Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Efek Motor Terkena Banjir Dan Cara Mengatasinya

Idokeren.com – Nah lohh sob, musim penghujan telah datang… kalau hujan sudah turun dengan intesitas yang tingg apalagi di jakarta, bukan tidak mungkin banjir pun akan datang. Terutama untuk pemukiman dan jalanan yang langganan banjir…

Banyak warga bersedih karena banjir yang datang tiba-tiba terutama dimalam hari. Tapi sob, ditengah kesedihan itu ada juga kelakuan warga +62 ( Indonesia ) yang bisa menghibur mereka. Mulai dari yang bercanda di tengah banjir hingga saling bergotong royong dalam kesulitan.

Efek Motor Terkena Banjir Dan Cara Mengatasinya

Tetapi, yang paling menyulitakan itu ketika banjir surut karena kita harus membersihkan kendaraan dan rumah yang terendam air. Jika sudah seperti ini, membersihkan dengan cepat pun menjadi solusi semua orang. Tapi untuk kendaraan berbeda sob, hindarilah untuk langsung menyalakan kendaraan karena itu sangat berbahaya .

Nah, untuk kalian yang penasaran mengapa sangat berbahaya… coba deh disimak artikel ini sampai akhir..

Efek Motor Terkena Banjir Dan Cara Mengatasinya

1. Knalpot berkarat

Ini hal pertama yang pasti dan sangat sering terjadi ketika motor terendam air banjir yaitu knalpot berkarat. Karena, letak knalpot berada dibawah dan bersentuhan langsung dengan air banjir. Maka, bukan tidak mungkin knalpot akan berkarat terutama dibagian leher knalpot. Dan cara mengatasinya cukup dengan melepas knalpot dari motor kemudian bersihkan hingga posisi dalam knalpot. Jangan bagian luarnya saja sob, bagian dalamnya juga penting.

2. Rantai yang berisik

Setelah knalpot, yang pasti bersentuhan langsung dengan air banjir adalah rantai motor. Penyebab yang paling pastirantai motor bisa berisik setelah terendam banjir adalah oli rantai yang mengering. Dan cara mengatasinya, cukup dengan membersihkan rantai dan lumuri kembali rantai dengan oli baru.

3. Tuas Rem yang kaku

Kalau rantai sudah bermasalah berarti rem pun akan ikutan. Sebab letaknya yang sama-sama berada di bagian bawah motor, dan solusi paling cepat adalah membersihkannya kemudian meluluri kembali tuas rem dengan oli.

Dan itu efek yang terjadi jika motor sobat hanya terendam sampai knalpot, rantai dan tuas rem saja. Tetapi untuk motor yang terendam sampai body bawah motor tak nampak lagi, bahkan ada yang hanya stang motornya saja yang terlihat . Itu beda lagi efek dan cara mengatasinya.

Cek Oli Motor

Ini Langkah pertama yang harus dilakukan ketika motor sobat terendam banjir, pastikan oli tidak tercampur dengan air. Jika sudah tercampur air, segera bersihkan dan bukan tidak mungkin sobat harus memperbaikinya hingga mesin motor. Tapi bukan keseluruhan mesin sob, hanya bagian flusing oli yang tercampur air dan kalian harus mengurasnya.

Pic Hanya Pemanis

Ini adalah pelajaran yang sangat penting diketahui pengendara motor, sebab ini pembelajaran supaya sobat tidak perlu bolak balik bengkel lagi ketika ini terjadi. Jika ada di antara sobat yang ingin mencoba, bisa lakukan cara ini :

Buka katup oli yang berada di bawah motor, kemudian keluarkan semuanya dan perhatikan ketika oli berwarna coklat muda dan abu-abu berarti oli sudah tercampur dengan air.

Sediakan beberapa solar atau dexlite untuk membersihkan endapan yang tersisa di dalam hingga warna sedikit berubah. Setelah itu masukkan lagi, dan hidupkan motor untuk beberapa saat kemudian matikan.

Ulang-ulang Langkah ini sampai warna buangan solar atau dexlite terlihat bersih dan bening. Setelah itu baru masukkan oli dalam ukuran yang pas untuk motor kalian sob.

Cek Karborator

Setelah membersihkan dan menggati oli, sobat juga harus perhatikan karburator pada motor. Kalau masalah karburator sangat disarankan untuk pergi ke bengkel saja sob, karena mereka mempunyai alat yang langsung membersihkannya dengan cepat dan baik. Dan bisa jadi, bukan hanya karburator yang akan sobat perbaiki tetapi tangki bensin pun harus diperbaiki.

Pic Hanya Pemanis

Inilah resiko yang terjadi jika seleuruh motor teredam dan menutupi seluruh motor sampai hanya stang motor saja yang terlihat.

Kesimpulan dari topik hari ini adalah solusi yang paling bagus, memang sobat harus cepat membersihkan ketika motor hanya terendam bagian bawahnya saja. Tetapi jika sudah seluruhnya, maka harus masuk bengkel sob. Mau tidak mau…

Terima kasih sudah membaca sampai akhir… sampai jumpa lagiii

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini