Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Penyebab Ban Depan Motor Botak Sebelah

Idokeren.com – hai sobat semua... pada kesempatan kali ini kita akan memahas tentang ban, dimana ban depan motor mengalami botak sebelah.

Kebotakan atau keausan merupakan hal yang wajar terjadi pada ban. Yang mana karena pada dasarnya ban terbuat dari bahan karet. Dan juga ban telah didesain oleh pabrikan motor untuk mengahadapi berbagai macam medan jalan.

3 Penyebab Ban Depan Motor Botak Sebelah

Dibalik itu semua, beberpa ban mungkin mengalami kebotakan yang tidak merata sebagaimana pada umumnya, melainkan kebotakan hanya terjadi pada bagian ban sebelah kiri atau kanan saja.

Pada umumnya, masalah seperti ini terjadi pada ban depan motor. Penasaran apa penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini.


1. Shock Breaker Tidak Sejajar

Hal yang mungkin dapat menjadi penyebaba masalah ini adalah shock breaker yang tidak sejajar. Beberapa pengendara biasanya memodifikasi shock motor bagian depan, entah itu dinaikan maupun dipendekkan. Tujuannya pun tidak jauh – jauh yaitu untuk mempercantik motor.

Dari mempercantik motor ini lah masalah kebotakan sebelah dapat timbul. Sebenarnya melakukan modifikasi pada shock depan motor boleh saja asalkan dilakukan dengan benar dan tepat. Namun jika melakukan modifikasi dengan asal – asalah dan tidak seimbang, maka akan menyebabkan ban motor menanggung beban yang berat sebelah.

Karena kasalahan posisi seperti ini, keausan sebelah dapat terjadi pada ban motor bagian depan. Oleh sebab itu, jika sobat ingin melakukan modifikasi pada motor, sangat disarankan untuk melakukan perhitungan dengan benar, sehingga posisi shock sejajar.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan as roda. Jika sobat memasukan as roda tanpa mekasakannya, makan tinggi dari shock sejajar. Namun, jika yang terjadi sebaliknya atau sobat memaksa memasukan as roda, ada kemungkinan tinggi dari shock motor tidaklah sejajar.

2. Shock Breaker Keras Sebelah

Hal yang satu ini merupakan masalah yang sering sekali terjadi. Hal ini karena, shock depan motor masih standar dan tidak dimodifikasi, namun tetap saja masih berimas pada ban. Masalah ini biasanya disebabkan karena adanya kebocoran oli pada shock breaker entah itu di kiri ataupun kanan.

Akibat dari hal tersebut jika dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama akan membuat beban yang ditanggung oleh ban depan berat sebelah. Dan tentu saja, akhir dari masalah ini akan berimbas pada ban depan, yang mana akan mengalami kebotakan sebelah.

Untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat melakukan pembongkaran pada shock breaker bagian depan motor. Tujuan dari pembongkaran shock depan motor adalah untuk seal shock depan. Pengingat penting untuk sobat, sebaiknya lakukan pembongkaran pada bagian kanan dan kiri shock untuk menghindari hal yang sama (kebocoran oli sebelah).


3. Segitiga Kones bermasalah

Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan keausan sebelah pada ban depan motor adalah adanya masalah pada segitiga kones. Pada umumnya kasus ini terjadinya karena sebelumnya motor telah mengalami kecelakaan yang cukup parah.

Yang mana segitiga kones mengalami pembengkokan yang cukup parah. Hal ini lantas membuat motor kurang nyaman saat di kendarai dan juga kebotakan sebelah pada ban depan motor.

Solusi dari hal ini adalah membawa motor ke bengkel khusus yang mana menerima jasa press body dan juga segitiga kones. Dan solusi lainnya adalah mengganti segitiga kones dengan yang baru.

Baiklah sobat semua... sekian 3 penyebab kenapa ban depan motor dapat mengalami kebotakan sebelah. Saya harap arikel ini bermanfaat untuk sobat semua. dan sampai jumpa pada pembahasan menarik berikutnya. - Idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini