan debu dengan kotoran, Filter lama kelamaan akan tersumbat jika anda tidak mengganti secara periodik sesuai jadwal penggantian, Potensi sepeda motor mbrebet sering terjadi karena hal ini

Filter yang mampet akan membuat campuran bahan bakar menjadi kaya / rich sehingga bila melihat hasil pembakaran pada busi maka ujung elektroda busi berwarna hitam. Hal ini pun dapat  menjadikan pemakaiayan bahan bakar menjadi boros.

Ada baiknya jika memang bahan filter udara sudah kotor anda mengganti dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Mengganti Filter Udara Matik injeksi Ternyata Sangat Mudah

6. Stelan Klep Tidak Sesuai / Standar

Kesalahan ini biasanya terjadi pada saat melakukan penyetelan klep baik klep IN / EX, Penyetalan klep yang terlalu rapat akan menyebabkan motor seperti mbrebet, Karena setelan yang terlalu rapat atau terlalu renggang akan mempengaruhi jumlah bahan bakar yang masuk, sehingga siklus pembakaran menjadi terganggu karena klep In / Ex masih kondisi terbuka.

Tetapi seiring pemakaiayan kendaraan maka setelan klep juga dapat berubah ukuranya dikarenakan suhu panas didalam mesin atau memang komponen yang sudah aus.

Dan jika harus di jelaskan perihal tentang hal tersebut maka tulisan ini akan sangat panjang mungkin suatu hari nanti ya sobat keren kita akan bahas lagi.

Jika anda ingin tau lebih lagi tentang cara kerja mesin silahkan baca di link berikut ini

Baca Juga :  Cara Kerja Mesin 2-tak dan 4-tak Lengkap Dengan Penjelasanya

7. Fuel Pump Rusak

Fuel Pump Motor Injection
Fuel Pump Motor Injection

Motor dengan system injection mempunyai pompa bensin atau kita sebut fuel pump, Fungsi dari fuel pump ini sangat vital untuk memompa bensin dari tanki ke injector, fuel pump juga berfungsi mendorong bensin agar mempunyai tekanan didalam  selang bensin dan dapat menyemprot di throtle body.

Jika fuel pump ini rusak maka tekanan didalam selang bensin akan hilang dan ini akan menyebabkan motor nyala tidak langsam dan tidak bertenaga. Jika hal ini terjadi pada anda maka lebih baik mengganti fuel pump satu set agar tidak terjadi permsalahan yang lain di laian hari. 

Penyebab motor brebet di putaran tengah atau motor injeksi brebet di rpm rendah bisa di sebabkan oleh ketidak normalan mesin seperti yang di uraikan diatas
Sementara penyebab motor brebet di rpm tinggi juga dapat di sebabkan oleh kurangnya bahan bakar saat di putaran atas , penyetelan kerengganan kelep yang tidak standar, filter udara dan bensin kotor dan ini menjadi penyebab motor brebet saat mesin panas  karena kekurangan bahan bakar atau campuran bahan bakar tidak tercampur sempurna.

Sobat keren penyakit sepele pada sepeda motor ini memang kadang diremehkan tetapi jika dibiarkan anda akan kesulitan sendiri nantinya ada baiknya memeriksa hal apapaun yang terjadi pada kendaraan anda sedini mungkin 

Sebab jika di biarkan hal kecil bisa menjadi besar dan saat masalah kecil menjadi besar maka hal yang terkait adalag budget pengeluaran kita bertambah besar yuk kita rawat kendaraan kita dengan melakukan perawatan secara teratur agar kita bisa nyaman dan aman di dalam perjalaana terimakasih - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini

No comments for "Penyebab Motor Injection Brebet Saat Di Gas Yuk Cari Tau..."